Garasi.id
Garasi.id Solusi Jual Beli Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Keluarga, Coba Perhatikan Ini

16 Nov 2019 | 23:00 WIB
BAGIKAN

Sahabat Garasi pasti sudah tahu bahwa sejak lama mobil bekas Toyota Avanza banyak diincar di pasaran mobil bekas. Meski harga mobil bekas Toyota Avanza masih lebih tinggi dibandingkan merek lain tetapi permintaan calon pembeli terhadap jenis mobil bekas MPV keluarga ini masih sangat tinggi.

Namun sebelum membeli mobil bekas Toyota Avanza, Ada baiknya Sahabat memperhatikan sejumlah hal berikut ini. Jangan sampai Sahabat Garasi terbuai dengan harga jual mobil bekas yang murah tetapi sebenarnya kondisinya tidak terlalu baik. Mengapa bisa demikian? Alasannya, Mobil bekas jenis MPV memiliki daya tampung yang cukup banyak sehingga sering digunakan sebagai mobil operasional perusahaan, mobil rental, atau bahkan taksi online, sehingga rekam jejak penggunaannya lebih berat dibandingkan jika hanya digunakan sebagai mobil keluarga.

Beli Mobil Bekas Keluarga, Coba Perhatikan Ini

Belilah Dari Tempat Terpercaya

Waspadalah jika Sahabat mendapat tawaran harga mobil bekas Toyota Avanza yang agak miring. Bisa jadi unit tersebut kondisinya tidak lagi teralalu prima, sering dipakai untuk kegiatan operasional perusahaan yang berat atau mungkin kerap digunakan untuk perjalanan jarak jauh sebagai mobil rental.

Jadi cari tahu tentang latar belakang mobil bekas tersebut, terkait kapan mobil tersebut dibeli, bagaimana rekam jejak pemakaiannya, ke mana tujuan terjauh, spare part apa saja yang telah diganti, kapan terakhir mobil diservis, dan alasan mengapa mobil bekas tersebut dijual. Kamu juga bisa baca Mau Beli Mobil Bekas Ragu Kondisinya? Ini Solusi Yang Paling Tepat.

Untuk mengurangi kekhawatiran, Sahabat bisa mengadalkan Garasi.id sebagai tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya. Selain pilihanya yang banyak, di Garasi.id Sahabat bisa juga menemukan mobil bekas terbaik dengan fitur Mobil Pilihan.

Periksa Mesin Mobil

Memeriksa bagian mesin tentu menjadi hal penting yang harus dilakukan saat membeli mobil bekas seperti halnya mobil Toyota Avanza. Mulailah dari memeriksa mesin utama hingga suku cadang lainnya. Pastikan juga tidak ada karat atau kebocoran di mesin tersebut.

Hidupkan mesin mobil dan periksa saat di-starter, lalu dengarkan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang bagus adalah yang terdengar halus dan tidak kasar. Bila Sahabat kurang paham tentang mesin, bawalah seorang teman yang ahli mengenai hal tersebut.

Jangan lupa mengecek ordometer untuk melihat jarak tempuhnya. Ukuran normal penggunaan mobil dalam setahun adalah 16.000-24.000 km/tahun.

Periksa Eksterior, Interior dan Aksesori Mobil

Selain mesin, tampilan fisik kendaraan juga perlu mendapat perhatian. Bodi yang mulus dan bersih bisa menjadi petunjuk bahwa mobil bekas tersebut dipakai secara apik. Cek juga ban serta interior mobil seperti dashboard, karpet, kualitas jok dan sarungnya. Untuk jok mobil, coba tarik ke belakang dan periksa kualitas pelapisnya.

Beli Mobil Bekas Keluarga, Coba Perhatikan Ini

Periksa semua perlengkapan lain yang ada pada mobil bekas seperti setelan AC, CD, radio, TV, sensor dan kamera parkir (jika ada), termasuk lampu-lampu apakah semua berfungsi dengan baik. Lalu cek bagian kaca dengan membuka dan tutup kaca mobil, wiper, serta buka tutup pintu mobil.

Lakukan Test Drive

Dengan melakukan test drive Sahabat bisa merasakan kenyamanan mobil bekas. Perhatikan kondisi shock breaker dan rem. Jika Sahabat mengerem pada kecepatan 50 Km/jam, semestinya tidak terdengar bunyi mendecit atau getaran pedal rem. Jangan membeli mobil dengan kondisi seperti ini, karena harus ada perbaikan rem.

Coba untuk mengoper gigi dan pastikan semua lancar. Urungkan untuk membeli mobil bekas, jika mobil terasa berat dan berbelok ke kanan atau kiri. Cek kaki-kaki mobil bekas Avanza dengan melewati jalan yang berlubang.

Untuk mobil dengan tahun produksi yang lebih lama, harga mobil bekas Avanza mungkin bisa lebih murah. Namun mobil yang agak tua usianya di atas tiga tahun biasanya mulai mengalami beberapa masalah, terutama pada radiator, oli mesin, minyak kopling, dan minyak rem.

Cek Buku Servis dan Dokumen Mobil

Jangan lupa untuk memeriksa buku servis dan riwayat perbaikan mobil bekas Avanza yang akan dibeli. Mobil yang diservis di bengkel resmi biasanya memiliki nilai lebih. Lalu yang paling penting, jangan lupa memeriksa kelengkapan surat kendaraan seperti (BPKB), (STNK), Noka (Nomor Rangka), Nosi (Nomor Mesin) di dalam kap mesin. Pastikan nomornya sama dengan yang tertera pada BPKB dan STNK.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan oleh Sahabat Garasi agar tidak kecewa saat membeli mobil bekas Avanza. Jangan lupa cek Harga mobil bekas Avanza di Garasi.id untuk informasi harga terbaik!

Selain mobil bekas avanza, tidak afdol bila kita tidak membahas tentang kembaranya yaitu mobil bekas Daihatsu Xenia.

Kembaran Mobil Bekas Toyota Avanza yaitu Daihatsu Xenia

Dewasa ini, mobil pribadi sebagai alat transportasi seperti sudah menjadi kebutuhan. Tidak hanya karena berdaya tampung banyak, kendaraan beroda empat ini juga lebih nyaman dipakai di segala cuaca, baik saat panas maupun hujan. Nah, Sahabat Garasi yang sedang mencari mobil seken berkualitas bagus, ada rekomendasi yang cocok, nih, Daihatsu Xenia!

Beli Mobil Bekas Keluarga, Coba Perhatikan Ini

Siapa yang tak tahu Xenia? Mobil legendaris yang bisa dengan mudah ditemui di jalanan dan garasi-garasi rumah di kota maupun desa ini memang punya peminat yang cukup banyak. Tidak hanya desainnya yang simpel dan tak ketinggalan zaman, performa kendaraan roda empat yang satu ini juga terbilang cukup tangguh.

Mobil ini merupakan wujud kerja sama antara dua perusahaan otomotif besar, Daihatsu dan Toyota, yang berkomitmen untuk memproduksi mobil murah dengan kapasitas jok yang lega. Jadilah Daihatsu Xenia, mobil berharga terjangkau dengan jumlah jok yang bisa diisi tujuh penumpang.

Daihatsu Xenia sendiri termasuk jenis mobil bekas MPV yang tergolong LGCG (Low Cost Green Car) alias mobil bekas murah, tetapi tetap ramah lingkungan. Nah, mobil ini cocok sekali nih dimiliki Sahabat Garasi yang ingin punya kendaraan pribadi, tetapi belum cukup bujet.

Eits, meski terbilang murah, bukan berarti kualitasnya juga murahan. Sahabat Garasi tentu sudah paham kalau Daihatsu dan Toyota adalah perusahaan yang terkenal selalu mengutamakan kepuasan konsumen lewat kualitas produknya yang tak perlu diragukan lagi, tak terkecuali pada Xenia yang tiap tahun rutin mengalami modifikasi dengan tampilan yang selalu lebih oke dari sebelumnya.

Nah, salah satu mobil Xenia yang paling banyak diburu pencinta otomotif adalah Xenia Li Plus, mobil yang merupakan hasil modifikasi dari tipe sebelumnya, Xenia Mi Plus. Mobil ini dilengkapi dengan partisi otomotif yang lebih canggih, salah satunya adalah power steering.

Bukan hanya itu, beberapa perangkat lain pun turut ditambahkan pada mobil Xenia tipe Li Plus, seperti Radio Tape CD Player, Power Windows, serta sensor parking untuk menjamin keamanan dan kemudahan pengemudi ketika memakirkan mobil miliknya. Itu sajakah? Tunggu dulu....

Daihatsu Xenia Li Plus juga sudah memakai velg racing berukuran 13 inci, grill berlapis chrome, pengatur spion elektrik, roof rail yang membuat tampilan mobil makin sporty, serta alarm remote untuk menghindarkan mobil dari tindak pencurian. Jadi, Sahabat tak perlu was-was jika meninggalkan mobil dalam waktu yang lama.

Soal mesin, Daihatsu Xenia Li sendiri menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc atau 1,0 liter. Kapasitas mesin ini sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar. Dengan mesin 1.000 cc, bahan bakar yang dipakai pun akan lebih irit. Ringkasnya, mobil ini memang sangat cocok dipakai individu atau keluarga yang berasal dari kelas menengah.

Harga Mobil Daihatsu Xenia

Sampai pertengahan tahun 2017, Xenia masih merajai pasaran mobil favorit banyak kalangan, terutama kelas menengah. Selain modelnya tidak kuno dan irit bahan bakar, harganya pun terbilang cukup murah, terlebih jika Sahabat membeli Xenia bernomor tahun 2012 ke bawah.

Beli Mobil Bekas Keluarga, Coba Perhatikan Ini

Sedikit rekomendasi, memilih mobil Xenia keluaran tahun 2010 ke atas akan sangat membantu menekan anggaran belanja onderdil dan servis sana-sini, terlebih jika Sahabat membeli mobil bekas. Tidak mau, kan, gaji bulanan habis hanya untuk mengurus mobil?

Lalu, berapa, sih, harga mobil Xenia bekas di pasaran? Harga mobil umumnya berbeda di tiap kota, baik baru maupun bekas. Untuk mengetahuinya secara pasti, Sahabat Garasi bisa mengunjungi Garasi.id, situs jual beli mobil bekas yang lengkap dan tepercaya. Di situs ini, Sahabat akan punya lebih banyak referensi dari berbagai tipe mobil untuk dijadikan bahan perbandingan.

Nah, sudah siap berburu mobil bekas Xenia dan mobil bekas Avanza di Garasi.id?

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 16 Nov 2019 | 23:00 WIB
BAGIKAN