Mobil Lubricants
Ganti oli mobil

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

12 Apr 2021 | 09:00 WIB

Sahabat Garasi, selama memakai mobil kesayangan Sahabat. Berapa KM si patokan Sahabat untuk ganti oli, atau berapa bulan sekali Sahabat mengganti oli? ini biasanya pertanyaan yang sering diajukan terutama oleh yang baru saja memiliki mobil, jawaban klasik sering diberikan "tergantung pemakaian" tanpa ada patokan berapa KM oli harus diganti. 

Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

Sahabat Garasi, Memang tidak ada yang salah jika orang menjawab tergantung pemakaian, akan tetapi jika tidak dijelaskan pemakaian yang bagaimana maka malah akan membuat orang yang bertanya tidak mendapat solusi dan kebingungan.

Terkait dengan pertanyaan diatas, yang perlu Sahabat Garasi ketahui adalah sebenarnya oli mesin bisa bertahan cukup lama yakni 10 ribu km atau lebih. Akan tetapi dengan pemakaian di jalan yang tidak macet dan bukan track-track berat, namun jika kendaraan Sahabat sering dipakai di perkotaan yang macet atau jalanan offroad yang lumayan berat maka patokan 10 ribu km tersebut menjadi berubah atau bisa jadi berkurang dari 10 ribu km. 

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Pada jalanan macet misalnya, di jakarta jarak tempuh 10 km bisa memakan waktu 2 jam perjalanan, nah selama 2 jam perjalanan tersebut mesin terus hidup dan berputar yang otomatis mengurangi umur pakai dari oli. Sementara di jalanan yang sepi dan landai, 2 jam perjalanan bisa menempuh jarak sampai 150 km dengan kecepatan 70-80 km/jam. Nah dari sini terlihat bahwa odometer 10 km tersebut ternyata menipu, sebenarnya mesin telah berputar setara sejauh 100 km atau lebih. "hal ini yang dimaksud tergantung pemakaian". 

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Namun, untuk mobil yang menggunakan oli dengan kandungan campuran mineral lebih, sebaiknya mengganti oli mobil setiap 5.000 km. Tetapi jika Sahabat menggunakan oli dengan kandungan full sintetik, tidak masalah jika menggantinya setiap 10.000 km. Namun untuk mengetahui dengan pasti apakah sudah saatnya ganti oli mobil atau belum, Sahabat bisa memperhatikan 6 tanda bahwa Sahabat harus ganti oli. Sebab oli mesin yang terlambat diganti dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil dan menurunkan performa mesin kendaraan. Kamu juga bisa membaca 7 Mitos dan Fakta Seputar Oli Kendaraan.

5 Tanda Sahabat Harus Ganti Oli

Berikut adalah 6 tanda yang bisa Sahabat jadikan patokan dalam menentukan kapan harus mengganti oli mesin mobil.

1. Perubahan Warna Oli

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Perubahan warna oli dapat menentukan apakah Sahabat sudah harus ganti oli atau belum. Jadi tidak ada salahnya jika Sahabat sering memeriksa warna oli mobil. Sebab oli mobil yang sudah menghitam dan encer artinya oli mobil Sahabat perlu diganti secepatnya.

2. Mesin Mobil Terasa Kasar

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Hal lain yang bisa jadi pertanda bahwa oli mobil Sahabat harus segera diganti adalah dari mesin mobil yang terasa kasar. Jika Sahabat merasa cara jalan mesin lebih kasar dari biasanya, atau tidak semulus semula, maka itu pertanda bahwa sudah saatnya Sahabat ganti oli mobil. Perbedaan getaran mesin ini akan terasa sesaat setelah Sahabat mengganti oli mesin.

3. Perhatikan Jarak Tempuh Mobil Sahabat

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Selain memeriksa warna oli, Sahabat juga bisa menentukan kapan saatnya ganti oli dari jarak tempuh mobil Sahabat, bukan dari seberapa lama Sahabat menggunakan mobil Sahabat. Semakin jauh jarak tempuh mobil Sahabat, maka semakin mempercepat kerja mesin yang pada akhirnya akan mempengaruhi oli. Sebaiknya Sahabat mengganti oli jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 4.000-6.000 KM, dengan demikian mesin mobil Sahabat akan lebih terawat.

4. Cek Kartu Pengingat Ganti Oli

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Biasanya setelah Sahabat mengganti oli mobil, bengkel akan memberikan kartu jadwal pengingat ganti oli yang bisa dijadikan sebagai patokan kapan waktu ganti oli. Pada umumnya bengkel akan menyarankan penggantian oli mesin setiap 5.000 KM. Namun sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membuat masa penggantian oli lebih lama, yakni kendaraan generasi baru dan oli mesin yang berkualitas.

5. Peringatan Mobil untuk Ganti Oli

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Pada mobil keluaran terbaru ada tanda peringatan mobil untuk ganti oli yang biasanya terletak di dekat stir mobil. Tanda ini akan menyala jika dirasakan tekanan oli dalam mesin mobil sudah terlalu rendah. Sahabat harus memperhatikan tanda peringatan oli ini, karena jika diabaikan maka mesin mobil akan mati. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin akibat terlewatnya masa penggantian oli yang terlalu lama.

Promo Ganti Oli Mobil di Garasi.id

Dengan berpacu pada lima hal di atas, sekarang Sahabat sudah tahu kan kapan harus mengganti oli mobil agar merasakan kenyamanan dan kebebasan saat berkendara. Dan perlu diingat juga nih Sahabat, meski kondisi ditengah wabah seperti sekarang ini, bukan menjadi alasan kalau kamu tidak merawat mobil kamu apalagi soal ganti oli. 

5 Tanda-Tanda Kamu Perlu Segera Ganti Oli Mobil

Selama #DiRumahAja, untuk perawatan mobil khususnya ganti oli. Sahabat bisa nih percayakan Garasi.id sebagai #SolusiPuas, karena Garasi.id punya layanan Home Service penggantian oli yang sangat menguntungkan. Bekerjasama dengan Mobil Lubricants, Sahabat yang ingin mengganti oli mobilnya dengan oli Mobil bisa mendapatkanya dengan harga yang terjangkau. Selain pengerjaannya dilakukan di rumah kamu, dengan membeli voucher penggantian oli Mobil™ kamu juga akan mendapatkan perawatan tune up dan penggantian filter oli mobil sekaligus. Menguntungkan bukan? Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan promo penggantian oli+tune up mobil sekaligus oleh Mobil™ sekarang juga.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 12 Apr 2021 | 09:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

ganitolimobilolimobilmobilubricantsservisberkalagarasiid