Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Tak Mau Rugi, Ini 4 Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mesin Mobil

11 Sep 2020 | 17:30 WIB

Tidak sedikit calon pembeli mobil seken sudah cukup puas dengan tampilan eksterior mobil yang mulus tanpa cacat serta kondisi kabin yang rapi dan bersih. Padahal, hal ini bukan jaminan mobil tersebut berkualitas prima. Tampilan seperti ini bisa dibuat dengan sedikit polesan. Tujuannya tak lain adalah untuk menarik minat pembeli.

Supaya tidak membuat rugi, membeli mobil bekas sebaiknya tidak didasarkan karena pertimbangan keindahan bodi mobil saja. Yang lebih penting dan utama adalah keadaan mesin mobil yang masih bagus. Dengan mengecek hal tersebut secara cermat, calon pembeli bisa menemukan kemungkinan ada tidaknya masalah pada mobil di kemudian hari. 

Untuk itu, perhatikan beberapa standar pengecekan yang wajib dilakukan saat membeli mobil bekas berikut ini.

Mendengarkan Suara Mesin Mobil
Beli Mobil Bekas Tak Mau Rugi, Ini 4 Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mesin Mobil

Kondisi Mobil

Cara paling sederhana untuk menilai apakah kondisi mobil masih bagus atau tidak adalah dengan mencermati suara mesinnya. Mobil yang masih bagus akan terdengar bersuara halus dan konstan. Tidak ada suara benturan atau gesekan. Sementara itu, mobil yang sudah tidak bagus akan bersuara tersengal-sengal atau tersendat ketika dihidupkan.

Supaya pengecekan lebih efektif, bawalah mobil ke tempat yang sepi dan minim suara bising. Lalu, matikan perangkat audio serta pendingin ruangan (AC) yang berpotensi mengganggu penilaian Sahabat. Hidupkan mesin mobil selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu, matikan dan buka atau tutup kap mesin mobil.

Baca Juga : Bebas Cemas Beli Mobil Bekas di Garasi.id Dengan Inspeksi

Memastikan Oli atau Bahan Bakar Tidak Bocor

Cara lain untuk memastikan apakah kualitas mesin mobil seken masih mumpuni atau tidak adalah dengan mengamati ada tidaknya oli atau bahan bakar yang merembes di bawah mobil. Jika tidak ada, arahkan perhatian Sahabat langsung pada bagian mesinnya.

Beli Mobil Bekas Tak Mau Rugi, Ini 4 Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mesin Mobil

Bukalah kap mobil dan lihat kondisi mesin satu persatu. Pastikan tidak ada oli atau cairan lain yang terlihat di bagian ini. Selain itu, amati juga kondisi baut dan mur pada kap mobil. Jika ujung-ujungnya tidak sempurna lagi, konfirmasikan hal tersebut kepada penjual untuk mengetahui penyebab jelasnya.

Pada umumnya, oli yang bocor dan baut yang rusak merupakan indikasi adanya masalah yang pernah terjadi pada mesin mobil. 

Ujung Knalpot yang Bertanda Bahaya
Beli Mobil Bekas Tak Mau Rugi, Ini 4 Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mesin Mobil

Ujung Knalpot

Kondisi ujung knalpot mobil juga memberikan petunjuk yang dianggap cukup akurat untuk membuktikan baik tidaknya kualitas mobil tersebut. Ada beberapa tanda yang bisa Sahabat perhatikan di bagian ini. Bagaimana caranya?

Pertama, bersihkan ujung knalpot dengan kain hingga kering. Lalu, hidupkan mobil dan injak pedal gas beberapa kali. Jika perlu, lakukan putaran hingga beberapa kali. Setelah itu, perhatikan kembali ujung knalpotnya. Mesin yang masih baik biasanya membuat knalpot tetap berwarna cokelat kemerahan.

Nah, jika knalpot mobil tersebut justru berwarna hitam karena jelaga, ini berarti ada yang tidak beres di ruang bakar. Hal ini disebabkan oleh tidak sebandingnya komposisi bahan bakar dengan udara  sehingga pembakaran pun menjadi tidak sempurna. Ini juga berarti kendaraan tersebut akan boros bahan bakar. Selain boros, tenaganya juga biasanya payah.

Tes Jalan untuk Mengecek Akselerasi
Beli Mobil Bekas Tak Mau Rugi, Ini 4 Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mesin Mobil
Test Drive

Setelah melakukan ketiga hal tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan tes dengan menyetir mobil. Ini adalah cara untuk mengetahui kemampuan akselerasi mobil. Idealnya, Sahabat perlu melakukan test drive di berbagai kondisi jalan, mulai dari menanjak, menurun, pada saat macet, atau dengan jarak yang cukup jauh.

Untuk memastikan kemampuan akselerasi mobil, lakukan tes berikut ini. Hidupkan mesin, atur gigi pada posisi satu, injak gas setengah, kemudian ganti ke posisi gigi tiga dengan tetap menginjak gas. Apabila perubahan kecepatan terasa cukup cepat, mobil tersebut berarti masih bagus.

Cara untuk mengetahui tenaganya pun tidak jauh berbeda. Gunakan lintasan jalanan yang memiliki tanjakan tajam dengan kemiringan kurang lebih 20-30 derajat. Apabila mobil bisa melewatinya dengan baik atau tidak meraung-raung, berarti mobil tersebut masih bagus.

Nah, bagi Sahabat Garasi yang ingin membeli mobil seken dengan kualitas mesin yang masih bagus, carilah di Garasi.id. Karena Garasi.id merupakan sebuah situs jual beli mobil bekas berkualitas yang menawarkan banyak pilihan menarik. Selain itu, membeli mobil bekas di Garasi.id Sahabat juga bisa melakukan pembeliaan dengan cara kredit menggunakan pembiayaan dari BCA Finance dan nikmati benefit DP rendah.

Promo #RayakanKemerdekaan

Kabar gembira untuk warga Surabaya dan sekitar, membeli Mobil Pilihan Surabaya dengan periode waktu 17 Agustus 2020 - 30 September 2020 Sahabat bisa mendapatkan keuntungan lebih yang lainnya. Mengusung tema #RayakanKemerdekaan, Garasi.id meluncurkan Promo DP 30% untuk setiap pembelian mobil bekas di Garasi.id. Bekerja sama dengan BCA Finance, setiap konsumen yang membeli unit Mobil Pilihan Surabaya melalui Garasi.id dengan pembiayaan BCA Finance bisa mendapatkan DP 30%, Gratis Voucher Fogging dan juga Proteksi Kemerdekaan dari BCAinsurance yang masa berlaku proteksinya 14 hari. 

Itulah solusi membeli mobil bekas berkualitas dengan kredit mobil DP Ringan dari Garasi.id. Buat Sahabat yang tertarik, bisa langsung cek Mobil Pilihan Surabaya Atau bisa juga hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Sep 2020 | 17:30 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

jualbelimobilbekasmobilpilihansurabayagarasiidotomotif