Mobil bekas tahun 1990
Mobil bekas tahun 1990

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari

11 Agt 2020 | 13:07 WIB

Era 1990 sampai 1999 bagi banyak orang merupakan salah satu masa terbaik. Banyak peralihan, baik dari segi teknologi, hiburan, dan tidak terkecuali mobil. Dalam rentan waktu 10 tahun tersebut, banyak mobil yang hadir dan membawa kenangan tersendiri. Mulai dari mesin, kenyamanan, nilai sejarah, dan juga desain yang tidak lekang oleh waktu. Berikut, 10 mobil bekas yang masih dicari dan paling populer di era 1990 - 1999 yang dilansir dari berbagai sumber:

Toyota Starlet

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Hatchback andalan Toyota ini, Toyota Starlet memang bukan model asli pada tahun1990-an. Pasalnya, mobil ini sudah diluncurkan raksasa asal Jepang ini pada 1980-an, namun mendapatkan ubahan pada 1990-an, dan membuat penjualannya semakin kencang. Meskipun sudah lawas, mobil Toyota Starlet lansiran 1995 tetap menjadi model buruan dengam harga mulai dari 40 jutaan.

Honda Civic Ferio

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Honda Civic pertama muncul sejak awal 1990-an, dan memiliki masa keemasan pada 1996-1997 sebagai sedan yang melegenda. Hingga saat ini, mobil yang memiliki teknologi V-TEC dengan mesin berkapasitas 1,6 liter berdaya 125 Tk dan torsi maksimum 148 Nm ini masih banyak dicari pecinta otomotif hingga saat ini. Bahkan, mobil ini masih memiliki harga jual yang tinggi, di atas Rp 50 jutaan.

Honda Estilo

Versi hatchback dari keluarga Honda Civic ini menjadi populer pada masanya. Dengan desain ala coupe dua pintu, mobil ini akan menjadi sangat keren ketika digunakan di jalan. Untuk mesinnya, Honda Civic Estillo tidak berbeda jauh dengan Genio. Bermodalkan mesin berkapasitas 1.600cc, empat silinder 16 valve, dan mampu mengembuskan daya hingga 120 Tk.

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Hingga saat ini pasaran mobil bekas untuk model ini masih sangat tinggi, di atas mulai dari 80 jutaan bahkan hingga ratusan juta. Bandingkan dengan Honda Civic Genio, yang sudah berada di kisaran Rp 50 jutaan.

Toyota Great Corolla

Salah satu sedan yang juga populer, adalah Toyota Great Corolla. Mobil ini terkenal dengan perawatan terbaik, dan juga rangka bodi yang kuat. Pertama kali dijual, mobil ini dilengkapi dua pilihan mesin, yaitu unit berkapasitas 1.300cc dengan kode 2E. Mesin tersebut sama dengan Toyota Starlet yang mampu mengembuskan daya hingga 72 Tk pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum sebesar 98 Nm pada 3.600 rpm.

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Pilihan kedua, mesin injeksi berkapasitas 1.600cc dengan kode 4A-FE, empat silinder segaris DOHC 16 katup. Unit tersebut mampu mengembuskan daya hingga 113 Tk pada 3.600 rpm, dan torsi maksimum mencapai 137 Nm pada 4.800 rpm. Hingga saat ini, mobil ini masih memiliki resale value yang sangat baik, berada di sekitar Rp 70 jutaan.

Mitsubishi Lancer GTi

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Bagi pecinta kecepatan pada era 1990-an, Mitsubishi Lancer GTI merupakan mobil idaman. Dengan desain racing yang mencolok, membuat mobil ini begitu istimewa. Bahkan, hingga saat ini mobil yang beredar dan populer pada 1993 sampai 1995 ini jika melintas di jalan, masih menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini, mobil tersebut masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi, yaitu Rp 60 sampai Rp 70 jutaan.

Toyota Kijang Kapsul

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Berbicara medio 1990an, tidak lengkap rasanya tanpa membicarakan Toyota Kijang kapsul. Mobil yang turun sebagai kendaraan penumpang pada jaman tersebut, keberadaannya tidak tersaingi. Kecuali, dengan hadirnya Isuzu Panther pada tahun 1996 - 2000. Hingga saat ini, Toyota Kijang Kapsul masih banyak ditemui di jalan, dan memiliki harga jual Rp 70 jutaan.

Isuzu Panther

Pada mulanya Isuzu Panther dikembangkan di Jepang dan diproduksi khusus untuk pasar di kawasan Asia. Kendaraan bermesin diesel ini akhirnya diberi kode Asian Utility Vehicle (AUV). Periode 1996-2000 adalah masa kejayaan Isuzu Panther saat Isuzu Panther generasi kedua banyak ditemui mengaspal di Indonesia. 

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Generasi kedua Isuzu Panther ini memiliki penyempurnaan di bagian mesin. Kapasitasnya ditingkatkan jadi 2.500 cc dan sudah menggunakan teknologi Direct Injection sehingga pembakarannya lebih sempurna. Ada beberapa varian dari Isuzu Panther generasi kedua, yakni Standar, Deluxe, Royal, Grand Royal, New Royal, Hi Sporty, hingga yang termahal adalah Hi Grade. Isuzu Panther memang tidak diragukan kemampuannya dalam memproduksi mesin diesel, sesuai slogan mereka sebagai "Rajanya Diesel" di mobil era 90an.

Suzuki Jimny

Bagi pecinta off-road pada masa 1990-an, Suzuki Jimny merupakan mobil idaman. Dengan bentuk kotak, dan tangguh mobil ini menjadi pilihan sebagai kendaraan petualangan.

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Tidak heran, hingga saat ini Suzuki Jimny masih menjadi buruan, bahkan komunitasnya banyak tersebar. Bahkan, setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan model terbaru Suzuki Jimny beberapa waktu lalu, model ini sudah habis terjual. Untuk versi lawas, Suzuki Jimny masih dibanderol sekitar Rp 50 jutaan. 

Daihatsu Feroza, Rocky dan Taft 

Mobil jadul, mungkin ini yang akan terbesit di benak generasi tahun 2000an kala melihat SUV kembar tiga keluaran Daihatsu. Ketiga mobil era 90an memiliki desain yang sama. Eksterior mobil ini berbentuk kotak dan minim lekukan. Meskipun tidak terlihat modern, namun tampang luarnya sangatlah gagah dengan didukung oleh ground clearancenya yang tinggi. Pilar B didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai bar pelindung rollover

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Daihatsu Feroza, Daihastu Taft, dan Daihatsu Rocky diproduksi Daihatsu antara tahun 1984 hingga 2002 dengan penjualan di seluruh pelosok Asia hingga daratan Eropa. Namun ketiganya pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1992 dan dirakit bersamaan secara lokal.

Daihatsu Feroza bermesin bensin sementara Daihastu Taft dan Daihatsu Rocky dibekali mesin diesel. Di pasar mobil bekas, harga ketiga mobil ini "abu-abu". Semua tergantung kondisi, modifikasi, dan aksesoris yang disematkan di dalamnya.

BMW seri 3 (E36)

BMW E36 adalah generasi ketiga dari BMW Seri 3 yang diproduksi oleh BMW. Sejak tahun 1992 sampai 1999, tipe yang dijual resmi di Indonesia adalah BMW 318i, BMW 320i, dan BMW 323i dengan pilihan transmisi manual serta otomatis.

Untuk mobil era 90an, generasi ini menghadirkan desain eksterior sporty dan elegan yang tidak lekang dimakan zaman (timeless). Tidak heran bila E36 jadi salah satu model sukses BMW.

10 Daftar Mobil Hits di Era 1990-an yang Masih Banyak Dicari


Image yang melekat di mobil ini pada masanya adalah mobil kalangan anak muda kaya yang gemar nongkrong di kawasan Jakarta Selatan. Sampai saat ini, BMW Seri 3 (E36) masih banyak digunakan anak muda di Indonesia. Jadi jangan heran bila mendapati harga bekas BMW Seri 3 (E36) tahun 90an ini bersanding dengan jajaran sedan baru tahun 2000an.

Bagi Sahabat yang sekiranya ingin memiliki salah satu mobil di atas, Garasi.id sudah mempersiapkan mobil bekas yang memiliki kondisi terbaik.  Melalui fitur unggulan Mobil Pilihan, Sahabat akan mendapatkan mobil bekas yang umurnya masih muda, kilometernya rendah, bergaransi dan sudah melewati tahapan inspeksi secara mendetail dan menyeluruh. 

#PilihanAman Beli Mobil Bekas Dengan Kredit Syariah dan Keunggulannya

Tidak hanya itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi pembelian mobil di Garasi.id, kami telah menerapkan beberapa tindakan untuk menjaga kebersihan baik interior dan eksterior mobil. Sebanyak 42 titik komponen pada mobil akan kami semprot dengan cairan desinfektan dan membungkus beberapa bagian seperti kemudi, tuas persneling, tuas rem tangan serta kursi untuk tetap menjaga sterilisasi mobil.

Jadi, Sahabat akan mendapatkan benefit berupa mobil yang benar-benar terhindar dari ancaman virus covid-19. Sebagai penutup, kalian bisa menggunakan layanan Tes Drive di rumah untuk memastikan bahwa mobil yang dipilih adalah #PilihanAman untuk beraktivitas.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Agt 2020 | 13:08 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbekasklasikjadulantiktahun90era90anmobil90jualbelimazdatoyotakijangcorollastarletsuzukijimnyjakartadepokbekasi