Mobil bekas keluarga
Mobil bekas keluarga

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

16 Nov 2019 | 11:01 WIB
BAGIKAN

Memiliki sebuah mobil memang menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah mulai berkeluarga. Namun, bisa dibilang menentukan keluarga bekas adalah hal yang gampang-gampang susah, karena mereka harus memikirkan kenyamanan semua anggota keluarganya. Nah, buat kamu yang sedang bingung, yuk simak beberapa tips cerdas memilih mobil keluarga berikut ini.

Pertimbangkan harga dan kebutuhan ketika membeli mobil keluarga bekas

Hal utama yang harus kamu pikirkan ketika akan membeli mobil keluarga bekas adalah menentukan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki. Untuk mempermudah, coba sesuaikan jumlah anggota keluargamu agar nantinya tidak salah dalam memilih mobilnya.

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Jika sudah menghitung jumlah anggota keluargamu, maka jenis mobil keluarga bekas yang sesuai adalah minibus yang bisa memuat beberapa orang sekaligus di dalamnya. Namun ingat, dengan banyaknya pilihan mobil berjenis minibus ini jangan sampai membuatmu lupa untuk memikirkan kemampuan finansial. Kesampingkan gengsi dan tidak perlu mobil yang terlalu mahal, yang penting bisa muat banyak orang, barang dan kamu mampu untuk membeli dan membayar cicilannya setiap bulan.

Cari mobil keluarga bekas dengan kabin yang luas

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Tidak hanya cukup untuk anggota keluarga inti saja, pastikan kalau mobil bekas keluarga yang kamu pilih memiliki kapasitas ruang yang cukup luas untuk menampung berbagai keperluan lain saat bepergian, terutama bagian bagasi. Dengan begini, kamu tidak perlu bingung lagi saat harus bepergian jauh dan banyak perlengkapan yang harus dibawa, apalagi jika kamu memiliki anak balita.

Sistem keamanan adalah hal yang wajib pada mobil keluarga bekas

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Selain harga, hal terpenting selanjutnya yang juga harus kamu perhatikan adalah faktor keamanan dan keselamatan saat berkendara. Pastikan kalau mobil yang kamu pilih sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, mulai dari sabuk pengaman yang terpasang di setiap tempat duduk penumpang, airbag, automatic lock (ini sangat penting untuk kamu yang memiliki anak kecil)

Perhatikan kenyamanan mobil

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Selanjutnya adalah faktor kenyamanan yang juga penting untuk diperhatikan ketika memilih mobil keluarga bekas. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamu dan keluarga seringkali melakukan perjalanan jauh. Pastikan juga untuk memilih mobil dengan tempat duduk yang nyaman dan empuk, AC yang segar, ruangan yang cukup luas dan lega, suasana yang senyap saat berada di dalam mobil, dan juga memiliki suspensi yang empuk. Hal ini sangat berguna agar kamu dan anggota keluarga lainnya (anak-anak dan orang tua) tidak mudah terasa lelah saat bepergian.

Mobil keluarga bekas wajib irit BBM

Mobil keluarga bekas yang nantinya kamu beli mungkin akan sangat sering digunakan. Berwisata di akhir pekan, mengantar anak ke sekolah, mengantar pasangan ke kantor atau ke pasar, dan lainnya. Bila mobil tersebut tidak irit bensin, maka pengeluaran untuk bahan bakar mobil jadi sangat berat!

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Maka itu pilihlah mobil keluarga bekas yang menawarkan penggunaan bakar bakar yang hemat. Anda dapat mengukurnya dari jarak kilometer yang dapat ditempuh per liter bensin. Tipe bahan bakar yang digunakan mobil tersebut pun perlu diperhatikan agar tidak boros.

Pastikan spare part mobil keluarga bekas mudah didapat

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Nah, ketika membeli mobil keluarga bekas, pastikan spare part-nya mudah didapatkan. Jangan hanya karena penampilan mobilnya yang cantik membuatmu jadi memilihnya, padahal belum tentu spare part-nya bisa kamu dapatkan dengan mudah, kan? Sebaiknya tanyakan dengan rinci pada pihak dealer di mana kamu bisa mendapatkan spare part jika suatu saat nanti kamu membutuhkannya.

Fitur terbaru pada mobil keluarga bekas

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Fitur yang up to date dalam hal ini adalah hiburan yang terdapat di dalam mobil yang juga sangat penting untuk mendukung perjalananmu dan keluarga agar tidak terasa membosankan. Pastikan kalau mobil keluarga bekas ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti radio, TV, audio, atau bisa juga dengan menambahkan games di dalamnya. Wah, pasti jadi lebih menyenangkan!

Hitung biaya perawatan mobil keluarga bekas

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Setelah harga, bahan bakar, kenyamanan, keamanan, dan hal penting lainnya, kamu juga perlu tahu mengenai biaya perawatan mobil keluarga bekas yang harus kamu keluarkan nantinya. Semakin canggih dan kompleks teknologi yang ada dalam mobilmu, maka akan semakin tinggi pula harga perawatan mobilnya. Maka, ada baiknya untuk membandingkan biaya perawatan antara mobil satu dengan yang lainnya dengan lebih cermat. 

Lakukan pengujian ketika membeli mobil keluarga bekas

7 Tips Jitu Memilih Mobil Keluarga Bekas yang Cermat

Hal yang tak kalah pentingnya adalah dengan melakukan test drive atau uji kelayakan kendaraan secara langsung untuk mengetahui apakah mobil yang kamu pilih sudah sesuai dengan keinginan. Jika perlu, ajak anggota keluarga untuk ikut mencoba dan tanyakan pendapat mereka tentang mobil keluarga bekas yang hendak kamu pilih tersebut.

Nah, setelah membaca beberapa tips cermat memilih mobil keluarga diatas, semoga kamu sudah bisa menentukan mobil keluarga bekas mana yang akan dipilih, ya!

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 16 Nov 2019 | 11:01 WIB
BAGIKAN