Mudik 2018
Antisipasi Ganti Ban

Antisipasi Ganti Ban Saat Mudik, Siapkan Barang-barang Ini di Mobil

03 Jun 2018 | 12:00 WIB

Mudik libur lebaran tinggal sebentar lagi, selain persiapan sebelum keberangkatan, hal lain yang perlu diperhatikan saat perjalanan mudik dengan mobil pribadi adalah antisipasi untuk pergantian ban. 

Meski ban yang digunakan masih dalam kondisi baik, mengantisipasi kemungkinan adanya masalah di perjalanan sehingga memaksa dilakuannya pergantian ban dinilai tetap perlu dilakukan.

Antisipasi Ganti Ban Saat Mudik, Siapkan Barang-barang Ini di Mobil

Untuk kondisi seperti ini, Michelin Indonesia menyebut ada beberapa barang-barang yang sebaiknya dibawa di dalam mobil saat perjalanan mudik nih Sahabat. 

Berikut daftarnya: 

1. Kunci Roda dan Dongkrak 

Kedua alat ini sangat dibutuhkan untuk melepas ban yang mengalami masalah dengan ban cadangan. 

2. Sarung Tangan 

Sarung tangan tebal dinilai perlu dibawa untuk mengantisipasi seandainya ban yang akan dilepas tertutup lumpur. 

3. Papan 

Papan disarankan dibawa mengantisipasi untuk pijakan dongkrak seandainya alas tanah yang dipakai lembek dan berpotensi membuat dongkrak tenggelam.

Sementara itu dari Bridgestone Indonesia menyarankan setelah ban cadangan terpasang, pengendara tidak langsung menggeber kendarannya. Selama jarak 200 kilometer, kecepatan disarankan tidak boleh lebih dari 60 km per jam. Tujuannya supaya terbiasa dengan ban baru tersebut.

Selain itu untuk mengantisipasi ban kurang angin, pengendara harus tetap menjaga kecepatan sambil mencari tempat yang melayani jasa pompa ban.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 02:03 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelionlinemudik2018tipsotomotifbanjakartasurabayabandungjawa