Garasi.id
Kredit Mobil Bekas di Garasi.id

Beli Mobil Bekas Dengan Cara Kredit? Kamu Harus Siapkan Ini

13 Jan 2019 | 15:39 WIB
Membeli mobil bekas secara kredit bukan lagi hal yang aneh. Kebutuhan masyarakat akan media transportasi yang nyaman dan aman membuat kredit mobil bekas menjadi solusi cerdas bagi Sahabat yang memiliki dana terbatas. Apalagi jika harga mobil impian dirasa terlalu mahal.

Meskipun memiliki kekurangan yang tidak sedikit, tetapi kredit mobil bekas juga memiliki banyak keuntungan yang dapat menutupi kekurangan tersebut. Bahkan jika beruntung, Sahabat Garasi bisa mendapatkan mobil bekas kredit yang performa mesinnya tidak kalah bagus dengan mobil baru.

Baca juga: Bukan Cuma Mobil Baru, Di Garasi.id Beli Mobil Bekas Bisa Dicicil

Beli Mobil Bekas Dengan Cara Kredit? Kamu Harus Siapkan Ini
Agar proses kredit lebih mudah dan lancar, setidaknya ada 4 hal yang harus dipersiapkan. Apa sajakah hal itu? Berikut ulasannya,

1. Uang Muka (Down Payment)
Nah Sahabat Garasi, hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum membeli mobil bekas kredit adalah menyiapkan sejumlah dana segar untuk uang muka. Uang muka merupakan bagian penting dalam proses jual beli secara kredit karena dianggap sebagai tanda jadi dan jaminan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Idealnya, uang muka yang harus calon pembeli bayarkan minimal sekitar 30% dari harga mobil. Jadi, jika mobil bekas impian dibanderol dengan harga Rp100.000.000, paling tidak Sahabat memiliki dana segar sekitar Rp20.000.000 untuk uang muka.

Besar kecilnya uang muka tentu saja berpengaruh pada jumlah cicilan setiap bulan yang harus dibayarkan. Jika dengan uang muka 30% cicilan masih terasa berat, Sahabat bisa menyiasatinya dengan menambahkan uang muka hingga 50% dari harga mobil bekas. Kenapa hanya sampai 50%? Karena jika Sahabat mampu membayar uang muka di atas 50% dari harga mobil, berarti Sahabat memiliki kemampuan untuk membeli mobil secara tunai daripada harus capek-capek mencicil setiap bulannya.

2. Manajemen Keuangan
Agar di masa yang akan datang tidak terjadi hal yang diinginkan, sebelum memutuskan untuk kredit mobil pastikan dulu kondisi keuangan Sahabat cukup sehat dan aman. Karena itulah sebelum memutuskan, tentukan dulu berapa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan
Untuk menentukan cicilan, Sahabat bisa menggunakan simulasi kredit mobil bekas. Misalnya, Sahabat ingin membeli mobil seharga Rp100.000.000 dengan cicilan selama 3 tahun (36 bulan) dan suku bunga 10%, maka perhitungannya adalah,
DP (Uang Muka)    = Rp100.000.000 x 30% = Rp30.000.000
Utang Pokok  (UP) =  Harga Mobil - DP 
               =  Rp100.000.000 - Rp30.000.000 = Rp70.000.000
Cicilan per bulan    =  (UP x (suku bunga x tenor)) +UP : 36 bulan
               =  (Rp70.000.000 x (10% x 3)) + Rp70.000.000 : 36 
               = Rp24.000.000 + Rp70.000.000 : 36 
               = Rp2.611.111
Jadi, cicilan per bulan yang harus dibayarkan sekitar Rp2.612.000. Jika setelah dikurangi cicilan mobil bekas, biaya hidup selama sebulan dan kebutuhan pokok lainnya masih sejahtera, berarti keuangan Sahabat masuk kategori sehat dan bisa membeli mobil secara kredit.

3. Dokumen Terkait
Sama halnya dengan pengajuan kredit rumah atau kendaraan lain, Sahabat akan diminta untuk mengumpulkan sejumlah dokumen penting. Karena itulah, agar proses kredit lancar tanpa hambatan, siapkan semua surat-surat berharga, seperti KTP, buku nikah, Kartu Keluarga, kuitansi rekening listrik, telepon, dan air, slip gaji, serta kartu NPWP jika memiliki.

Selain dapat menghemat waktu dan mempercepat proses pengajuan kredit, pihak leasing atau bank akan menyetujui kredit tanpa berpikir panjang karena semua surat-surat sah telah disiapkan dengan baik. Hal ini memberi kesan bahwa Sahabat adalah orang yang dapat dipercaya.
Beli Mobil Bekas Dengan Cara Kredit? Kamu Harus Siapkan Ini

4. Pengetahuan Dasar Tentang Mobil dan Komponennya
Agar mobil bekas kredit yang dibeli tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari, pastikan Sahabat memiliki pengetahuan dasar tentang mobil. Jika Sahabat merasa ragu, banyak-banyaklah mencari informasi dari media ataupun bertanya kepada saudara dan kerabat yang memahami seluk beluk dunia otomotif. Selain dapat menghindarkan Sahabat dari rasa kecewa, pengetahuan tersebut bisa Sahabat gunakan untuk menggali informasi tentang mobil bekas secara detail.

Namun hal yang dikhawatirkan ketika membeli mobil bekas secara kredit seperti kondisi mobil yang buruk, Garasi.id bisa menjadi solusi Sahabat yang hendak membeli mobil bekas berkualitas dengan cara kredit. Membeli mobil bekas di Garasi.id, Sahabat bisa menggunakan produk Kredit Mobil yang memiliki banyak keuntungan seperti halnya pengajuan pembiayaan yang dibantu oleh BCA Finance atau Dipo Star Finance. Selain itu, pengajuan Kredit Mobil bekas yang Sahabat lakukan bisa diproses cepat karena di bantu dari pihak Garasi.id.

Dengan Kredit Mobil, Sahabat tidak mempunyai alasan lagi kesulitan dalam membeli mobil bekas. Impian Sahabat memiliki kendaraan pribadipun bisa dengan mudah terwujud dengan produk Kredit Mobil dari Garasi.id.

Untuk lebih jelas cara kredit mobil bekas di Garasi.id Sahabat bisa langsung kunjungi ke halaman Kredit Mobil. Di Garasi.id Sahabat akan banyak menemukan mobil idaman dengan kualitas terbaik di Fitur Mobil Pilihan Garasi.id. Selamat mencoba Sahabat.
Foto : Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 06:13 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

kreditnyiciltipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinekreditgarasiidotomotif