Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Beli Mobil Keluarga Cuma 178 Jutaan, Mau?

11 Jan 2019 | 14:38 WIB
BAGIKAN

Setelah mendapatkan penyegaran tampilan pada tahun 2015, PT Toyota Astra Motor seakan memisahkan varian Avanza dan Veloz pada jajaran keluarga low MPV ini. Kini terdapat pilihan Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz dalam daftar model yang dimiliki Toyota Indonesia, meskipun secara fisik, tampilan keduanya tetap memiliki kesamaan. Bahkan sebenarnya, pada badge di bagian pintu bagasi Grand New Veloz, masih ada identitas jelas sebagai sebuah keluarga "Avanza".

Beli Mobil Keluarga Cuma 178 Jutaan, Mau?

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas Murah? Pahami Dulu Tipenya

Pada prinsipnya, tak ada perbedaan sosok yang signifikan di antara keduanya, namun Veloz tentunya mendapatkan wajah yang berbeda dan fitur yang lebih lengkap. Secara umum, Veloz tampil lebih sporty, bahasa desain wajah Toyota terbaru yaitu "keen look" lebih kuat di sini, sekilas, tampilan wajah Veloz mirip dengan wajah sedan medium mereka, Toyota Vios. Jika pada Avanza grille dan airdam tampak menyatu, pada Veloz, kedua bagian ini terpisah lebih tegas.

Lampu utama Veloz telah mengadopsi tipe proyektor meski belum menggunakan lampu HID, hanya halogen biasa. Sementara di bagian buritan, lampu belakang mendapatkan ornamen reflektor tambahan di bagian pintu yang membuat lampunya tampak besar. Yang juga membedakan Veloz dengan Avanza adalah lampu belakang yang telah mendapatkan aksen gelap (smoked glasses) sehingga tampil lebih sporty. Secara keseluruhan tak ada perbedaan dimensi pada Avanza dan Veloz facelift ini.

Kabin

Beli Mobil Keluarga Cuma 178 Jutaan, Mau?

Di bagian dalam, perubahan paling tampak hadir dari nuansa warna gelap yang kini mendominasi interior Veloz. Hal ini sekali lagi menjadikan kabinnya berkesan mewah, meskipun beberapa material plastik tampak kurang berkualitas. Namun, penggunaan beberapa panel beraksen aluminium cukup membantu untuk menguatkan kesan mewah dan sporty-nya ini. Di bagian tengah dashboard kini juga telah mendapatkan head unit audio baru dengan layar sentuh berukuran 6,1 inci dan kemampuan koneksi dengan ponsel via Bluetooth.

Pada lingkar kemudi kini telah terdapat tombol pengontrol audio. Dengan dilapisi kulit, setirnya kini menawarkan genggaman yang lebih mantap. Sementara panel instrumen juga mendapatkan sentuhan penyegaran berupa kombinasi warna biru-putih yang baru. Di sini, baik Avanza maupun Veloz juga telah mendapatkan indikator "eco" yang dapat memberi tahu Sahabat untuk berkendara lebih hemat bahan bakar.

Performa dan Efisiensi

Salah satu perubahan paling signifikan hadir dari penggunaan mesin baru di balik kap mesinnya. Pada Veloz mesin barunya menggunakan 2NR-VE, 4-silinder 1,5 liter Dual VVT-i menggantikan mesin lama 3SZ-VE. Mesin baru ini menyuguhkan tenaga puncak hingga 104 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm pada 4.200 rpm.

Berkat katup variable ganda yang kini digunakan Veloz, pengaturan bukaan katup tak hanya pada jalur masuk (intake), namun juga pada jalur keluar (exhaust). Keunggulannya adalah efisiensi yang lebih baik pada ruang bakar sehingga tenaga yang dihasilkan lebih baik. Selain itu emisi gas buang yang dihasilkan juga rendah karena sebagian gas buang ada yang dapat diproses kembali di ruang bakar. 

Fitur Keselamatan dan Harga

Baik Avanza maupun Veloz terbaru telah mendapatkan fitur keselamatan baru yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Yang pertama adalah hadirnya Side Impact Beam pada kedua sisi mobil, kemudian sabuk keselamatan 3-titik untuk penumpang tengah baris kedua serta sistem pengereman dengan ABS untuk semua varian. Di kursi baris kedua juga kini terdapat ISOFIX untuk pemasangan kursi anak (baby seat). Dan di bagian konsol dashboard telah terdapat lampu peringatan untuk penggunan sabuk keselamatan penumpang depan. Semua fitur tersebut, ditambah dengan hadirnya dual SRS airbag di depan menjadikan Avanza dan Veloz sanggup mendapatkan 4 bintang pada uji tabrak Asean NCAP.

Saat ini, banderol harga Veloz 1.5 terbaru mencapai Rp 230,5 juta (on the road Jakarta), dengan semua penyempurnaan yang telah diberikan Toyota, mobil ini semakin memberikan peningkatan yang menyenangkan bagi konsumennya. Di kelas low MPV, Veloz 1.5 bertarung langsung dengan Honda Mobilio RS, Suzuki Ertiga Dreza dan Nissan Grand Livina HWS. Meski begitu, keunggulan Toyota dalam hal layanan purna jual dengan jaringan dealer Toyota yang lebih luas, membuat mobil ini lebih nyaman untuk dimiliki. Tak heran jika keluarga Avanza tetap bertahan sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Untuk Sahabat yang tertarik untuk meminang mobil keluarga dari Toyota ini, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekasnya dengan harga 174 Jutaan di Mobil Pilihan Garasi.id.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Jan 2019 | 14:38 WIB
BAGIKAN