Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas di Bawah 50 Juta, Apa Mungkin?

30 Des 2018 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Terdesak oleh kebutuhan, seseorang biasanya memilih untuk membeli mobil bekas ketimbang baru. Dari segi harga, mobil bekas memang lebih terjangkau. Bahkan, dengan anggaran 50 juta, Sahabat sudah bisa membawa pulang 1 unit mobil. Harga ini jauh berbeda dengan mobil baru, bahkan yang termasuk dalam segmen LCGC (low cost green car) sekalipun yang dibanderol sebesar 90-100 juta rupiah per unit.

Sementara itu, tidak semua orang memiliki bujet yang cukup besar untuk membeli mobil. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata penghasilan masyarakat Indonesia saat ini. Oleh karena itu, selain membeli mobil secara kredit, strategi lain adalah membeli mobil bekas di bawah 50 juta rupiah. Sahabat mungkin bertanya-tanya, apakah ada mobil bekas dengan harga sebesar itu? Bagaimana kualitasnya?

Jenis Mobil Bekas Murah

Untuk mencari mobil bekas yang berharga murah, dibutuhkan kecermatan dan keahlian tertentu. Ada berbagai faktor yang membuat mobil dijual dengan harga murah, misalnya lama pemakaian. Biasanya mobil dengan keluaran tahun terlama memiliki harga yang lebih murah. 

Beberapa contoh mobil bekas di bawah 50 juta rupiah tersebut adalah Volvo 960 (1996), Toyota Corona (1996), Nissan Infinity (1998), Hyundai Elantra (1997), Toyota Corolla (1990), dan BMW 520i (1990).  Selain pilihan sedan, ada pula merek lain seperti Kia Carens, Toyota Kijang, Toyota Starlet, Isuzu Panther, Daihatsu Ceria, dan Karimun Dx. 

Meskipun demikian, daftar ini bersifat relatif tergantung pada daerah penjualan atau kondisi mobil tersebut. Tidak tertutup kemungkinan, mobil-mobil ini dijual dengan harga yang lebih tinggi dari patokan karena adanya berbagai pertimbangan.

Baca juga: Teliti Dalam Memilih Mobil Bekas Eropa

Tips Membeli Mobil Bekas Murah

Saat ini, mobil seharga Rp 50 juta sebenarnya sudah langka di pasaran. Jika ada, Sahabat perlu ekstra hati-hati mengecek kondisi mobil supaya kelak tidak rugi karena biaya perawatannya justru lebih banyak. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan:

Carilah mobil di tempat yang tepat seperti halnya Garasi.id. Hal ini akan memudahkan Sahabat bernegosiasi sehingga harga bisa ditekan sesuai bujet yang dimiliki.

Periksa surat-surat yang dimiliki. Jangan sampai, Sahabat berkompromi terhadap hal ini hanya karena harga mobil lebih murah. Ingatlah jika ada risiko besar yang harus ditanggung seandainya mobil tersebut tidak memiliki dokumen yang resmi. Nah, daripada Sahabat repot dan tidak tenang, hindari membeli mobil tanpa dilengkapi oleh surat.

Cermati kondisi mesin mobil. Dengan harga yang sangat murah, bukan tidak mungkin Sahabat mendapatkan jenis mobil yang justru kurang baik atau sering rewel. Kalau sudah begini, percuma saja membeli mobil murah. Biaya perawatannya bisa jadi malah akan lebih mahal.

Pertimbangkan Sebelum Membeli

Sahabat Garasi, membeli mobil murah bisa jadi bukan merupakan satu-satunya langkah yang harus Sahabat tempuh untuk memenuhi kebutuhan terhadap sarana transportasi. Apalagi jika dihadapkan pada beragam masalah merepotkan perihal mesin yang bukan saja menguras kantong, tetapi juga emosi.

Karena itu, Sahabat perlu mempertimbangkan dengan bijak keputusan untuk membeli mobil murah di bawah 50 juta yang berkualitas seadanya. Jika bujet Sahabat memang sangat terbatas, menabunglah untuk membeli mobil dengan kondisi yang lebih baik. Memang cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, jika dihitung-hitung, Sahabat pasti akan merasa lebih beruntung karena nyaman dan tenang dalam mobilitas harian.

Untuk mencari pilihan mobil murah dan berkualitas, berkunjunglah ke Garasi.id, situs jual beli mobil bekas yang tepercaya. Di sini, tersedia beragam alternatif kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Nah, selamat memilih mobil murah, ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 30 Des 2018 | 20:00 WIB
BAGIKAN