Daihatsu Ayla Bekas
Mobil Daihatsu Ayla

Berniat Beli Mobil Daihatsu Ayla Bekas? Bagian Ini Wajib Kamu Periksa!

17 Nov 2020 | 10:47 WIB

Bermain di segmen city car, Daihatsu Ayla tergolong salah satu pelopor LCGC (Low Cost Green Car). Kendaraan roda 4 berbadan mini ini mulai menghiasi dunia otomotif Indonesia sejak 2013 lalu. Setelah beberapa tahun, generasi kedua yang mengusung 3 keunggulan, yaitu stylish, powerful, dan nyaman ini baru muncul pada April 2017.

Meskipun demikian, penjualan mobil Ayla bekas tidak mengalami penurunan. Peminatnya masih terbilang cukup banyak. Harganya memang cukup terjangkau, khususnya bagi kantong first jobber atau keluarga muda yang membutuhkan sarana transportasi di dalam kota. Nah, jika Sahabat berniat membeli Daihatsu Ayla bekas berkualitas prima, berikut kekurangan dan kelebihan serta beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan. Sahabat juga bisa membaca Kekurang dan Kelebihan Toyota Agya

Berniat Beli Mobil Daihatsu Ayla Bekas? Bagian Ini Wajib Kamu Periksa!

Hal yang peru diperhatikan ketika membeli mobil Daihatsu Ayla

1. Buku Servis

Sahabat Garasi, sangat penting mengecek buku servis kendaraan yang akan Sahabat beli karena buku ini berisi catatan perawatan mobil. Di sini akan terlihat riwayat mobil secara jelas dan detail. Hal yang perlu diperhatikan adalah konsisten tidaknya pemilik sebelumnya mengunjungi bengkel untuk melakukan perawatan pada mobil tersebut. Jika lalai melakukan perawatan rutin, bukan tidak mungkin akan terjadi masalah pada komponen dan kinerja mesin. Sayangnya, masalah-masalah ini hanya bisa diketahui pada jangka panjang.

2. Akselerasi

Generasi pertama Daihatsu Ayla memiliki tenaga 65 dk pada 6.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 3.600 rpm. Dengan spesifikasi ini, akselerasinya dianggap kurang mumpuni dibandingkan beberapa jenis mobil murah lainnya. Hal ini sangat terasa pada saat berkendara di kontur jalanan yang menanjak. 

Karena itu, Sahabat perlu memperhatikan hal ini ketika membeli mobil Ayla bekas. Jika perlu, lakukan test drive pada kondisi jalanan yang bervariasi, terutama menanjak.

3. Handling

Mengendarai mobil berjenis ringan seperti Daihatsu Ayla membutuhkan keahlian tertentu. Selain karena bobotnya yang ringan, ban bertipe 155/80 R13 pun menjadi salah satu faktor yang membatasi mobil city car ini untuk lincah di jalanan. Untuk itu, jika Sahabat melaju dengan cepat sambil berpindah jalur, mobil bisa saja terasa limbung. Karena itu, lakukanlah test drive dengan hati-hati sehingga Sahabat bisa mengetahui lebih baik lagi kemampuan mobil tersebut ketika dipacu di jalanan dalam kota yang cenderung mulus.

4. Busi dan Filter Udara

Komponen yang perlu Sahabat Garasi perhatikan ketika membeli mobil Ayla bekas adalah busi dan filter udara. Pastikan kedua komponen ini masih dalam keadaan bagus sehingga Sahabat tidak perlu melakukan penggantian saat hendak menggunakannya. 

Namun, jika mobil diservis secara berkala, hal ini tidak perlu Sahabat khawatirkan. Mengapa kedua komponen ini penting? Keadaan busi dan filter udara yang baik akan membuat getaran pada mesin 3-silinder lebih berkurang.

5. Fitur

Di generasi awal ini, Daihatsu Ayla menyediakan beberapa varian yang memiliki keunggulan berbeda-beda. Jadi, perhatikan apa saja kelebihan tiap varian sehingga Sahabat memiliki gambaran ketika memilih mobil idaman. Bagi yang ingin memiliki mobil dengan fitur yang lengkap, tipe X A/T bisa Sahabat pilih. Di sini, Sahabat akan dimanjakan dengan kehadiran fitur AC dan power window.

6. Kapasitas Penumpang

Selain berbagai hal teknis tersebut, hal lain yang perlu Sahabat perhatikan adalah apakah kapasitas penumpang sesuai atau tidak dengan kebutuhan Sahabat. Perlu diketahui, kabin Daihatsu Ayla yang tergolong mungil idealnya hanya bisa menampung 3-4 penumpang. Oleh karena itu, bagi Sahabat yang merupakan keluarga kecil, mobil ini sangat cocok. 

Setelah paham bagian mana saja yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas (Pre-owned) Daihatsu Ayla, Sahabat juga harus memahami kekurangan dan kelebihannya nih. Untuk lebih jelas, simaklah rangkuman tentang kekurangan dan kelebihan Daihatsu Ayla berikut Ini :

Berniat Beli Mobil Daihatsu Ayla Bekas? Bagian Ini Wajib Kamu Periksa!

Kelebihan Mobil Daihatsu Ayla

- Harga murah dan cukup terjangkau, cocok untuk Anda yang ingin beralih dari motor ke mobil.

- Konsumsi bahan bakar irit bisa mencapai 20 km per liternya.

- Ukuran bagasi cukup luas

- Kabin mobil luas

- Interior mobil di design dinamis dan nyaman untuk berkendara

- Dealer dan spare part murah serta banyak di tiap kota serta mudah perawatannya.

- Lincah di perkotaan dan tidak memakan tempat.

Kekurangan Mobil Daihatsu Ayla

- Fitur pada tipe terendah sangat minim tanpa ac dan power window serta tidak ada dual airbag.

- Bobot mobil ringan, sehingga tidak stabil pada saat melaju di kecepatan tinggi

- Tenaga tergolong kecil hanya 65 ps dan akselerasi kurang cepat, namun cocok digunakan untuk dalam kota.

Sahabat, itulah informasi tentang mobil Daihatsu Ayla yang bisa Garasi.id berikan. Bila Sahabat sudah yakin untuk meminang mobil LCGC ini, pastikan membelinya di tempat yang terpercaya dan aman. Seperti di Garasi.id, sebuah situs jual beli mobil bekas online terpercaya. Di Garasi.id, Sahabat pun bisa menemukan beragam pilihan mobil Daihatsu Ayla bekas dengan kondisi yang berkualitas.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 17 Nov 2020 | 10:47 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbekasdaihatsuaylakekurangandaihatsuaylakelebihandaihatsuaylaGarasiidotomotif