Beli mobil tunai
Beli mobil tunai

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

30 Sep 2020 | 10:00 WIB

Memiliki sebuah mobil memanglah salah satu hal yang semua orang impikan. Padatnya aktivitas membuat hampir semua orang memilih untuk membeli mobil. Mobil bukanlah barang yang mudah untuk dibeli karena harganya yang cukup tinggi. Ada beberapa orang yang mengatakan, untuk membeli sebuah mobil lebih baik langsung membayar tunai (cash) ketimbang diangsur (kredit). Namun, apakah dengan argumen tersebut berarti dengan membeli mobil secara tunai lebih menguntungkan?  Baik itu tunai atau kredit, sama sama memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

Membeli mobil bekas tunai

Saat ini banyak sekali varian mobil yang bisa Sahabat dapatkan di manapun hanya bermodalkan internet. Mulai dari harga miliaran hingga 100 juta bisa kalian cari dan dapatkan di situs jual beli mobil bekas online. Dari rentang harga tersebut, jenis mobil MPV dan LCGC masih menduduki puncak klasemen karena harga yang ramah dan fungsinya yang sangat membantu aktivitas masyarakat. 

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Karena harganya yang terjangkau tersebut, Sahabat jangan terburu-buru untuk membeli mobil secara tunai. Jika Sahabat memang sedang merencanakan membeli mobil pre-owned (mobil bekas) secara tunai, yuk simak kerugian-kerugian yang perlu kamu ketahui. 

Tidak Punya Dana Darurat

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Membeli mobil secara tunai sebenarnya sah-sah saja jika memang ada dana  yang tidak digunakan untuk apa-apa. Namun, jika sewaktu-waktu ada keperluan yang membutuhkan biaya yang besar Sahabat tidak mempunyai dana tersisa karena sudah digunakan untuk membeli mobil. Apalagi jika memang Sahabat ingin menabung agar bisa membeli mobil secara tunai membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Harus Mempersiapkan Sejumlah Uang

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Misalnya, Sahabat ingin membeli mobil seharga 100 jutaan dan kamu berniat menabung sebanyak 2 juta per bulannya. Maka waktu yang diperlukan kurang lebih 50 bulan atau sekitar 4 tahunan untuk bisa terkumpul. Dengan waktu selama itu, apakah Sahabat yakin menunggu? Belum lagi inflasi setiap tahun yang membuat nilai mata uang berubah-ubah.

Tidak Ada Proteksi Asuransi

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Kekurangan membeli mobil tunai lainnya adalah tidak adanya proteksi asuransi yang diberikan. Jadi, kalau sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti menabrak, Sahabatlah yang harus menanggung sendiri kerugiannya termasuk pihak yang ditabrak. Dengan membeli mobil secara tunai, kamu harus menanggung resiko seperti itu termasuk biaya kerusakan komponen yang diakibatkan kelalaian selama menggunakan mobil.

Bukan Prioritas Dealer

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Kerugian membeli mobil secara tunai adalah biasanya bukan dijadikan prioritas oleh beberapa penjual. Ada beberapa fakta dimana para penjual lebih senang jika pembeli membeli mobil secara kredit, umumnya saat membeli mobil baru. Namun tidak jarang juga ditemukan pada penjual mobil bekas. Walaupun begitu, keputusan untuk membeli mobil secara tunai atau kredit kembali kepada pembeli. 

Tidak Menambah Poin iDeb

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Bagi Sahabat yang sering mengambil kredit dari lembaga keuangan baik lewat cicilan kartu kredit atau pinjaman, secara otomatis akan langsung memperbarui Informasi Debitur (iDeb) miliknya. Jika kamu orang yang disiplin dan tidak pernah telat membayar cicilan, skor kreditmu akan mendapat nilai yang baik di iDeb dalam SLIK OJK. Dengan catatan skor yang baik, akan membuka peluang untuk mendapat pinjaman KPR atau kredit lainnya. Nah, jika Sahabat membeli mobil secara tunai, skor iDeb yang kalian miliki tidak akan bertambah. Sayang bukan? 

Keuntungan Membeli Mobil Tunai

Itulah beberapa kerugian dari membeli mobil secara tunai, lantas apa saja sih kelebihan dari membeli mobil pre-owned (mobil bekas) secara tunai? Yuk simak di bawah ini.

Tidak Memiliki Beban Bulanan

Dengan membeli secara tunai, Sahabat tidak akan dibebankan pembayaran bulanan. Pembelian secara tunai  hanya berat di awal. Selanjutnya, kamu akan merasa terbebas karena tidak ada beban pikiran pembayaran kredit bulanan.

Tanpa Bunga

Dalam pembelian mobil pre-owned secara tunai, kamu tidak harus membayar bunga bulanan yang memberatkan. Jika kita hitung, bunga kredit yang dibayarkan tergolong cukup besar. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika membelinya secara tunai.

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Bagaimana Sahabat, apakah kamu tertarik untuk membeli mobil pre-owned (mobil bekas) secara tunai? Apakah kamu sudah mempertimbangkan baik-baik di situasi pandemi ini kita harus benar-benar menjaga anggaran keuangan kita dengan baik. Banyak informasi yang bisa Sahabat dapatkan di media sosial berapa biaya yang harus ditangguhkan jika kita terkena Covid-19. Amit-amit Sahabat terpapar virus tersebut sedangkan baru beberapa bulan yang lalu membeli mobil secara tunai kamu sudah pasti tidak memiliki dana simpanan untuk membayar biaya rumah sakit bukan?

Beli Mobil Pre-Owned Kredit Lebih Menguntungkan. Ini Faktanya

Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi alangkah baiknya kita memilih untuk membeli mobil secara kredit. Biar Sahabat lebih paham apa saja keuntungan dari membeli mobil secara kredit simak di artikel 5 Fakta dan Bukti Bahwa Kredit Mobil Bekas Menguntungkan yang Perlu Diketahui. Selain itu, untuk meringankan beban dan mewujudkan untuk memiliki sebuah mobil pre-owned impian, Garasi.id punya prgoram menarik nih. 

Program DP Ringan Mobil Pre-Owned

Dimasa pandemi seperti sekarang, sangat disarankan untuk mengambil kredit mobil bekas dengan DP 30%. Kenapa harus 30%? DP 30% merupakan DP paling rendah bila dibanding dengan standar DP dari lembaga pembiayaan lain yang memiliki standar DP lebih dari 35%. Kamu juga bisa membaca Pembeliaan Mobil Bekas atau Pre-Owned Dengan DP Ringan, Bisa Jadi Pertimbangan

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Beli Mobil Bekas atau Pre-owned Secara Kredit

Untuk bisa mendapatkan DP 30%, Sahabat bisa mendapatkanya di Garasi.id pada promo #RayakanKemerdekaan. Bagi Sahabat yang membeli Mobil Pilihan dengan periode waktu 17 Agustus 2020 - 30 September 2020 Sahabat bisa mendapatkan keuntungan lebih yang lainnya. Garasi.id meluncurkan Promo DP 30% untuk setiap pembelian mobil bekas di Garasi.id. Bekerja sama dengan BCA Finance, setiap konsumen yang membeli unit Mobil Pilihan melalui Garasi.id dengan pembiayaan BCA Finance bisa mendapatkan DP 30%, Gratis Voucher Fogging, dan juga Proteksi Kemerdekaan dari BCAInsurance.

Nah itulah alasan kenapa membeli mobil bekas secara kredit dengan DP 30% sangat di sarankan. Jadi buat Sahabat yang berencana membeli mobil di masa PSBB Jilid II ini, inilah waktu yang tepat Sahabat. Kapan lagi beli mobil bisa DP 30% dengan lembaga pembiayaan yang sangat terpercaya seperti BCA Finance. Untuk info lebih lanjut Sahabat bisa langsung cek Promo Kemerdekaan. Atau bisa juga hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 30 Sep 2020 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek