Promo Mudik 2019
Paket Jasa dan Servis

5 Tips Ampuh Agar Mobil Tidak Mogok Saat Mudik Ala Rifat Sungkar

29 Mei 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Apakah Sahabat berencana untuk pulang kampung? Apakah Sahabat akan menggunakan mobil untuk pulang kampung?

Pastikan mobil Sahabat nggak gampang rewel dan mudah mogok di jalan. Berikut adalah tips dari Rifat Sungkar, atlet dan juga pemerhati otomotif nasional, untuk Sahabat yang akan menggunakan mobil untuk pulang kampung.

5 Tips Ampuh Agar Mobil Tidak Mogok Saat Mudik Ala Rifat Sungkar

Tune Up

Menurut Rifat, Tune up kendaraan sebaiknya dilakukan agar menyegarkan kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.

Ganti Oli

Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi risiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila  menggunakan oli yang baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating.

"Terutama jika mobil yang dikendarai membawa penumpang dengan kapasitas penuh, melewati jarak tempuh yang panjang, melintasi kemacetan dan jalanan dengan kondisi yang buruk. Untuk membantu mengatasi overheating pada mesin, sebaiknya menggunakan coolant untuk air radiator. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi selang dan radiator itu sendiri," jelas Rifat seperti melansir dari laman Tribunnews beberapa waktu lalu.

Suspensi Kendaraan

Selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. "Ketika melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan sangat memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik.

Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat membebankan suspensi, terutama suspensi belakang. Hal yang perlu diingat adalah suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima," ujar Rifat.

Ban

Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.

"Banyak orang percaya kalau tekanan pada ban yang baik adalah 28 psi. Namun, kalau kendaraan berpenumpang penuh, tekanan ban dianjurkan 30-32 psi, dan seimbang untuk keempat ban," ujar Rifat. "Ban cadangan sudah pasti harus disiapkan. Tekanan pada ban cadangan harus lebih tinggi dari ban yang dipakai, agar tekanan ban tidak kurang dari 30 psi ketika harus dipakai," tambah Rifat.

Rem

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem. Rem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara.

"Pastikan rem berfungsi dengan baik. Ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik," ujar Rifat.

Agar rem maksimal, Rifat menganjurkan menggunakan minyak rem dengan DOT yang memiliki grade yang tinggi. "Sebaiknya gunakan minyak rem dengan DOT grade 4". Rifat Sungkar menyarankan untuk menggunakan DOT grade 4.

"Biasanya standar grade kendaraan adalah DOT 3, tetapi DOT grade 4 memiliki daya cengkram yang lebih stabil untuk semua temperature. Tetapi selain minyak rem, kampas rem pun harus dalam kondisi baik, karena percuma punya rem dengan daya cengkram bagus tapi kampas remnya habis," tambah Rifat.

Baca juga: Persiapkan Kondisi Mobil Sebelum Mudik, Ini Cara Yang Wajib Kamu Lakukan

5 Tips Ampuh Agar Mobil Tidak Mogok Saat Mudik Ala Rifat Sungkar

Nah Sahabat, untuk lebih yakin dalam melakukan perawatan mobil sebelum pergi mudik Sahabat bisa melakukanya dengan Garasi.id. Garasi.id berpartner dengan Bengkel Nawilis, Bengkel BOS, Automaster, Ziebart, Scuto dan lainnya. Sahabat yang berada di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya bisa merasakan promo Mudik Penuh Berkah dari Garasi.id dengan Paket Jasa dan Servis selama masa periode 6 Mei sampai 5 Juli 2019. 

Pembelian paket Jasa dan Servis di Toko Garasi.id, Sahabat yang belanja mulai dari 250.000 rupiah sampai 500.000 rupiah bisa mendapatkan bonus e-voucher sebesar 100.000 rupiah. Dan untuk Sahabat yang belanja produk diatas 500.000 rupiah, bisa mendapatkan bonus e-voucher sebesar 250.000 rupiah.

Untuk info lebih lanjut Sahabat bisa cek Paket Jasa dan Servis atau hubungi Customer Service Garasi.id di email Clara@garasi.id atau 0817-0250-888 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00. Selamat memanjakan mobil kesayanganmu.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 29 Mei 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN