Mobil Berkarat
Mobil Berkarat

Mobil Kamu Karatan? Ini Dia 5 Langkah Hilangkan Karat yang Ampuh

26 Jan 2021 | 10:02 WIB

Karat yang mengganggu pada mobil biasanya akan menyebar seiring waktu karena logam di baliknya terpapar udara dan kelembaban sehingga mengalami oksidasi atau korosi. Entah Sahabat ingin memiliki atau menjual mobil, kendaraan akan terlihat lebih bersih (dan bernilai) jika bebas karat. Oleh karenanya, jangan ragu untuk membersihkan karat di mobil.

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Menyingkirkan bagian berkarat dan memberikan cat baru pada mobil sebaiknya dilakukan sesegera mungkin sebelum karat menyebar lebih luas Lalu, bagaimana cara mencegah karat mobil atau menghilangkan karat mobil yang baik dan benar? Yuk simak tipsnya di bawah ini. 

Mencegah Karat Mobil

Karatan dan keropos sendiri bisa saja terjadi karena lamanya suatu kendaraan yang bila kurang terawat atau sudah tidak terpakai lagi. Tentu saja mobil yang tidak terawat bila dibiarkan begitu saja akan memicu timbulnya karat yang menyebabkan bagian tersebut keropos. Agar terhindar dari hal tersebut lakukan beberapa langkah di bawah ini :

Berikan Pelumas di Beberapa Bagian

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Bagian engsel mobil seringkali menimbulkan karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan jarang diperhatikan. Namun Sahabat tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi lagi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel untuk mencegahnya.

Cuci Mobil Berkala

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Jika memang Sahabat ingin mencuci mobil, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang saja. Karena air yang ada pada bagian dalam mobil dan sulit dilap tentu saja akan kering lebih cepat jika dicuci pada pagi atau siang hari. Bayangkan ketika Sahabat mencuci mobil di malam atau sore hari? Bagian yang sulit dilap tersebut akan lama tergenang air atau basah sehingga tidak mudah mengering dan lebih cepat berkarat.

Cuci Mobil Setelah Hujan

Air hujan sendiri memang cepat dapat menimbulkan karatan bagian mobil. Jika Sahabat menggunakan mobil saat hujan, alangkah baiknya segera untuk mencucinya agar terhindar dari karat.

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Tak peduli mobilnya merk apa dengan harga berapa, karat bisa jadi masalah yang sangat serius. Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan. Berikut alat sederhana untuk menghilangkan karat mobil yang bisa didapatkan dengan mudah. 

Cuka

Bahan dan alat yang digunakan untuk menghilangkan karat mobil menggunakan cuka adalah air, sikat, lap khusus, dan pastinya cuka. Jangan lupa untuk mencampur cuka dengan air agar encer terlebih dahulu. Kandungan asam sitrat atau asam asetat pada cuka punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa Anda bongkar, maka lepaskan lebih dahulu bagian tersebut dan rendam bagian yang berkarat di dalam air cuka selama 1 sampai 2 hari. Jika ternyata karat masih menempel, Anda bisa rendam lagi sampai karatnya hilang. Gunakan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.

Lemon atau Jeruk Nipis

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Jika selama ini Sahabat hanya menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan noda pada pakaian, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan kedua buah tersebut untuk menghilangkan karat mobil. Pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.

Baking Soda

11 Langkah Menghilangkan Karat Mobil yang Ampuh

Tidak ada persediaan lemon atau cuka di dapur? Jangan khawatir, karena Sahabat punya solusi lainnya yaitu baking soda, yang juga memiliki kandungan bahan aktif untuk membantu menyingkirkan karat dari mobil. Caranya pun sangat mudah,hanya perlu mempersiapkan sikat atau lap khusus yang sudah dibasahi di dalam campuran air baking soda untuk menyikat atau menggosok bagian yang terkena karat di mobil. Praktis, bukan?

Nah itulah beberapa cara mencegah dan menghilangkan karat mobil yang bisa dilakukan di rumah. Selain perawatan untuk mencegah karat, Sahabat juga perlu melakukan perawatan mobil lainnya seperti perawatan di bagian eksterior dan interior. Solusi yang tepat untuk melakukan perawatan mobil lainnya adalah Jasa dan Servis Garasi.id. Kamu bisa merawat semua bagian mobil kamu dengan dengan para ahli partner-partner terpercaya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Jan 2021 | 10:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilbarubekaskendaraankaratbanjirjakartahujanmusim
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family