Kredit mobil
Kredit mobil

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

11 Des 2020 | 11:00 WIB

Membeli sebuah mobil dengan cara kredit bisa menjadi solusi bagi Sahabat yang membutuhkan sebuah alat transportasi dengan cepat, namun dalam kondisi keuangan yang masih terbatas. Tindakan seperti ini mungkin akan sangat menguntungkan bagi sebagian orang, namun juga seringkali justru membuat keuangan menjadi berantakan. Bagaimana bisa?

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Setiap pembelian yang dilakukan dengan cara kredit, akan menimbulkan sejumlah cicilan yang harus Sahabat bayarkan setiap bulannya, dan cicilan ini juga tentu akan dikenai sejumlah bunga oleh lembaga pendanaan. Dengan begitu, kamu memiliki kewajiban untuk membayar cicilan bulanan dalam masa yang cukup lama, bahkan bisa bertahun-tahun ke depan. Pastikan  siap dan memiliki komitmen yang kuat akan hal tersebut, karena jika tidak, maka kamu akan dihadapi sejumlah masalah di dalam keuangan di masa yang akan datang.

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Sebagian besar orang mungkin akan menganggap kredit mobil sebagai hal yang mudah dan tidak membebani, hal itu wajar saja, terutama jika mereka telah mempertimbangkan segalanya dengan baik. Bagaimana dengan Sahabat? Apakah kamu termasuk orang yang sudah sanggup dan mempertimbangkan segalanya, atau sedang menimang-nimang? Nah biar kamu lebih paham mengenai kredit mobil, yuk simak tips jitu di bawah ini agar kamu tidak salah langkah nantinya. 

Susun anggaran dengan bijak

Sebagai langkah awal, Sahabat bisa menyusun ulang anggaran keuangan kamu dengan tepat. Hitung pendapatan tetap yang diperoleh setiap bulannya dan alokasikan ke dalam berbagai pos pengeluaran yang telah ditetapkan dengan bijak dan penuh pertimbangan. Jangan lupa untuk mendahulukan tabungan bulanan , lalu setelahnya kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam berbagai pos lainnya.

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Buat persentase pengeluaran serta kepentingan lainnya, dahulukan kebutuhan pokok dan setelahnya kamu bisa menentukan besaran biaya yang akan digunakan untuk membayar cicilan mobil yang akan kamu beli nanti. Anggaran ini akan membantu Sahabat memiliki sebuah gambaran awal mengenai kemampuan bayar, serta besaran dana yang bisa dialokasikan kepada kredit mobil..

Tentukan leasing yang tepat

Saat ini, ada banyak leasing yang memberikan layanan kredit kendaraan. Sahabat bisa menemukan satu leasing terbaik yang memang memiliki kredibilitas dan juga reputasi yang baik serta bisa dipercaya. Sebelum menentukan pilihan, kamu bisa melakukan perbandingan antara beberapa leasing yang dianggap layak.

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Hal ini bisa Sahabat lakukan dengan mencari berbagai informasi mengenai mereka di internet, atau dengan datang langsung ke kantor cabang mereka yang lokasinya dekat dengan kantor/rumah kamu. Ada banyak hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih sebuah leasing, di antaranya:

  • Reputasi dan layanan yang mereka berikan.
  • Besaran bunga yang mereka terapkan.
  • Kemudahan dalam memenuhi proses persyaratan pengajuan dan juga jangka waktu proses yang mereka butuhkan.
  • Berbagai macam biaya yang harus dibayarkan.
  • Kemudahan pembayaran yang mereka tawarkan.
  • Proses pengambilan BPKB, jika masa cicilan telah usai.
  • Jumlah penalti yang harus bayarkan, jika sewaktu-waktu melakukan pelunasan hutang kredit di awal.

Temukan sebuah perusahaan leasing terbaik dengan mempertimbangkan beberapa poin di atas. Dengan begitu, Sahabat akan mendapatkan layanan kredit yang baik serta mendapatkan manfaat atas pengajuan kredit yang kamu lakukan.

Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan

Saat akan membeli sebuah mobil, maka kamu harus tahu jenis dan tipe mobil apa yang dibutuhkan. Jangan membeli sebuah mobil hanya karena Sahabat ingin terlihat keren atau berkelas, terutama jika tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkannya. Hal seperti ini hanya akan membuat kamu mengalami sejumlah masalah dalam melunasi cicilannya kelak, dan bisa dipastikan mobil akan berujung pada tindakan penyitaan.

Hermas.

Pilih suku bunga terbaik

Komponen bunga adalah salah satu hal yang paling penting untuk kamu pikirkan di dalam mengajukan kredit mobil, karena hal ini akan sangat mempengaruhi besaran cicilan yang harus  dibayarkan dalam pembelian tersebut. Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan pada leasing tertentu, Sahabat bisa membandingkan besaran bunga yang mereka tawarkan dengan penawaran dari perusahaan leasing lainnya.

Hitung dan pastikan Sahabat mendapatkan suku bunga yang ringan dan tidak memberatkan keuangan kamu. Hal ini juga akan sangat dipengaruhi oleh masa cicilan yang Sahabat ajukan dalam kredit tersebut. Jadi, semakin lama masa kredit yang kamu pilih, maka akan semakin besar hutang bunga yang harus Sahaabat bayarkan.

Lakukan simulasi kredit dan ajukan sesuai kemampuan

Sebelum melakukan pengajuan kredit, maka kamu wajib untuk melakukan simulasi di leasing yang telah pilih. Hal ini akan membantu kamu melihat dana yang Sahabat butuhkan dalam membeli mobil tersebut, termasuk sejumlah biaya lainnya yang akan mereka kenakan pada pengajuan kredit. Sesuaikan jumlah pembayaran kamu dengan kondisi keuangan, terutama untuk biaya cicilan per bulan yang akan dibayarkan.

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Sahabat harus benar-benar memikirkan jumlah cicilan ini dan menyesuaikannya dengan kemampuan keuangan, karena pos pengeluaran ini akan berada dalam anggaran keuangan untuk masa yang cukup lama. Jangan memaksakan diri mengambil masa cicilan yang pendek dengan jumlah cicilan yang terbilang cukup besar, hal ini akan berpotensi mengganggu pos pengeluaran lainnya di dalam keuangan kamu. Sahabat bisa mengajukan kredit mobil tersebut setelah benar-benar yakin dengan kemampuan keuangan yang dimiliki, termasuk dalam membayar cicilan bulanan ke depan.

Hindari membayar uang muka dengan dana pinjaman

Jumlah uang muka yang dibutuhkan dalam pembelian sebuah mobil kredit terbilang cukup besar, yaitu minimal 25% dari harga mobil seperti yang akan Sahabat bawa pulang. Jumlah ini bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah, tergantung dari jenis dan tipe mobil yang akan dibeli. Pastikan kamu memiliki dana pribadi yang bisa dialokasikan untuk membayar keseluruhan uang muka tersebut.

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Jangan pernah meminjam dana untuk membayar uang muka kredit mobil yang akan diajukan, baik itu ke keluarga, teman, ataupun lembaga keuangan lainnya. Tindakan seperti ini hanya akan membuat keuangan kamu menjadi berantakan karena timbulnya sejumlah utang yang datang tiba-tiba mengisi pos pengeluaran. Dengan meminjam dana uang muka tersebut, maka kamu akan memiliki 2 jenis hutang dalam waktu bersamaan dan hal ini akan sangat membebani keuangan kamu di hari yang akan datang.

Begini Cara Beli Mobil Bekas Namun Tetap Berkualitas Dengan Cara Kredit

Ketika kamu memiliki dana pribadi yang jumlahnya lebih besar dari jumlah minimal uang muka yang harus kamu bayarkan dan dana tersebut bisa dialokasikan, maka ada baiknya kamu mengalokasikan dana tersebut untuk membayar uang muka. Dengan begitu, besaran utang kredit yang kamu miliki akan semakin kecil, sehingga jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan juga semakin ringan. Membayar uang muka dalam jumlah yang besar, akan membuat kamu memiliki kesempatan untuk melunasi cicilan hutang kredit dalam masa yang singkat..

Promo #RayakanKebersamaan

Untuk menambah keyakinan lebih ke Sahabat kalau beli mobil bekas atau pre-owned di Garasi.id itu terpercaya dan menguntungkan, Garasi.id memiliki promo #RayakanKebersamaann dengan periode waktu 15 November - 31 Desember 2020. Sahabat bisa membeli Mobil Pilihan dengan Kredit Kilat dan dapatkan DP paling ringan hany 25% saja.

Mau Untung Beli Mobil Bekas? Garasi.id Solusi Paling Tepat

Mobil Pilihan

Mencari mobil bekas berkualitas memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi itu dilakukan seorang diri. Dengan adanya Mobil Pilihan Garasi.id pastinya akan membantu kamu untuk menghemat waktu. Karena Mobil Pilihan Garasi.id adalah koleksi mobil yang mempunyai kualitas terbaik seperti halnya usia mobil muda, kilometer rendah, Inspeksi menyeluruh, dan juga bebas banjir dan bebas tabrakan. 

Kredit Kilat

Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil tercepat.

Bagaimana Sahabat, tenang dan mudah bukan membeli mobil bekas di Garasi.id. Tunggu apalagi, segera temukan mobil idaman kamu di Garasi.id melalui promo Rayakan Kebersamaan dan dapatkan mobil bekas berkualitas dengan DP 25%. Untuk informasi lebih lanjut Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected]

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Des 2020 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

kreditmobilmobilbekaskreditdpringankreditmobildpringangarasiidbcafinance