Aki Mobil 'Soak'
Jump Start Aki Mobil

Aki Tekor? 'Jump Start' Dengan Cara Ini

19 Jan 2018 | 11:00 WIB
BAGIKAN

Bagi Sahabat Garasi pemilik kendaraan pribadi, pasti mengetahui bahwa yang namanya aki memiliki masa waktu tertentu. Jikalau aki sudah memasuki beberapa tahun setelah dibeli (biasanya 4-5 tahun pasca keluar dari dealer), biasanya aki akan mulai ngadat karena pemakaian dan kondisi yang mulai menurun.

Aki Tekor?  'Jump Start' Dengan Cara Ini

Hal tersebut tentu saja akan cukup sulit untuk diprediksi, mengingat terkadang sebaik-baiknya pemilik mobil merawat kendaraannya akan ada satu momen di mana aki akan keluar dari pengawasan dan kemudian mengalami hilang tenaganya atau sering disebut 'soak'.  Dan untuk mengatasinya, seperti dilansir dari Otosia.com, Chris Fix melalui akun Youtubenya memberikan tips bagaimana cara melakukan metode Jump Start.

Jump start sebetulnya adalah istilah di mana satu mobil membantu mobil lain supaya tetap bisa menyala menggunakan aki yang masih bagus. Perlu diketahui, bahwa melakukan jump start harus tetap memperhatikan jumper yang dipergunakan. Bagaimana kutub dari jumper aki tak boleh bersentuhan saat sudah direkatkan pada aki yang masih sehat.

Aki Tekor?  'Jump Start' Dengan Cara Ini

Kutub positif dan negatif yang sudah direkatkan menggunakan penjepit juga harus dijaga supaya tak mendapatkan konduktor yang terhubung dengan tangki bahan bakar supaya tak mengalami letupan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menempel jumper negatif pada aki yang sudah rusak ke konduktor yang mengarah ke ground. 

Nah bagaimana Sahabat Garasi, sudah cukup paham kan untuk metode Jump Start saat aki kendaraan 'Soak' tiba-tiba.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 19 Jan 2018 | 11:00 WIB
BAGIKAN