Menjual mobil bekas
Trade In mobil bekas

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

29 Jun 2021 | 09:23 WIB

Menjual mobil bekas bukanlah perkara yang mudah. Biasanya kendala harga jual kembali menjadi faktor yang kerap membuat pemilik menjadi ‘galau’. Mengapa demikian? Karena banyak pemilik mobil yang mengharapkan mendapat harga yang pantas terhadap mobil yang mereka jual. Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan harga dari sebuah mobil yang layak ketika menjual mobil bekas, yuk simak caranya berikut. 

Periksakan kondisi seluruh mobil

Ketika hendak menjual mobil bekas, hal pertama yang harus Sahabat lakukan adalah memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Dengan begitu, Sahabat dapat mengetahui apakah ada kekurangan, kerusakan maupun penggantian komponen apa yang harus dilakukan secara segera. Hal tersebut bertujuan untuk agar calon konsumen yang hendak membeli mobil bekas yang dijual mendapatkan mobil dengan kriteria yang mereka inginkan.

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Sahabat bisa memulai pengecekan dari mulai bagian luar mobil seperti cat mobil, lalu berlanjut mengecek ketebalan ban, kelayakan pelek mobil, mengecek fungsi panel di seluruh instrumen dalam interior mobil, hingga pengecekan mesin. Dengan kondisi mobil yang prima, setidaknya bisa membantu Sahabat yang akan menjual mobil bekas untuk mendapatkan harga yang layak dari calon konsumen 

Periksa bagian interior mobil

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Bagian interior mobil adalah bagian yang sangat penting dijaga kebersihannya. Apalagi di tengah pandemi covid-19 ini kebersihan adalah hal yang mutlak. Ketika Sahabat ingin menjual mobil bekas, pastikan interior mobil sudah dibersihkan secara menyeluruh. Mulai dari bagian dashboard, lantai kabin, jok, kaca dan bagian-bagian lainnya. Hal ini bertujuan agar ketika pembeli mengecek bagian interior, calon konsumen tidak melakukan komplain. Faktanya, sebagian besar calon konsumen pembeli akan jauh lebih tertarik ketika melihat interior mobil yang terawat dan bersih. 

Pastikan mobil tampil mengkilap

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Nah, hal terpenting lainnya ketika Sahabat hendak menjual mobil bekas adalah pastikan mobil terlihat kinclong. Ketika calon pembeli melihat tampilan mobil yang bersih, maka yang terpintas di pikiran calon pembeli adalah "mobil ini sepertinya terawat". Dengan begitu, calon pembeli akan rela mengeluarkan biaya yang telah ditetapkan oleh penjual demi mendapatkan mobil yang terawat dengan baik. Banyak hal yang bisa dilakukan agar mobil bisa tampil mengkilap, mulai dari pencucian mobil, coating mobil, pemasangan kaca film dll. 

Lakukan detailing bagian mesin

Siapa sangka ada beberapa calon pembeli yang sangat detail hingga mengecek kebersihan mesin ketika hendak membeli mobil. Mencuci bagian mesin mobil ketika hendak menjual mobil bekas sebenarnya mudah lho Sahabat. Kamu bisa menyiapkan alat-alat sederhana yang bisa kamu dapatkan di rumah seperti, sabun, ember, sikat kecil dan tentunya lap. Ingat, ketika melakukan pencucian di ruang mesin, jangan pernah untuk menyemprot dengan air bertekanan tinggi. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi konsleting karena banyak terdapat bagian kelistrikan yang ada di bagian ruang mesin mobil. 

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Sahabat bisa membersihkan debu-debu maupun bekas oli yang menempel di bagian mesin mobil dengan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian/celah sempit di bagian mesin. Tentunya Sahabat juga bisa sekaligus mengecek bagian mesin apakah ada rembesan atau bagian yang perlu diganti agar ketika calon konsumen yang ingin membeli mobil tidak melakukan komplain apapun. 

Kelengkapan perlengkapan mobil

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Ketika hendak menjual mobil bekas, terkadang hal sepele seperti mengecek perlengkapan di mobil kerap terlupakan. Meskipun sepele, hal ini bisa jadi penentu konsumen jadi atau tidaknya membeli sebuah mobil lho. Apa saja sih perlengkapan yang wajib ada di sebuah mobil? Yang utama adalah dongkrak sera kunci pembuka roda, segitiga merah pengaman, dan kotak P3K. 

Siapkan dokumen riwayat mobil

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Terkadang ada konsumen yang hendak membeli mobil bekas menanyakan apakah ada riwayat atau catatan servis berkala mobil. Hal itu bertujuan untuk menjawab rasa penasaran sekaligus menambah nilai jual kepada konsumen bahwa mobil tersebut memang dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Dengan begitu, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli mobil bekas tersebut. 

Foto mobil

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Tahukah kalian, konsumen di Indonesia selalu menilai sebuah mobil untuk pertama kalinya dari foto/gambar mobil yang Sahabat unggah. Foto, menjadi daya tarik utama ketika akan menjual mobil bekas. Jadi, usahakan untuk mengambil foto dengan apik dan mendetail. Kalau perlu, gunakan kamera yang bagus untuk menghasilkan foto yang menarik. Jangan lupa untuk memfoto seluruh bagian mulai dari eksterior, interior hingga komponen lainnya. Hal ini terbukti ampuh menarik daya tarik konsumen terhadap mobil yang sedang Sahabat jual.

Pilih platform jual beli mobil bekas online yang tepat

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Di era digital seperti sekarang, sudah banyak tersedia situs jual beli mobil bekas. Namun Sahabat harus pastikan platform online tersebut memiliki reputasi baik, tersedia layanan yang lengkap, mudah untuk menjual mobil atau mencari mobil hingga kemudahan ketika bertransaksi seperti halnya di Garasi.id.

Gunakan layanan promosi

Di era digital ini, sangatlah penting untuk mempromosikan apa yang sedang Sahabat jual. Jika tidak dipromosikan konsumen atau calon pembeli tidak akan pernah tau bahwa kamu sedang menjual barang tersebut. Ketika Sahabat menjual mobil bekas di Garasi.id, kamu bisa mempromosikan mobil bekas yang sedang kamu jual dengan mudah. Pasalnya di Garasi.id punya layanan yang akan mempromosikan mobil bekas yang kamu jual agar selalu tampil di halaman utama Garasi.id. Paket tersebut adalah iklan premium dan paket sundul.

Tidak hanya itu, Di Garasi.id dari tanggal 21 Juni sampai dengan 31 Juli 2021 juga ada promo Trade In. Dalam promo ini Garasi.id bersama Blibli.com dan juga Maybank Finance meluncurkan program Trade-in dimana konsumen yang ingin memiliki sebuah mobil baru bisa menjual mobil lamanya melalui Garasi.id.

10 Tips Ampuh Menjual Mobil Bekas Agar Mobil Cepat Laku

Keuntungan Trade-in

Jika melakukan Trade-in di Garasi.id? Salah satunya adalah prosesnya yang cepat, bisa dilakukan dimanapun. Hanya cukup foto, dan menulis deskripsi lalu upload di Garasi.id. Bagaimana harga beli mobil bekas kalian? Tentunya kami akan melakukan penilaian terhadap mobil kamu. Jika memang masuk dengan kriteria kami, harga jual mobil lama akan lebih tinggi. 

Nah Sahabat, jangan lupa lakukan cara-cara di atas saat hendak menjual mobil ya. Dengan cara diatas, meski Sahabat akan menjual kendaraan bekas tetapi memasih mempunyai nilai yang tinggi. Untuk info Trade In Sahabat bisa langsung cek ke halaman Promo Trade In atau Untuk informasi lebih lanjut Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected]

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Jul 2021 | 18:24 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilberkendaraBBMalatbahayadampaksalahterbakarresikobarubekasjualbeliotomotifgarasiid