Mobil Bekas di Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

22 Jan 2019 | 14:34 WIB
BAGIKAN

Untuk sebagian orang yang memiliki bujet terbatas, membeli mobil bekas murah menjadi alternatif paling tepat ketika membutuhkan kendaraan roda empat. Tak bisa dipungkiri, harga yang murah memang masih merupakan daya tarik yang sangat berpengaruh. Buktinya, pasar jual beli mobil bekas saat ini masih ramai oleh peminat dari berbagai kalangan.

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

Akan tetapi, perlu dipahami jika di balik tawaran menggiurkan ini, ada berbagai modus yang digunakan oknum tertentu untuk mereguk keuntungan dari pembeli mobil bekas. Nah, supaya Sahabat tidak menjadi salah satu korban modus ini, waspadailah beberapa hal berikut

1. Mobil Bekas Banjir

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

Bekas Banjir

Mobil yang pernah terendam banjir akan bermasalah di kemudian hari. Namun, sebagian besar calon pembeli mobil bekas yang masih awam di bidang otomotif mengakui betapa sulitnya menilai hal ini. Apalagi jika mobil tersebut telah dibersihkan dengan teliti.

Salah satu cara untuk mengecek sisa-sisa banjir adalah dengan melihat pada bagian dalam lampu mobil. Biasanya, bagian ini akan dipenuhi oleh lumpur, kecuali jika lampu telah diganti dengan yang baru. 

Begitu pula pada bagian bawah jok, biasanya ada karat yang masih tertinggal. Telitilah melihat kondisi ini supaya Sahabat mendapatkan mobil yang masih layak pakai serta murah.

2. Rekayasa Odometer

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

Sistem Odometer Mobil

Odometer adalah penunjuk jarak tempuh kendaraan. Besar kecilnya angka yang tertera di odometer bisa menjadi pertimbangan bagi calon pembeli. Besarnya angka di odometer menunjukkan kendaraan tersebut telah lama digunakan atau sering dipakai pada jarak jauh. Hal ini tentu sangat berdampak pada kualitas mobil. 

Sebaliknya, angka yang masih kecil pada odometer bisa digunakan sebagai senjata oleh para penjual mobil bekas untuk meningkatkan daya tawar sehingga harga mobil menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, banyak penjual mobil bekas bermain dengan odometer. Alat ini diputar ke posisi yang lebih rendah sehingga pembeli terkecoh dan menganggap bahwa mobil tersebut masih tergolong baru atau jarang dikendarai. Padahal, setelah digunakan beberapa lama, ada saja komponen atau bagian mesin yang rusak dan tidak berfungsi.

3. Pernah Mengalami Tabrakan

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

Mobil Bekas Tabrakan

Jika mobil sudah pernah mengalami tabrakan, pemilik biasanya juga akan melepas kendaraannya dan memilih untuk membeli yang baru. Supaya cepat laku, harga mobil bekas dibanderol lebih murah. Oleh karena itu, jangan lekas senang jika menemukan mobil bekas murah yang tampilannya tampak memikat. Agar tidak rugi, cek dahulu kualitas mesinnya, ya Sahabat Garasi.

Sebagian besar mobil yang pernah terlibat dalam tabrakan serius tidak akan sama dengan kualitas mobil sebelumnya. Ada saja bagian pada mobil yang berubah dan dampaknya bisa mengancam keselamatan pengguna barunya. Oleh karena itu, perhatikan dengan cermat seluruh kondisi mobil, bukan hanya eksteriornya saja. Jika perlu, ajaklah seorang rekan yang memahami otomotif untuk memastikan Sahabat tidak salah pilih.

4. Status Hukum

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

Status Mobil

Bukan lagi hal yang aneh jika ada beberapa mobil yang kepemilikannya tidak jelas beredar di lapak penjualan mobil bekas. Salah satu indikasinya adalah harga mobil bekas yang diobral menjadi lebih murah. Bukti lainnya, mobil tersebut tidak memiliki dokumen resmi yang memiliki kekuatan hukum.

Jika Sahabat menemukan mobil semacam ini, jangan dibeli meskipun harganya murah. Karena bukan tidak mungkin, Sahabat kelak akan mengalami masalah hukum dengan pihak berwenang. Untuk mencegah hal tersebut, carilah mobil bekas murah di tempat-tempat penjualan tepercaya. Pilih dealer atau situs penjualan mobil bekas yang menawarkan kenyamanan sekaligus keamanan bertransaksi, seperti Garasi.id, situs jual beli mobil bekas online yang bisa diandalkan.

5. Komponen Palsu

Beli Mobil Bekas Murah, Ini 5 Hal Yang Harus Diwaspadai

Komponen Mobil

Calon pembeli biasanya menyukai tampilan mobil yang kinclong. Untuk itu, penjual mobil bekas melancarkan strategi penjualan dengan mengganti beberapa komponen. Sekilas, hal ini adalah keputusan yang cerdas. Bukan hanya dapat menarik minat calon pembeli, harganya pun bisa dipatok lebih tinggi.

Namun, waspadalah terhadap penggunaan komponen palsu atau abal-abal pada mobil karena dapat berpengaruh pada keselamatan Sahabat sebagai pengguna. Contoh sederhana, ban mobil bukan merupakan ban baru, tetapi dimodifikasi sehingga tampak baru. 

Nah, inilah 5 hal yang patut diwaspadai sebelum membeli mobil bekas murah. Agar Sahabat tidak mengalami hal-hal tersebut, Sahabat Garasi perlu meningkatkan kewaspadaan saat memilih mobil bekas.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 22 Jan 2019 | 14:34 WIB
BAGIKAN