Arab Saudi
Arab Saudi Cabut Larangan Wanita Mengemudi

Arab Saudi Cabut Larangan Wanita Mengemudi, Aseel Al Hamad Gaspol F1

26 Jun 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Untuk pertama kali dalam sejarah Arab Saudi, wanita diizinkan menyetir mobil. Momen bersejarah terjadi kemarin (24/6), setelah penghapusan larangan wanita mengemudi ini diumumkan September tahun lalu. Hal ini disambut baik para wanita Arab Saudi yang ingin lebih bebas beraktivitas tanpa haknya dibatasi. Sebelumnya, mereka hanya boleh duduk di kursi belakang tanpa dibolehkan menyetir sendiri.

Ratusan ribu wanita langsung mengajukan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Bagi yang sudah memiliki, bisa langsung mengemudi di jalanan umum. Pembebasan ini sangat membantu wanita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kebanyakan dari mereka, butuh untuk mengantar suami bekerja dan anak sekolah.

Arab Saudi Cabut Larangan Wanita Mengemudi, Aseel Al Hamad Gaspol F1

Sebagai salah satu bentuk perayaan pencabutan larangan mengemudi, Aseel Al Hamad, mengitari sirkuit balap dengan menggunakan Jaguar F-Type dan mobil balap Formula. Bagi Al Hamad, inilah saat-saat yang emosional. Bukan hanya bisa berkendara di negaranya sendiri, ia pun menjadi wanita Arab Saudi pertama sebagai anggota Saudi Arabian Motor Federation dan mewakili Arab Saudi di komisi balap wanita untuk FIA.

"Saya menyukai mobil sejak kecil, hari ini sangatlah emosional bagi saya. Ini momen mengemudi terbaik dalam hidup saya. Saya harap seluruh orang di dunia menyebarkan kebahagiaan kami dengan menceritakan kisah mengemudi menggunakan #worlddrivingday," kata Aseel Al Hamad, melansir dari laman Oto.com.

Jaguar ikut ambil bagian dalam perayaan ini, dengan menciptakan World Driving Day sebagai bentuk kebebasan wanita di seluruh dunia. Dalam video yang dirilis resmi, Al Hamad tampak sangat bahagia bisa ngebut di sirkuit balap dalam Jaguar F-Type.

Tapi yang lebih membanggakan lagi, Aseel menjadi wanita Arab pertama yang mengemudikan mobil balap Formula 1. Adalah Lotus Renault E20 milik Renault Sport Formula One Team, ia beraksi di balik kemudi mobil yang pernah dipakai Kimi Raikonen di Grand Prix Abu Dhabi 2012 silam, beberapa jam sebelum GP Prancis 2018 dimulai di sirkuit Paul Ricard.

Pengalaman pertama Aseel dengan mobil F1 terjadi saat latihan dengan tim Renault di Paul Ricard 5 Juni lalu. Ia dilatih langsung oleh engineer dan teknisi tim F1 asal Prancis. Namun bukan berarti ia minim pengalaman di trek balap, jam terbangnya sudah tergolong tinggi. Aseel, seorang pengusaha dan menjadi wanita pertama yang mengimpor Ferrari ke Arab Saudi. Jadi sudah berpengalaman mengemudikan supercar Ferrari di berbagai sirkuit dan ambil bagian dalam track day, workshop atau pelatihan balap.

"Saya menyukai balap dan motorsport dari masih sangat kecil dan mengendarai mobil Formula 1 melebihi impian yang saya pikir mustahil. Melakukannya di hari wanita bisa mengemudi di jalanan Arab Saudi, menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki semangat dan mimpi," kata Aseel.

Foto : Internet

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Jun 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN