Cek Interior dan Eksterior Saat Bei Mobkas
Mobil Pilihan Garasi.id

Berencana Beli Mobil Bekas? Ini Bagian yang Wajib Kamu Periksa

02 Feb 2019 | 14:00 WIB
BAGIKAN

Kondisi mesin mobil biasanya dianggap penting ketika membeli mobil bekas. Meskipun demikian, bukan berarti eksterior dan interior mobil tidak penting untuk diperhatikan. Bukan hanya agar mobil tampil lebih menarik, ternyata bagus tidaknya kondisi eksterior dan interior mobil bisa menjadi penanda penting adanya kerusakan pada bagian mesin.

Nah, bagi Sahabat yang berniat beli mobil bekas, jangan luput memperhatikan beberapa hal berikut agar mobil pilihan Sahabat benar-benar dalam kondisi prima.

Berencana Beli Mobil Bekas? Ini Bagian yang Wajib Kamu Periksa

Perhatikan Warna Ujung Knalpot

Sangat wajar jika penjual berupaya membersihkan seluruh bodi mobil, termasuk ujung knalpot sebelum menawarkan produk tersebut ke pasar. Tujuannya tak lain adalah supaya calon pembeli lebih tertarik dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

Nah, melalui ujung knalpot, ternyata kondisi mesin mobil bisa dideteksi, lho. Caranya adalah dengan menghidupkan mesin dan menyentak pedal gas beberapa kali. Jika perlu, lakukan test drive selama beberapa saat. Kemudian, perhatikan kembali ujung knalpot mobil tersebut.

Adanya warna hitam yang diakibatkan jelaga pada knalpot merupakan pertanda masalah di ruang bakar. Pembakaran yang tidak sempurna ini bisa mengakibatkan borosnya bahan bakar. Dampak lainnya, tenaga mobil biasanya terasa payah.

Selain warna hitam, adanya rembesan oli dan asap yang menyembur menunjukkan beberapa kondisi buruk, yaitu seal yang aus pada mesin, klep yang bermasalah, atau bahkan piston yang tidak berfungsi maksimal.

Perhatikan Karat di Bawah Jok

Sebelum beli mobil bekas, Sahabat juga perlu memeriksa bagian bawah jok mobil. Apabila di bagian itu ada karat yang tampak sulit dibersihkan, bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir.

Perlu diketahui, mobil yang pernah terendam banjir akan bermasalah pada sistem kelistrikan dan mengakibatkan kerewelan dalam jangka panjang. Sahabat tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Jadi, pastikan terlebih dahulu dengan menanyakan riwayat mobil tersebut langsung kepada pemilik sebelumnya. Seandainya masih ragu, lebih baik carilah pilihan lain.

Perhatikan Bodi Mobil

Sahabat perlu mengamati apakah bodi mobil pernah dicat ulang atau bahkan dilapisi dempul. Caranya adalah dengan mengetuk bodi mobil. Apabila terdengar kurang nyaring, berarti mobil pernah didempul.

Selain membuat warna mobil menjadi lebih cepat kusam, penggunaan dempul merupakan pertanda yang kurang baik. Bisa jadi, mobil bekas tersebut pernah mengalami tabrakan. Jika ini yang terjadi, kondisi mobil bisa dibilang tidak terlalu nyaman dan aman lagi untuk dikendarai. Bukan tidak mungkin akan mengancam keselamatan pengguna di waktu selanjutnya.

Perhatikan Dashboard Mobil

Sahabat Garasi, sebelum beli mobil bekas, Sahabat juga perlu memperhatikan apakah kondisi interior mobil masih mulus atau ada yang rusak, khususnya pada bagian dashboard mobil. Apabila ada yang rusak atau pecah, ini bisa jadi merupakan indikasi bahwa mobil tersebut pernah terlibat kecelakaan. 

Perhatikan Lampu Indikator

Guna lampu indikator adalah memberikan informasi tentang kondisi mobil tersebut. Misalnya, ada lampu indikator yang menjelaskan kondisi oli mesin. Jika tanda itu tidak berfungsi, Sahabat akan kesulitan untuk mengecek apakah jumlah oli sudah cukup atau sistemnya berjalan dengan lancar.

Indikator kedua berhubungan dengan sistem pengereman. Bila lampu ini menyala, berarti rem tangan belum dibebaskan atau masih dalam kondisi ditarik. Ini juga bisa menjadi indikasi bahwa minyak rem berkurang. Fungsi lainnya adalah untuk mengetahui apakah sabuk pengaman serta pintu sudah tertutup rapat. 

Perhatikan Karet pada Bagian Pintu atau Jendela

Apabila kondisi karet yang mengelilingi bagian pintu atau jendela ini longgar, kebocoran di dalam kabin bisa terjadi, terutama jika mobil dikendarai pada situasi hujan. Tentu saja, hal ini akan mengurangi kenyamanan penumpang karena kabin menjadi basah.

Untuk menghindari itu, perhatikan dengan saksama kondisinya. Jika perlu, lakukan simulasi sederhana untuk mengetahui apakah mobil tersebut bebas dari kebocoran atau justru sebaliknya sebelum beli mobil bekas. 

Demikian 6 cara mendeteksi masalah pada mobil dengan melihat kondisi eksterior maupun interiornya. Nah, supaya semakin aman dan nyaman dalam bertransaksi, Sahabat dapat mencari mobil bekas terbaik di situs jual beli online tepercaya, yaitu Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat bisa membeli koleksi Mobil Pilihan, dimana mobil bekas yang dijual sudah di inspeksi, dengan kondisi mobil yang masih bagus karena kilometer rendah dan mobil tahun muda.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 02 Feb 2019 | 14:00 WIB
BAGIKAN