Promo servis berkala
Promo servis berkala

7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil

26 Feb 2020 | 13:21 WIB
Tak sedikit orang yang mengesampingkan perawatan mobil yang dilakukan secara berkala. Mengisi bahan bakar, mengganti oli, dan melakukan servis berkala mobil sepertinya sudah cukup untuk membuat mobil tetap optimal.
Kesibukan yang terlalu padat pun sering menjadi alasan untuk menunda mengantarkan mobil kesayangan menuju ke bengkel. Padahal, servis berkala atau perawatan mobil ini adalah hal yang sangat penting. 
7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil
Servis berkala mobil tidak hanya bertujuan untuk sekedar mengisi catatan pada buku perawatan berkala mobil. Lebih dari itu, perawatan berkala yang dilakukan untuk mobil kesayangan kamu sangatlah penting untuk menjaga performanya. Jika Sahabat rajin dalam melakukan servis berkala mobil, mobil akan selalu dalam kondisi prima dan siap untuk dikendarai jarak jauh.
Sahabat tentu tahu bukan setiap komponen mobil memiliki masa pakai atau umur yang terbatas. Karenanya, ketika kamu melakukan servis berkala mobil maka kamu akan mengetahui komponen mana saja yang perlu kamu ganti atau hanya sekedar dibersihkan saja. Selain itu, walaupun mobil yang kamu miliki jarang digunakan, melakukan servis berkala mobil sangatlah perlu dilakukan.
7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil
Hmm, apakah servis berkala mobil sepenting itukah? Biar kamu semakin yakin, mari simak manfaat dari servis berkala mobil yang bisa kamu rasakan:

Servis berkala membuat mobil selalu optimal

Seiring pemakaian kendaraan, ada komponen dari kendaraan yang mengalami perubahan dan keausan. Melansir dari Otomotifinfo.com, komponen seperti kampas rem yang semakin tipis, busi menjadi aus, saringan udara yang kotor, busi yang kotor bisa mengurangi performa sebuah mobil.
7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil
Pada saat melakukan servis berkala mobil, maka komponen-komponen tersebut akan dibersihkan, diganti atau dilakukan penyetelan ulang agar kembali optimal. Namun, jangan pernah memaksakan komponen yang sekiranya sudah tidak bisa dipakai tetap digunakan karena akan merusak mobil yang kamu miliki.

Servis berkala membuat berkendara semakin aman dan nyaman

7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil

Dengan melakukan servis berkala mobil, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang sebenarnya secara menyeluruh. Hal ini penting karena pada kendaraan terdapat berbagai sistem dan komponen yang saling terkait satu dengan lainnya. Misalnya jika diketahui sistem rem bekerja dengan baik, maka Sahabat tidak perlu was-was dalam mengendarai kendaraan.

Servis berkala mengurangi biaya berlebih

7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil

Ada manfaat lain ketika Sahabat rajin melakukan servis berkala mobil yakni mengurangi biaya berlebih. Apa hubungannya? Ketika Sahabat melakukan perawatan mobil secara berkala, mekanik bisa menemukan adanya komponen yang sudah rusak lebih cepat. Sehingga sebelum komponen yang rusak tersebut mempengaruhi kinerja komponen lainnya sudah dicegah terlebih dahulu. Dengan mengetahui kondisi tersebut, maka Sahabat bisa mengatur pengeluaran terkait penggantian komponen yang rusak.

Servis berkala mobil menghindari mogok di perjalanan

7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil

Mengalami permasalahan mogok ketika sedang melakukan perjalanan merupakan hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika ternyata yang menjadi penyebab mogoknya kendaraan adalah kondisi aki sudah lemah, sistem pengisian tidak normal, plat kopling sudah habis, aliran bahan bakar tidak lancar dan sebagainya. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu melakukan servis berkala mobil karena hal-hal tersebut dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok terhindari.

Umur kendaraan menjadi lebih lama

Umur kendaraan menjadi tahan lama adalah salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rajin melakukan servis berkala mobil. Seperti sudah dijelaskan di atas, melakukan servis mobil dapat mendeteksi kerusakan komponen sehingga kerusakan tidak menyebar dan Sahabat tidak perlu mengeluarkan biaya lebih ketika memperbaikinya.

Nilai jual mobil menjadi tinggi

7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil

Tanpa kamu sadari, rutin melakukan servis berkala mobil bisa membuat nilai jual mobil tinggi lho. Ketika kamu ingin menjual mobil yang kamu miliki, kamu bisa menegaskan pembeli bahwa mobil yang kamu miliki selalu mendapatkan perawatan mobil terbaik dan selalu rutin servis mobil. Selain itu, pembeli juga sudah pasti mendapatkan mobil dengan performa yang optimal.

Mematuhi persyaratan peraturan yang berlaku

Secara umum, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan untuk bisa mengemudikan kendaraan dijalan umum. Seperti misalnya untuk menekan tingkat polusi di suatu kota, ada aturan yang mewajibkan pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi baik di dealer yang ditunjuk maupun di instansi pemerintah. Apabila kamu tidak melakukan servis berkala mobil yang teratur, pasti akan sulit memenuhi aturan tersebut.

Diskon 20% Servis Berkala Bengkel BOS

Bagaimana Sahabat? Sudah paham kan apa sih pentingnya servis berkala mobil. Apalagi jika kamu sedang merencanakan untuk berlibur, persiapan mobil sangatlah penting. Pergi berlibur dengan kendaraan pribadi, wajib hukumnya buat mengecek kondisi mobil sebelum bepergian. Nah untuk memberikan #solusiPUAS mengenai bagaimana kondisi mobil yang Sahabat miliki sekarang, Garasi.id memiliki promo servis berkala oleh Bengkel BOS nih. 
7 Manfaat dan Pentingnya Melakukan Servis Berkala Mobil
Adapun pengecekan dan penggantian spare part dalam promo servis berkala Bengkel BOS meliputi :
  • Komponen AC
  • Filter Udara
  • Ball Joint
  • Aki
  • Rem 4 Roda
  • Lampu Kendaraan
  • Emisi Gas Buang
  • Radiator
  • Busi*
  • Sistem Kemudi
  • Suspensi
  • Rotasi Roda
  • Wiper & Pembersih
  • Ganti Oli & Filter*
  • Ganti Busi (untuk servis 20.000, 40.000, 60.000, 80.000, 100.000, 120.000, 160.000 km)*
  • Ganti Oli Gear & Transmisi (untuk servis 40.000, 80.000, 120.000, 160.000 km)*
  • Ganti Filter Udara (untuk servis 80.000, 160.000 km)
  • Ganti Filter Bahan Bakar (untuk servis 80.000, 160.000 km)*
Keterangan: *Harga tidak termasuk pergantian sparepart
Berlaku di semua cabang Bengkel BOS
Pastikan kamu telah membaca Syarat & Ketentuan paket ini. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi kami di Clara@garasi.id atau 0817-0250-888 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00 WIB.
Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 09:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil