Beli Mobil Bekas di Garasi.id Menguntungkan
Garasi.id Solusi jual beli Mobil Bekas

5 Langkah Jitu untuk Dapatkan Harga Mobil Bekas Termurah

29 Jan 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Bagi banyak orang, membeli mobil bekas sudah menjadi hal lumrah. Bahkan, tidak jarang orang lebih membeli mobil yang sudah pernah dipakai karena harganya lebih murah. Berbeda dengan jual beli properti dan tanah yang harganya semakin naik tiap tahun, harga kendaraan malah akan terus menurun setiap tahunnya.

Faktor penggunaan dan perawatan adalah alasan utama turunnya harga mobil. Mobil yang sering dipakai, tentu mengalami penurunan pada performa mesin. Belum lagi jika mobil pernah tertabrak, atau memiliki goresan yang terlihat jelas. Harga mobil seken bisa dipastikan turun kalau banyak kekurangan pada kondisi mobil.

5 Langkah Jitu untuk Dapatkan Harga Mobil Bekas Termurah

Bagi pembeli, pastinya juga mau mendapatkan mobil terbaik dengan harga termurah. Ya, mirip-mirip prinsip ekonomi, lah. Mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya. Namun, apakah prinsip tersebut bisa diterapkan dalam pembelian mobil? Untuk mengetahuinya, mari simak beberapa tips untuk membeli mobil seken berikut ini.

Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Tidak Ingin ‘Merecoki’ Pengeluaran Keluarga, Simak Cara Berikut!

Keuntungan Utama Membeli Mobil Bekas: 

Kondisi yang Prima

Masih banyak mobil bekas yang sudah berusia lebih dari 10 tahun tapi masih nyaman untuk dikendarai. Semua kembali lagi ke cara perawatan pemilik sebelumnya. Dalam merawat mobil, yang perlu diperhatikan secara rutin adalah penggantian oli, pengecekan aki, perawatan kaki-kaki, serta kebersihan mobil.

Kalau bisa membeli mobil yang masih "sehat", Sahabat Garasi tidak perlu lagi repot membawa ke bengkel atau menghadapi kerusakan berat di kemudian hari. Kuncinya satu, temukan penjual yang jujur serta mau menjelaskan keadaan mobil.

Cek Harga Pasaran

Harga mobil seken bisa bervariasi sesuai dengan jenis dan kondisi mobil. Banyak penjual mobil berani melebeli mobilnya dengan embel-embel "istimewa" untuk menggambarkan mobil yang masih sangat bagus dan harga di atas pasaran.

Tapi tunggu dulu, Sahabat Garasi harus selalu tahu harga pasaran mobil dengan cara browsing karena sekarang jamannya sudah serba digital. Misalnya saja, kisaran mobil Honda Brio bekas tahun 2013 berada di angka Rp120 jutaan. Naik atau turun Rp5 – Rp10 juta tidak masalah, asal sesuai dengan keadaan mobil yang sebenarnya. 

Tidak Usah Repot Tur Keliling Dealer, Manfaatkan Teknologi

Memang, membeli mobil seken di dealer memiliki keuntungan yaitu Sahabat bisa langsung melihat fisik mobil. Namun, masalah timbul jika Sahabat tidak bisa menemukan mobil yang sesuai dengan selera. Sahabat mungkin harus pergi ke dealer lain dan mencari lagi.

Kelemahan lain dari membeli mobil bekas secara konvensional adalah Sahabat tidak bisa membandingkan harga mobil seken secara objektif. Sudah pasti, Sahabat akan diikuti oleh pemilik atau marketing dealer yang pintar merayu agar Sahabat membeli mobil tipe tertentu. Bisa-bisa, Sahabat malah membeli mobil yang berbeda dari keinginan, sementara harganya di luar bujet. 

Maka dari itu, Sahabat sebaiknya kunjungi Garasi.id untuk menemukan mobil yang sesuai. Tidak perlu repot keluar rumah, Sahabat sudah bisa membandingkan harga mobil seken dengan spesifikasi yang sama. Kalau sudah ada beberapa mobil yang cocok, Sahabat tinggal membuat janji dengan penjual untuk melihat dan mencoba mobil. Melalui Garasi.id, membeli mobil bekas jadi lebih mudah dan hemat waktu.

Pelajari Spesifikasi Mobil dan Lakukan Konsultasi

Sahabat bisa mencari informasi lewat internet atau berkonsultasi dengan seseorang yang mengerti tentang mobil tersebut. Tanyakan mengenai kriteria spesifikasi yang baik untuk tipe mobil tertentu. Sahabat juga bisa bertanya mengenai ciri-ciri mobil yang masih enak dipakai. 

Banyak hal yang perlu diperhatikan dari mobil bekas. Misalnya saja, biasanya suara mesin seharusnya halus untuk menentukan sehatnya mesin. Selain itu, suspensi atau guncangan mobil tidak terasa keras ketika melewati polisi tidur atau jalan rusak. Kalau perlu, buat daftar mengenai hal apa saja yang perlu Sahabat cek pada mobil bekas.

Tawar Menawar Itu Hukumnya Wajib

Tawar menawar harga mobil seken itu wajib dilakukan. Namun, bukan menawar harga secara sadis, ya. Setelah mengecek mobil, Sahabat bisa tahu apakah mobil tersebut layak dan memiliki kondisi yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jika tidak, Sahabat bisa coba menawar beberapa juta di bawah penawaran.

Hal lain yang bisa dibuat ajang tawar menawar adalah mengenai pajak mobil. Jika pembeli lalai membayar pajak, atau pajak mobil sebentar lagi kedaluwarsa, Sahabat bisa menawar dengan alasan Sahabat harus menyisihkan uang untuk membayar pajak mobil. 

Membeli mobil bekas memang tidak semudah membeli mobil baru. Namun, proses pencarian dan tawar-menawar harga mobil seken pastinya bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi Sahabat Garasi.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 29 Jan 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN