Mesin mobil bekas
Mesin mobil bekas

10 Tips Jitu Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas yang Sehat dan Optimal

02 Jul 2020 | 14:47 WIB

Ketika hendak membeli mobil bekas, tentu selain harga murah ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah faktor mesin mobil bekas itu sendiri. Jika kondisi mesin mobil bagus, maka tentu kamu akan merasa senang dan nyaman. Namun, jika kondisi mesin mobil bekas tidak bagus, maka tentu akan sangat mengecewakan bagi Sahabat.

Pentingnya Pengecekan Mesin Mobil Bekas

Mesin mobil bekas yang sehat tentunya mempunyai peranan yang cukup penting, namun banyak yang mengabaikan hal ini. Para pemilik kendaraan cenderung menggunakan mobil saja tanpa mempedulikan perawatan-nya.


10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Tidak semua pemilik kendaraan yang sangat memperhatikan setiap detail-nya, termasuk mengenai masalah kesehatan mesin. Pada mobil bekas, tentunya pembeli ingin mendapatkan mobil dengan mesin yang sehat dan bagus. Namun kenyataannya, beberapa mobil bekas justru dijual karena mesin mobil bekas yang bermasalah. Oleh karena itu yuk simak beberapa tips pengecekan mesin mobil bekas yang perlu kamu lakukan.

Kebersihan Ruang Mesin Mobil Bekas

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Untuk melihat apakah ada permasalahan pada mesin mobil, langkah awal untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan pengecekan kebersihan dari mesin mobil bekas tersebut. Perhatikan secara mendetail komponen-komponen yang terlihat dengan mudah dari kotoran dan kerak, atau ada tetesan oli dari beberapa komponen.

Periksa Kondisi Aki Mobil Bekas

Komponen lainnya yang harus diperhatikan adalah kondisi baterai pada mesin mobil bekas. Periksa secara menyeluruh permukaan baterai, sebab pada bagian tersebut sering mengendap kerak dan kotoran. Jika ditemukan kerak menyelimuti baterai, maka pemilik kendaraan dipastikan kurang memahami perawatan mesin.

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Kerak dan kotoran yang menempel pada mesin harus segera dibersihkan, sebab dapat mempengaruhi putaran pulley yang dihubungkan dengan belt, sehingga potensi slip dan belt putus dapat terjadi. Jika kamu ingin tahu jenis aki apa yang cocok, klik tautan berikut untuk mengetahui jenis aki apa yang cocok untuk mesin mobil bekas kamu.

Periksa Komponen Sambungan

Di dalam sebuah mesin terdapat berbagai sistem, diantaranya yaitu sistem pendingin, sistem steering dan sistem lainnya yang saling berhubungan. Untuk mengetahui apakah mesin mobil bekas yang akan kamu beli bagus atau tidak, Sahabat dapat memperhatikan seluruh sambungan antara selang. 

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Pada umumnya kebocoran dapat terdeteksi dengan mudah, yaitu dengan melihat apakah ada rembesan yang terjadi atau tidak. Jika kondisi seluruh sambungan kering, maka dapat dipastikan bahwa tidak ada kebocoran fluida mesin, sehingga dapat dikatakan bahwa mesin mobil bekas yang akan kamu beli dalam kondisi sehat.

Cek Oli Mesin Mobil Bekas

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Perhatikan stik oli dengan seksama, lalu cek secara mendetail kualitas oli serta volume oli yang ada di dalam mesin mobil bekas. Jika warna oli menghitam, berarti oli perlu diganti, sebaliknya jika oli masih berwarna bening, berarti oli masih dalam kondisi yang bagus.

Dengarkan Suara Mesin Mobil Bekas

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Hal ini penting untuk kamu Sahabat, jika suara mesin mobil bekas terdengar tenang dan stabil, maka dapat dikatakan mesin mobil dalam keadaan bagus, sebaliknya jika muncul suara kasar, masa kemungkinan terjadi kebocoran kompresi atau rantai keteng kendur. Coba tanyakan pada penjual atau konsultasi-kan ke rekan kamu.

Lihat Gas Buang Mobil

Secara visual, mesin yang sehat tentu asapnya akan tidak berwarna. Namun, jika asap yang keluar berwarna hitam atau putih, berarti mesin dalam kondisi yang bermasalah. Jika kamu ingin mengetahui kerusakan mesin mobil bekas berdasarkan asap yang keluar dari knalpot klik tautan berikut ini.

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Bekas

Lantas, apakah tugas kamu sudah selesai sampai situ saja Sahabat? Ternyata tidak lho, biar mesin mobil bekas kamu memiliki performa yang meningkat ada beberapa cara jitu yang wajib kamu lakukan. Mari simak beberapa hal tersebut di bawah in

Mengganti aki

Meski terlihat sederhana, tapi aki merupakan komponen yang sangat penting di mobil. Tidak ada aki, mobil otomatis tidak bisa dihidupkan. Mesin mobil bekas yang kamu beli bisa saja akinya sudah soak karena termakan oleh umur atau tidak dirawat oleh pemilik sebelumnya.

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Cara mengganti aki pada mesin mobil bekas sangat mudah, kamu hanya butuh aki yang berukuran sama dengan aki yang lama dan tinggal menggantinya di rumah. Namun jika kamu takut salah, kamu bisa membawa ke bengkel terdekat supaya proses penggantian aki berjalan dengan benar.

Gunakan Oktan BBM yang Tepat

Bahan bakar yang digunakan mobil menentukan kinerja performa mesin mobil bekas ataupun baru. Agar performa mobil bisa berjalan dengan baik, pastikan bahan bakar yang dipilih sudah sesuai dengan rasio kompresi antara mesin mobil dan Research Octane Number (RON). Nilai oktan atau RON sangat penting diperhitungkan karena makin tinggi oktan maka bahan bakar tidak mudah terbakar sebelum waktunya.

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Pastikan juga untuk selalu memenuhi tangki bensin mobil. Pasalnya, tangki atas yang kering biasanya menimbulkan kerak dan kotoran yang berbahaya jika sampai terbawa hingga ke saluran pembakaran. Dengan mengisi penuh tangki, maka bagian atas tangki akan selalu bersih dan tidak mengering.

Memperhatikan Sistem Pembuangan Mesin

Sistem pembuangan mesin pada mobil sering kali menjadi bagian yang terlupakan. Padahal, part ini juga membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga performa mesin mobil selalu maksimal. Perhatikan kendaraan secara seksama, jika muncul asap di knalpot, atau suara berisik selama perjalanan, ada kemungkinan sistem pembuangan mesin mengalami gangguan dan mesin mobil bekas kamu perlu diservis.

Pemilihan Oli Pelumas

Agar mesin mobil bekas selalu dalam kondisi yang prima, pastikan untuk memilih oli yang tepat. Oli memiliki fungsi sebagai pelumas agar mesin dapat berjalan mulus serta meminimalkan gesekan antar logam yang membuat mesin cepat aus. Tidak hanya itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin yang menjaga suhu mesin tetap stabil.

10 Tips Penting Mengetahui Mesin Mobil Bekas yang Sehat

Jangan lupa untuk melakukan pergantian oli paling tidak 6 bulan sejak pergantian terakhir atau telah melewati jarak tempuh 10.000 km. Hal ini dilakukan karena sepanjang pemakaian, oli akan mengalami oksidasi dan kotor karena mengikat deposit dan sisa pembakaran, sehingga perlu penggantian untuk memastikan perlindungan tetap maksimal.

#PilihanAman Aktivitas Jadi Aman

Menurut kami, dalam membeli mobil bekas, hal yang perlu diperhatikan selain mesin mobil bekas dan hal-hal tadi diatas, kamu juga perlu memperhatikan tempat dimana kamu membelinya. Apakah tempat kamu membeli mobil bekas menyediakan pelayanan setelah pembelian, apakah pelayanannya ramah, cepat, dan lengkap. Karena jika salah satu dari itu tidak ada, kamu bisa kerepotan lho.

10 Tips Jitu Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas yang Sehat dan Optimal

Bayangkan jika setelah kamu membeli mobil bekas, semua sudah oke tetapi tiba-tiba ada kerusakan yang tidak kamu ketahui. Namanya mobil bekas kan pasti ada saja permasalahannya bukan. Nah, di Garasi.id ada fitur yang namanya Mobil Pilihan dimana mobil bekas yang tersedia memiliki kondisi keseluruhan termasuk bagian mesin yang masih sangat baik. Jadi kamu tidak perlu khawatir atau ragu apakah nantinya mesin mobil bekas yang kamu inginkan mengalami kendala atau tidak.


Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 03 Jul 2020 | 15:45 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil