Anak Garasi, Plat Nomer "Ganti Warna" Masih Tahun 2019 Ternyata

Anak Garasi, Plat Nomer "Ganti Warna" Masih Tahun 2019 Ternyata

28 Sep 2017 | 13:31 WIB
BAGIKAN
Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa memberikan usul agar warna dasar plat nomor kendaraan bermotor diganti dari hitam menjadi lebih terang. Tujuan utama, agar lebih mudah terdeteksi oleh CCTV, ketika melanggar lalu lintas, dan lain sebagainya.  Terkait pemberitaan tersebut, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa, mengatakan, penetapan warna plat nomor baru, ternyata tidak diimplementasikan tahun ini.  aturan baru itu akan dilaksanakan secara bertahap pada 2019. Meski belum dipastikan, tetapi warna plat kemungkinan dari hitam menjadi putih.

Anak Garasi, Plat Nomer "Ganti Warna" Masih Tahun 2019 Ternyata

Prosesnya disebut-sebut perlu melakukan perubahan terhadap regulasi terlebih dahulu, sebagai dasar hukum. Saat ini aturan mengenai warna pelat nomor, tercantum di dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012. "Iya regulasinya perlu diubah terlebih dahulu. Sementara targetnya bisa diimplementasi bertahap tahun 2019," ujar Royke Lumowa, Rabu (27/9/2017).

Royke juga menambahkan, kalau teknis pelaksanaannya untuk tahap awal akan diberlakukan bagi kendaraan baru. Kemudian juga ditujukan bagi mobil atau sepeda motor yang habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lima tahunan. 

Meski baru akan mulai diberlakukan tahun 2019, tetapi Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) sudah mulai menggelar rapat sosialisasi pelayanan SIM, BPKB, STNK, dan TNKB. Di mana dalam salah satu arahannya menyangkut penggantian warna plat nomorDari akun resmi NTMC_Polri, sosialisasi dipimpin langsung oleh Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Risyapuddin, mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa. Acara dihadiri 132 peserta dari perwakilan tiap Polda se-Indonesia yang bertugas sebagai Operator SIM, Bintara Material, Regident serta para Kasubdit masing-masing Ditlantas Polda.


Foto : Internet

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 28 Sep 2017 | 16:10 WIB
BAGIKAN