Garasi.id
Kredit Mobil Bekas di Garasi.id

Akhir Tahun Kredit Mobil Bekas, Ini Bedanya Lewat Bank dan Leasing

28 Des 2018 | 11:01 WIB
BAGIKAN

Hai, Sahabat Garasi! Sahabat pastinya setuju kalau mobil sekarang ini sudah jadi kebutuhan primer. Tak hanya bisa membuat orang tampak keren, mobil pribadi juga menjadi alat transportasi sehari-hari. Mobil sangat dibutuhkan agar selama perjalanan, Sahabat tak harus terkena banyak debu, polusi, panas, atau hujan. Karena itulah, mobil kini bukan lagi sekadar gaya, tetapi juga kebutuhan hidup.

Kabar baiknya, Sahabat tak perlu menunggu jadi kaya untuk bisa beli mobil. Sahabat juga bisa mengambil kredit mobil bekas sekarang juga. Cukup punya uang muka biasanya 30% dari harga jual, mobil impian bisa langsung jadi tunggangan. Kredit ini bisa dilakukan melalui bank atau perusahaan leasing. Berikut adalah perbedaan keduanya.

Baca juga: Bujet Pas-Pasan Buat Beli Mobil, Kredit Mobil Bekas Aja di Garasi.id

Akhir Tahun Kredit Mobil Bekas, Ini Bedanya Lewat Bank dan Leasing

Bunga Kredit

Beli mobil secara kredit baik melalui bank maupun perusahaan leasing tentunya akan dikenai bunga. Namun, ada perbedaan di antara keduanya. Bunga bank untuk kredit mobil rata-rata lebih rendah daripada bunga kredit melalui leasing.

Bunga yang diberlakukan bank biasanya sudah mengacu pada kebijakan mereka, tidak ada kenaikan tiba-tiba yang begitu tinggi kecuali dalam situasi ekonomi genting dan suku bunga Bank Indonesia tiba-tiba melonjak. Tak jarang bank hanya menerapkan bunga kredit kepemilikan mobil sekitar 5% per tahun. Perusahaan leasing, di sisi lain, bisa menerapkan bunga pinjaman lebih tinggi, bisa lebih dari 10% per tahun.

Proses Pengajuan Kredit

Meskipun secara umum kredit mobil bekas melalui perusahaan leasing memiliki bunga lebih tinggi, proses pengajuan kreditnya jauh lebih cepat daripada melalui bank. Sahabat akan mendapatkan pelayanan maksimal dari petugas leasing, bahkan tak jarang merekalah yang akan berkunjung ke rumah Sahabar. Proses kredit di bank, di sisi lain, membuat Sahabat repot mengurus semua persyaratan.

Syaratnya sendiri bisa jadi tak jauh berbeda, terutama untuk syarat administrasi berupa dokumen seperti identitas diri, rekening koran atau fotokopi rekening tabungan, slip gaji, dan lainnya. Namun, biasanya bank meminta syarat lebih, misalnya tagihan listrik atau riwayat kartu kredit yang baik. Karena syarat lebih ketat, kemungkinan kredit mobil ditolak oleh bank lebih tinggi daripada oleh leasing.

Proses pengajuan kredit di bank lebih lama karena pihak bank akan melakukan survei terlebih dulu sebelum mengabulkan permohonan kredit mobil. Akhirnya, demi mendapat kemudahan dan pelayanan maksimal, banyak orang lebih memilih leasing. 

Asuransi

Saat meminjam dari bank, baik dalam bentuk kredit mobil bekas ataupun pinjaman lain, asuransi yang wajib biasanya adalah asuransi jiwa. Hal ini bertujuan agar terjadi kematian, cicilan yang belum dibayarkan oleh debitur akan dilunasi oleh pihak bank. Keluarga debitur pun tidak akan dibebani hutang, sedangkan mobil yang dikredit bisa menjadi peninggalan untuk keluarga debitur.

Namun, kalau beli mobil dari perusahaan leasing, asuransi mobil bersifat wajib. Tujuannya untuk mengantisipasi apabila ternyata di kemudian hari ditemukan informasi bahwa mobil yang dikredit merupakan hasil pencurian, pernah terkena banjir, atau bekas kecelakaan. Jika di kemudian hari mobil hilang atau rusak, pihak asuransi akan mengganti kerugian kepada pihak leasing dan Sahabat.

Tawaran asuransi mobil dalam leasing sendiri meliputi asuransi untuk semua risiko (all risk) atau hanya kalau mobil hilang (total lost only). Asuransi yang lebih menyeluruh tentunya yang all risk karena tidak hanya mengganti kerugian ketika hilang, tetapi juga saat terjadi kerusakan. Namun, perlu diingat, semakin menyeluruh coverage asuransinya, semakin tinggi premi yang perlu dibayarkan.

Itulah perbedaan kredit mobil bekas melalui bank dan leasing. Terlihat kalau masing-masing lembaga memang memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Pertimbangkan mana yang paling sesuai untuk Sahabat sebelum mengambil keputusan akan kredit lewat bank atau perusahaan leasing.

Nah, kalau yang ingin Sahabat beli adalah mobil bekas, cari dahulu mana mobil bekas paling idaman, dilihat dari segi harga maupun kualitas. Sahabat dapat mencarinya di situs Garasi.id yang memiliki banyak pilihan mobil bekas. Apa pun jenis mobil yang Sahabat Garasi inginkan, langsung saja kunjungi Garasi.id sekarang juga!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Jan 2019 | 14:29 WIB
BAGIKAN