Kredit mobil
Kredit mobil

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

27 Jan 2021 | 13:00 WIB

Memiliki sebuah kendaraan khususnya mobil adalah impian semua orang. Dengan bujet yang terbatas, memilih untuk membeli mobil bekas adalah pilihan yang tepat. Tidak semua mobil bekas kondisinya buruk lho. Mungkin saja pemilik sebelumnya ingin menjual mobilnya karena bosan dan ingin mengganti model mobilnya.

Saat ini, sudah banyak sekali mobil dengan model-model terbaru yang beredar di pasar mobil bekas dan itu tentunya bisa menjadi keuntungan tersendiri. Di sisi lain, performa dari mobil-mobil tersebut tidak jauh berbeda dengan kondisi baru, dengan catatan mobil bekas tersebut memiliki riwayat pemakaian yang baik. 

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

Selain itu, membeli mobil pre-owned secara kredit tentunya menjadi solusi yang menguntungkan lho Sahabat. Sahabat bisa langsung mendapatkan mobil tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar karena pembayarannya dilakukan secara bertahap setiap bulan sampai waktu yang ditentukan.

Namun, jika Sahabat tidak pintar dalam mengatur keuangan bisa-bisa mengalami kerugian kedepannya. Nah, biar kamu tidak rugi saat ingin melakukan kredit mobil, yuk ikut langkah-langkah membeli mobil pre-owned agar keuangan kamu tetap sehat seperti yang dikutip di Lifepal berikut ini.

Cari mobil sesuai bujet

Dalam menentukan mobil, Sahabat wajib memilih mobil operasional yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari kamu. Belum tentu mobil dengan merek "A" yang memiliki desainnya menarik, atau mobil merek "B" yang terlihat elegan, atau mobil "C" yang sangat gesit dalam manuvernya ternyata cocok dengan mobilitasmu sehari-hari. Sahabat harus menimang-nimang apakah benar fitur yang ada di berbagai macam model mobil tersebut dibutuhkan atau sekedar pelengkap saja. 

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

Jika memang fitur tersebut tidak terlalu dibutuhkan, maka pilihlah mobil lain dengan merek terkenal dan kualitas yang baik, serta harga yang lebih terjangkau. Perhatikan pula soal bagaimana ketersediaan dan harga suku cadang, ketersediaan bengkel resmi, serta hal-hal yang menjadi kendala umum dari mobil tersebut. 

Pilih angsuran yang terbaik

Kini tidak sedikit produk angsuran yang dapat Sahabat pilih dan gunakan untuk memudahkan dalam pembiayaan mobil pre-owned. Mulai dari jangka waktu hingga suku bunga, seluruh komponen itu bisa diselaraskan dengan penghasilan yang kamu terima setiap bulan.

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

Namun alangkah baiknya Sahabat mengambil cicilan perbulan yang tidak melebihi 35% dari pemasukan bulanan karena akan memberatkan biaya bulanan yang harus kamu keluarkan. Selain itu, pastikan saja usia mobil pre-owned yang ingin Sahabat beli masih muda seperti Mobil Pilihan Garasi.id. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko-risiko pergantian suku cadang di kemudian hari.

Jangan habiskan bujet seluruhnya untuk membeli mobil 

Anggap saja, Sahabat memiliki bujet sebesar Rp 120 juta untuk membeli pre-owned. Maka jangan habiskan seluruhnya untuk membeli mobil tersebut. Gunakanlah Rp 100 juta saja, atau bahkan di bawah Rp 100 juta bila memungkinkan. Tujuan dari menyisakan dana ini adalah untuk berjaga-jaga apabila ada pergantian suku cadang atau komponen mobil pre-owned yang akan kita beli.

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

Oleh karena itu, carilah mobil pre-owned yang kamu inginkan di berbagai situs penjual mobil atau showroom-showroom terdekat seperti halnya Garasi.id. Membeli mobil pre-owned tentu harus penuh dengan kehati-hatian. Terburu-buru dalam membeli bisa mengakibatkan kerugian finansial di masa yang akan datang. Jika Sahabat tidak mau mengalami kerugian, mungkin DP ringan 25% mobil pre-owned di Garasi.id bisa jadi salah satu alternatif solusinya.

Dokumen mobil wajib lengkap

Membeli mobil pre-owned tanpa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tentu saja sangat berisiko. Sebab, untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut akan memakan biaya dan waktu.  Namun di sisi lain, ketiadaan dokumen mobil dapat menimbulkan risiko yang lebih parah. Misalnya, penjual bisa saja mengatakan bahwa BPKB hilang. Tapi bagaimana jadinya jika BPKB ternyata sedang dititipkan di perusahaan pembiayaan karena ada masalah kredit? Mobil yang

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

Sahabat beli bisa saja ditarik oleh pihak pembiayaan atau leasing kapan pun. Sementara itu jika BPKB ada tapi STNK yang tidak ada, maka tidak menutup kemungkinan pula pajak mobil sudah mati.  Sejatinya, membeli mobil tanpa dokumen atau bodong bisa dikategorikan sebagai tindak kejahatan. Kamu pun berpotensi terjerat Pasal 480 KUHP tentang Penadah Hasil Curian.

Pastikan pajak kendaraan masih hidup 

Mobil pre-owned yang pajaknya terlambat dibayar tentu dijual murah. Namun apakah kita siap untuk membayar pajak sekaligus dendanya nanti? Bagaimana jika ada denda pajak dan juga biaya perbaikan yang muncul? Tentu saja pengeluaran Sahabat akan menjadi semakin besar. 

Sebagai bahan pertimbangan, berikut cara melakukan perhitungan denda pajak kendaraan bermotor:

  • Denda PKB = Biaya PKB x 25% x n/12
  • Huruf "n" menunjukkan jumlah bulan keterlambatan.

Agar Sahabat tidak perlu repot-repot harus membayar pajak mobil pre-owned yang sudah lewat masa tenggang, alangkah baiknya tanyakan kepada penjual perihal tersebut. Nah, itulah beberapa tips agar ketika Sahabat hendak membeli mobil tidak memberatkan biaya yang harus dikeluarkan per-bulannya. Selain itu, Sahabat juga harus pintar-pintar memilih tempat membeli mobil agar mobil yang kamu dapatkan sangat layak digunakan seperti halnya di Garasi.id.

Masih Banyak yang Salah. Begini Cara Menjaga Keuangan Saat Ingin Melakukan Kredit Mobil

Membeli mobil pre-owned di Garasi.id, Sahabat bisa menggunakan produk Kredit Kilat. Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil pre-owned yang berani memberikan kredit mobil tercepat. Karena kami adalah #SolusiPuas jual beli mobil pre-owned.

Bujet Pas-Pasan Buat Beli Mobil, Kredit Mobil Bekas Aja di Garasi.id

Solusi Pembiayaan Kredit Mobil dari Garasi.id

Untuk menjawab kebutuhan Sahabat akan pembiayaan mobil yang terpercaya dan sesuai dengan budget, Di Garasi.id Sahabat bisa menggunakan layanan Kredit Kilat dengan pembiayaan mobil bersama BCA Finance yang bisa ngasih kamu DP 25%.

Cara Mendapatkan Promo DP 25%

Untuk bisa merasakan promo DP 25%, Sahabat bisa mengajukan pembelian unit Mobil Pilihan dengan fitur Kredit Kilat. Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil pre-owned yang berani memberikan kredit mobil tercepat.

Bujet Pas-Pasan Buat Beli Mobil, Kredit Mobil Bekas Aja di Garasi.id

Mengajukan pembiayaan mobil dengan kredit kilat Sahabat akan mendapatkan keuntungan seperti halnya :

1. Hasil Cepat

Kamu akan mendapatkan hasil pengajuan dari kredit mobil hanya dalam 2 menit setelah kamu melengkapi semua data.

2. DP Ringan

Besaran DP yang harus dibayarkan untuk mendapatkan mobil pre-owned idaman kamu sangat ringan dibanding produk pembiayaan lainnya.

3. Proses Mudah

Kamu bisa mengajukan kredit mobil dari mana saja, bisa melalui smartphone atau bisa juga melalui desktop kamu.

Itulah solusi membeli mobil pre-owned berkualitas dengan kredit mobil DP Ringan dari Garasi.id. Buat Sahabat yang tertarik membeli mobil dengan DP 25%, bisa langsung cek di koleksi mobil pembiayaan ringan atau hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected]

Foto : Garasi.id

Konten ini merupakan kerja sama Garasi.id dengan Lifepal.co.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 27 Jan 2021 | 13:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

lifepalasuransilifepalgarasiidkreditmobilkreditgarasiid