Bagasi yang luas menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih mobil keluarga
MPV menjadi mobil yang kerap kali dijadikan mobil untuk keluarga

5 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Baik

02 Agt 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN

Memilih mobil keluarga menjadi sesuatu yang penting sebelum membeli mobil keluarga. Untuk itu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli agar tidak mengecewakan dikemudian hari.

5 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Baik

Setiap tahun ada saja mobil baru yang diluncurkan oleh produsen. Produk mobil dapat berupa facelift atau penyegaran dari tampilan sebelumnya, atau varian yang belum ada sama sekali di pasaran. Mobil-mobil tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara serta desain eksterior dan interior yang menarik.

Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih mobil keluarga agar tidak mengecewakan dikemudian hari, antara lain:

Jumlah Anggota Keluarga

Jumlah anggota keluarga sangatlah penting dalam memilih mobil keluarga, karena hal tersebut menentukan berapa seat dalam mobil yang harus tersedia. Kalau kamu adalah pasangan suami istri dengan 1 anak, memilih mobil dengan jumlah seat 4 atau 5 sudahlah cukup.

5 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Baik

Biasanya mobil jenis ini tergolong mobil sedan, LCGC, hatchback ataupun SUV. Jika anggota keluarga lebih dari 5 orang, maka akan lebih nyaman memilih mobil dengan 3 baris kursi seperti MPV.

Kehadiran Bagasi

Berkendara bersama keluarga bukan hanya ramai karena jumlah orangnya, namun juga dengan barang-barang yang dibawa. Itu mengapa kehadiran bagasi pada mobil perlu dijadikan pertimbangan juga. Tidak mau ‘kan jalan-jalan bersama keluarga namun mobil jadi sesak karena tidak ada tempat penyimpanan?

5 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Baik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil MPV untuk keluarga memang tidak punya ruang bagasi khusus. Akan tetapi ruang duduk di bagian belakang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang, sebab kursinya dapat dilipat.

Lain halnya dengan tipe hatchback atau SUV yang umumnya sudah dilengkapi bagasi cukup besar. Sahabat yang berniat membeli mobil van harus bisa menata barang bawaan keluarga dengan baik, sebab area penyimpanannya relatif kecil

Fitur Keamanan Mobil

Membawa keluarga berkendara itu berarti tanggung jawabnya lebih besar. Agar keselamatan tiap penumpang dapat terjaga, sebaiknya pilihlah mobil bekas untuk keluarga yang dilengkapi sistem keamanan. Fitur paling dasar yang harus ada ialah sabuk pengaman di tiap kursi.

5 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Baik

Bila Sahabat memiliki anak yang masih usia balita, pastikan pula bahwa mobil tersebut memiliki sistem child safety lock. Sistem ini dapat menjaga keamanan anak walaupun mereka bermain dengan handle pintu serta jendela mobil saat kendaraan tengah melaju.

Beberapa sistem keamanan lain yang juga perlu diperhatikan adalah kehadiran airbag dan anti-lock braking system. Bila terjadi kecelakaan, maka potensi penumpang terkena cedera pun dapat terminimalisir.

Merk Mobil

Untuk pembeli baru, akan lebih bingung dalam memilih mobil dengan merk yang cocok, karena hampir setiap merk mengeluarkan jenis mobil yang hampir sama. Untuk itu diperhatikan fitur yang ditawarkan, service dan layanan, desain interior dan eksterior, mesin, harga, dan masih banyak lagi. 

Beberapa hal diatas adalah berbagai pertimbangan yang dapat dilakukan dalam memilih mobil keluarga. Dengan mempertimbangkan semua itu, Sahabat diharapkan mendapatkan mobil yang tidak akan mengecewakan. Tetapi jika kamu sedikit bingung memilih mobil keluarga apa yang cocok, Garasi.id sudah menyiapkan mobil-mobil bekas berkualitas yang sanggup membawa keluarga kamu lho.


Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Agt 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN