Aki Mobil
Aki Kering atau Aki Basah yang Lebih Baik?

Untuk Kendaraanmu Aki Mana yang Cocok, Basah atau Kering?

19 Nov 2020 | 16:51 WIB

Aki pada kendaraan bermotor, dapat digolongkan atas dua jenis. Di tengah masyarakat, penyebutan untuk kedua jenis aki biasanya menggunakan aki basah dan aki kering. 

Pada dasarnya nih Sahabat Garasi, semua jenis aki (kering dan basah) tetap menggunakan cairan elektroda (biasa disebut air aki). Namun, pada jenis aki kering, cairannya lebih padat dan berbentuk gel. Aki basah biasanya membutuhkan perawatan rutin. Berbeda dengan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau maintenance free (MF).

Untuk Kendaraanmu Aki Mana yang Cocok, Basah atau Kering?

Harga aki kering biasanya relatif lebih mahal dibanding aki basah. Sebagai contoh, salah satu jenis aki kering merek GS Battery untuk mobil tipe seperti Toyota Avanza dibandrol dengan harga Rp 927.000. Di sisi lain, aki basah dengan merek dan untuk mobil tipe yang sama dijual dengan harga Rp Rp 799.000.

Terkait Aki, pasti Sahabat Garasi jadi penasaran. Sebenarnya Aki apa yang cocok untuk kendaraan kesayangan Sahabat. Aki mana yang lebih baik sebenarnya tergantung selera pemilik mobil. Manager Product Cakra Motor 11 menyebut tipe pemilik mobil yang hobi merawat kendaraan cenderung memilih aki basah.  

"Aki basah lebih awet. Dengan catatan volume airnya selalu dijaga. Biasanya harus rutin dicek setiap dua bulan. Kalau untuk kendaraan operasional seperti taksi online, sebaiknya lebih cepat, misalnya setiap satu bulan," ucap Ida dalam bincang virtual bersama Garasi.id, Jumat (13/11).

Untuk Kendaraanmu Aki Mana yang Cocok, Basah atau Kering?

Sementara pemilik mobil yang cenderung tidak sempat merawat kendaraan, misalnya karena sibuk kerja, sebaiknya menggunakan aki kering karena aki ini tidak perlu perawatan rutin alias maintenance free. Kamu juga bisa membaca 7 Penyebab Aki Mobil Soak dan Solusinya

"Namun, aki kering rata-rata kalau sudah 1,5 tahun atau 2 tahun harus diganti dengan yang baru. Maksimal usia pakainya segitu," terang Ida menjelaskan.

Untuk Kendaraanmu Aki Mana yang Cocok, Basah atau Kering?

Nah Sahabat Garasi, sekarang terjawab kan Aki apa yang cocok dipilih untuk kendaraanmu. Dan untuk Sahabat yang ingin membeli aki dan mendapatkan diskon, bisa nih langsung cek Cakra Motor 11 di Garasi.id. Tiap pembelian oli dan aki mobil baru melalui Garasi.id bisa mendapatkan diskon hingga 25% dan juga mendapatkan layanan Home Service atau Gratis pengiriman. Wah menarik bukan Sahabat promonya, yuk buruan cek promonya sekarang.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 19 Nov 2020 | 16:51 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

promoakidanolidiskon25%Cakramotor11Garasiidhomeservice
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family