Akhir Perjalanan Panjang Toyota Di Australia

Akhir Perjalanan Panjang Toyota Di Australia

04 Okt 2017 | 12:08 WIB
Sejarah panjang Toyota memproduksi mobil di Australia menemui ujungnya hari ini (04/10/2017). Hal ini seiring dengan berakhirnya produksi pabrik mereka yang ada di Altona, Melbourne. Sejak 54 tahun lalu, hingga saat ini, tercatat pabrik itu telah memproduksi 3.451.115 unit kendaraan. Sebenarnya kabar penutupan ini bukanlah hal baru. Toyota sudah menginformasikannya sejak 2014 lalu. Akibat penutupan ini, 2.500 pekerja terpaksa dirumahkan. Meski tidak menuturkan hal jelas mengapa penutupan dilakukan, namun mahalnya ongkos produksi, yang berujung naiknya harga mobil diperkirakan jadi pemicu.

Akhir Perjalanan Panjang Toyota Di Australia

Namun pabrik Toyota, rupanya tidak benar-benar ditutup. Mereka melakukan perubahan desain dan fungsi pabrik. Ini diperlukan karena Toyota Australia beralih peran menjadi importir. tempat itu bakal jadi lokasi pengembangan dan pelatihan produk Toyota. Dan untuk mendukung itu, kantor penjualan dan pemasaran juga dipindahkan dari Sydney ke kantor pusat Toyota Motor Corporation Australia di kota Melbourne.

Sebagai informasi, Toyota beroperasi di Australia sejak Juli 1963 dengan membuka pabrik di Tiara Port, Melbourne. Kemudian Toyota mengembangkan fasilitas diproduksi di Altona dengan memproduksi Corolla yang saat ini penjualannya memimpin pasar sedan di Australia. Selain Corolla, Toyota juga membuat Camry di pabrik mereka pada Maret 1995. 


Foto : Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:29 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

toyotaaustraliatutupmobil