Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Ajak Keluarga Roadtrip
Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Ajak Keluarga Roadtrip

Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Ajak Keluarga ‘Roadtrip’

31 Mei 2022 | 10:00 WIB

Sebentar lagi waktu liburan Panjang sekolah ya Sahabat Garasi. Nah, Kamu bisa mempersiapkan liburan bersama keluarga dengan memakai kendaraan pribadi atau mobil.

Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Ajak Keluarga ‘Roadtrip’


Sebelum memutuskan untuk berkendara jarak jauh, ada baiknya mempersiapkan diri agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Persiapan diri tersebut bisa meliputi fisik dan mental. Tentunya, tubuh harus bugar supaya perjalanan jadi menyenangkan. Jangan sampai kurang persiapan diri, perjalanan malah berakhir buruk. 

Ini tips perjalanan jauh agar kondisi badan tetap segar:

  1. Tidur Cukup

Bepergian jarak jauh tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Ada baiknya bagi Kamu untuk memperoleh istirahat cukup sebelum bepergian. Setidaknya Anda menghabiskan waktu tidur selama tujuh jam dalam dua hari berturut-turut untuk mengumpulkan energi. Hindari berkendara jarak jauh setelah melakukan banyak aktivitas, ya. Hal itu dapat membuat tubuh terasa cepat lelah.

  1. Berhenti Setiap 2-3 Jam

Duduk dibalik kemudi setir untuk waktu yang lama membuat tubuh terasa pegal. Maka usahakan untuk berhenti setiap 2-3 jam selama perjalanan dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar kondisi tubuh tetap segar. 

Kamu juga bisa melakukan peregangan badan dengan berjalan-jalan di sekeliling mobil ketika sedang istirahat, supaya badan tidak kaku. Dengan begitu, tubuh lebih bugar ketika harus menyetir kembali. Hindari untuk menyetir antara pukul 1-3 siang. Pada jam-jam tersebut suhu badan sedang menurun dan membuat orang lebih mudah mengantuk.

Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Ajak Keluarga ‘Roadtrip’


  1. Sedia Makanan dan Minuman

Sangat disarankan untuk membawa cemilan sehat sendiri saat bepergian jauh. Dengan membawa cemilan sendiri, Kamu dapat terhindar untuk berhenti mengonsumsi makanan cepat saji di pinggir jalan. 

Kamu juga bisa menyiapkan permen karet untuk dikonsumsi selama perjalanan jauh. Mengunyah permen karet yang dilakukan secara berulang-ulang dapat membuat pengendara terhindar dari ngantuk karena mendapat sirkulasi yang cukup.

  1. Banyak Minum Air Mineral

Mengonsumsi banyak air mineral sangat disarankan ketika Kamu melakukan perjalanan jarak jauh. Hal itu dapat mengurangi Kamu dari dehidrasi dan mendapat pengganti dari cairan yang tubuh yang terbuang.

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Sebelum bepergian jarak jauh, ada baiknya Kamu mencari tahu terlebih dahulu informasi soal perjalanan tersebut. Misalnya, informasi mengenai jalan atau tempat beristirahat. Dengan begitu, kita dapat menentukan di titik mana saja harus berhenti untuk sekadar beristirahat dan meregangkan otot-otot yang kaku atau menghirup udara segar.

  1. Jangan Menyetir Ketika Mengantuk

Jika Kamu dilanda rasa kantuk selama perjalanan, sebaiknya tak perlu dilawan. Lebih baik Kamu mencari tempat beristirahat terdekat untuk bisa memejamkan mata sejenak selama 15 menit. Karena jika lebih dari 15 menit, alih-alih badan segar, kondisi badan malah menjadi lemas.

  1. Hindari Mengemudi di Malam Hari

Secara biologis, tubuh membutuhkan istirahat antara pukul 12 tengah malam hingga jam 6 pagi. Secara otomatis, pada jam-jam tersebut Anda akan merasa lebih mengantuk dari jam-jam lainnya. Usahakan untuk berhenti sejenak jika bepergian pada jam-jam tersebut daripada memaksakan diri, yang justru bisa berbahaya.

Cek Komponen Ini Sebelum Perjalanan Jauh

Masa libur sekolah sebentar lagi tiba banyak masyarakat kerap melakukan perjalanan jauh. Moda transportasi darat dengan menggunakan mobil pun menjadi pilihan utama. 

Beberapa komponen pun wajib dicek sebelum memulai perjalanan:  

  • Filter

Filter pada mobil berfungsi untuk mencegah dan menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke mesin kendaraan. Cek filter pada mobil secara menyeluruh mulai dari filter oli, filter udara hingga filter bensin. Membersihkan filter AC juga tidak kalah penting agar perjalanan tetap nyaman.

  • Wiper 

Di musim hujan seperti sekarang, wiper menjadi salah satu komponen yang wajib dicek. Saat hujan turun deras, pandangan di sekitar mobil menjadi terbatas. Wiper ini berfungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dari air hujan agar pengemudi tetap bisa berkendara dengan mudah.

  • Oli

Ada baiknya untuk mengganti oli sebelum menggunakan mobil untuk menempuh jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk memastikan performa mesin tetap maksimal selama perjalanan.

  • Aki

Diketahui, aki berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai daya listrik bagi komponen lainnya. Jika terdapat masalah pada aki tentu akan menghambat perjalanan. 

  • Lampu

Jangan sampai lampu pada mobil sudah redup apalagi saat ingin bepergian jauh di malam hari. Pastikan lampu sein berfungsi dengan baik karena lampu ini bisa meminimalisir risiko kecelakaan saat mobil berbelok. 

  • Ban

Meski ada ban cadangan, perlu juga untuk mengecek tapak dan tekanan angin pada ban mobil. Umumnya, ban mobil diganti setiap 3 tahun. Segera ganti ban jika kondisi tapak ban sudah melewati tread wear indicator (TWI). 

  • Rem

Rem blong menjadi penyebab kecelakaan yang umum. Diketahui, rem blong adalah saat sistem pengereman tidak berfungsi tidak baik atau bahkan tidak sama sekali. Cek sistem pengereman dan minyak rem terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

  • Cairan Radiator

Selalu cek air radiator pada tangki reservoir. Cairan radiator memastikan agar mesin tidak mengalami overheat atau saat mesin mengalami panas berlebihan.

Jika Sahabat Garasi ingin melakukan servis power steering, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Paket Promo PPKM Toyota dengan diskon jasa servis hingga Rp 299.000. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 31 Mei 2022 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifroadtripperjalananjauh
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family