Perawtan interior mobil
Perawtan interior mobil

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

04 Jan 2020 | 18:42 WIB

Semua orang tentunya ingin selalu menjaga kendaraan di jalanan dalam kondisi mulus dan mesin yang prima. Namun apa mau dikata jika bencana banjir melanda dan mobil kesayanganmu terendam banjir. Apalagi jika daerah rumah tempat tinggal kamu memang sering terjadi banjir, hati-hati saat melewati wilayah tersebut ya karena akan menyebabkan mobil mogok. Biar mobil kamu tidak mogok coba deh baca artikel 8 Tips Mengatasi Mogok Saat Mobil Menerjang Banjir

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Nah bagaimana jika mobil kamu terendam banjir? Untuk melakukan perbaikan setelah mobil terendam banjir tidaklah sulit Sahabat dan bisa dilakukan dirumah lho. Mau tahu bagaimana caranya? Begini cara membersihkan mobil yang baru terkena banjir di bagian interior atau bagian dalam mobil.

Lepaskan komponen dalam interior

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Setelah kondisi banjir di sekitar rumah Sahabat sudah surut, pindahkan mobilmu di tempat yang aman tanpa terhalang oleh pohon atau bangunan. Ingat, mobil yang sudah terendam banjir tidak boleh dinyalakan, mau tidak mau Sahabat membutuhkan bantuan bersama rekan atau saudara untuk mendorong memindahkan mobil kamu. Kenapa? Coba baca artikel Mobil Matik Terendam Banjir?! Begini Cara Penanggulangannya, disitu kamu bisa memahami mengapa mobil yang sudah terendam banjir tidak boleh dinyalakan secara langsung.

Biarkan alam membantu pengeringan interior

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Bukalah semua komponen dari mobil kamu mulai dari pintu, kap mesin, jendela, bagasi. Hal tersebut berguna untuk membuat kendaraanmu keting secepat mungkin. Jadi biarkanlah alam melakukan sebagian untuk kamu. Namun jika kondisi alam tidak memungkinkan, lakukan langkah tersebut di dalam garasi.

Lepaskan bagian karpet

Karpet dan bagian di dek bawah mobil harus kamu lepaskan. Baca manual book kendaraan yang kamu miliki untuk mempermudah membuka bagian karpet. Kemungkinan akan ada beberapa baut yang dilepas pada kursi bagian depan dan belakang. Selain itu, lepaskan juga panel-panel pada pintu dan dasbor kendaraan. Namun dalam melakukan pembongkaran dasbor akan sedikit sulit tergantung jenis dari mobil yang kamu miliki. 

Nah, ingat Sahabat melakukan perawatan interior tidak harus saat setelah terkena atau mobil terendam banjir. Kamu harus secara rutin melakukan perawatan interior mobil agar mobil kamu selalu optimal. Nah di artikel 8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan, kamu bisa mengetahui dan mendapatkan informasi apa saja yang harus kamu lakukan untuk merawat interior mobil kamu. 

Keringkan bagian interior mobil

Setelah kamu melepas karpet, jok dan bagian lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas, saatnya kamu mengeringkan bagian interior mobil. Ketika mobil terendam banjir sudah bisa dipastikan bagian interior mobil terendam oleh air. Air bisa menyebabkan karat pada bagian dek mobil dan itu sangat membahayakan. Siapkanlah kabel panjang dan kipas angin. Semakin banyak aliran udara yang kamu masukan maka semakin cepat mengering. Juga sedikit karat dan jamur yang harus kamu hadapi.

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Selain itu untuk mempercepat pengeringan, kamu juga bisa menggunakan hairdryer dan arahkan pada bagian yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering. Seperti bagian dalam pintu serta kursi. Ingat melakukan pekerjaan ini membutuhkan cukup waktu yang lama dan kesabaran yang ekstra, so ajak teman-temanmu supaya tidak bosan.

Lakukan detailing pada komponen interior mobil

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Kerusakan akibat mobil terendam banjir bukan hanya sekedar air, karena segala sesuatu mulai dari lumpur, sampah, tanaman air, bahkan ikan bisa jadi terjebak dalam beberapa bagian mobilmu. Nah, jika beberapa interior sudah kering namun masih berantakan, jadi kamu bisa sekaligus membersihkan bagian tersebut. Jika ada kabel yang kusut atau sudah sobek kamu bisa membenarkannya sekaligus karena berbahaya membuat konslet kelistrikan mobil. Jika ada lubang di dek mobil kamu dimana karet penutupnya hilang bisa kamu tutup kembali agar tidak ada kotoran yang masuk dari luar mobil. 

Bersihkan interior plastik

Gagang pintu, tombol konsol tengah dan sebagainya terbuat dari bahan plastik. Bersihkan bagian tersebut menggunakan pembersih interior khusus, sabun cuci mobil atau sabun cuci piring jika hanya itu yang kamu miliki. Jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering agar tidak ada kotoran yang menempel.

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Setelah itu bersihkanlah karpet kendaraaan dengan semprotan khusus. Beberapa karpet yang sedikit lebih padat, biasanya harus dibersihkan dengan sikat. Ulangi langkah tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jika karpet tak bisa dibersihkan secara maksimal, solusinya ialah menggantinya dengan karpet yang baru.

Lalu jangan lupa juga membersihkan kulit jok dengan pembersih karpet serta semprotan khusus interior. Bersihkanlah jok, sandaran lengan dengan kain. Guna mengangkat noda dengan lembut dan mencegah bau jamur. Namun untuk membersihkan noda pada jok kulit membutuhkan syarat khusus. Kamu harus menggunakan semprotan khusus untuk jok kulit, agar bisa dibersihkan secara maksimal dan tampak seperti baru lagi.

Pasang kembali bagian interior mobil

Setelah semua interior bersih dan kering, saatnya untuk memasang bagian demi bagian kembali. Pastikan memasangnya dengan teliti tanpa kurang satu baut pun. Karena jika tidak teliti dan ada baut yang kurang, bisa menimbulkankan beberapa bunyi atau getaran saat berkendara. Jika mobil mengeluarkan bunyi yang kurang enak didengar seperti bunyi decitan mungkin kamu bisa menganalisanya melalui artikel Muncul Bunyi Berdecit Pada Mobil, Periksa Bagian Ini !

Pentingnya asuransi mobil

Penting bagi Sahabat untuk melindungi kendaraan dengan memilih asuransi mobil yang tepat. Biasanya ketika kamu akan membeli mobil, baik itu mobil baru atau mobil bekas, pihak penjual akan sekaligus menawarkan paket asuransi mobil.

8 Tips Perawatan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir

Apa yang ditawarkan asuransi mobil adalah perasaan aman dalam berkendara. Asuransi diri dapat menangani biaya pengobatan seandainya Sahabat mengalami kecelakaan. Namun, bagaimana dengan kendaraan milikmu? Suka atau tidak, ketika kita mulai memiliki barang berharga yang tak hanya bernilai tinggi, tetapi juga rentan membuat kita merogoh kocek tambahan, seperti mobil, kita perlu menyisihkan anggaran tak terduga untuk menanggulangi segala hal tak menyenangkan yang mungkin terjadi. Untuk mengetahui asuransi apa yang tepat untuk mobil, kamu bisa membaca artikel Mobil Terendam Banjir. Begini Cara Memilih Asuransi Mobil yang Cerdas, supaya kamu dapat mengetahui betapa pentingnya sebuah asuransi.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 10:24 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek