Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Berniat Membeli Mobil Beratap Terbuka? Beetle Cabriolet Pilihan Tepat

29 Nov 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Mobil yang satu ini lebih dari sekadar alat transportasi. Ia merupakan benda ikonik. Gaya atap terbuka alias cabriolet bukanlah hal baru bagi Volkswagen (VW) Beetle. Pada 1949 VW telah menghadirkan Beetle Cabriolet, hingga generasi kedua hadir pada 2002.

Secara desain tidak ada perbedaan mencolok dengan varian Beetle lain nya. Namun ketika melirik mata ke bagian atas, barulah Sahabat melihat sesuatu yang berbeda dari Beetle ini. Yup, atap berbahan kanvas yang dibalut dengan warna hitam menghiasi Beetle Cabriolet hingga ia terlihat eksklusif dibandingkan varian Beetle lainnya.

Berniat Membeli Mobil Beratap Terbuka? Beetle Cabriolet Pilihan Tepat

Soft-top ialah sebutan atap tersebut. Hal itu dikarenakan ia menggunakan bahan yang lunak untuk bagian atap. Berbeda dengan Daihatsu Copen yang juga berjeniskan cabriolet, namun ia menggunakan atap keras (hard-top) untuk bagian atapnya.

Meski ia menganut gaya klasik dari pendahulunya, Beetle terbaru bertabur dengan teknologi yang ada saat ini. Buktinya pada headlamp yang berbentuk bulat menggunakan lampu proyektor dengan ornamen lampu LED yang mengitari hampir setengah lingkaran tersebut.

Melansir dari laman Tribun, Volkswagen berhasil menampilkan keselarasan karena interiornya berwarna orange yang sama dengan bodi. Itu terlihat pada bagian doortrim, setir dan dasbor.

Berniat Membeli Mobil Beratap Terbuka? Beetle Cabriolet Pilihan Tepat

Impresi ketika menggenggam lingkar kemudi yang dimilikinya, terasa sangat kecil hingga tangan yang berukuran kecil pun mampu menggenggamnya.

Berbeda dengan mobil berlabel sport, biasanya ia memiliki diameter lingkar kemudi yang besar. Hal ini menandakan bahwa Beetle asyik digunakan oleh siapa pun, termasuk kaum hawa.

Beetle memiliki dasbor yang sederhana. Hal ini terlihat dari sistem pengaturan sistem pendingin udara yang masih menggunakan knop putar. Tapi jangan khawatir, ia sudah menganut climate control, dengan layar informasi yang terintegrasi dengan headunit.

Untuk membuatnya tampil telanjang tanpa atap, cukup dengan menekan tombol yang terletak di bagian atas, berdekatan dengan spion tengah. waktu untuk proses membuka atau menutup atap adalah 8 detik.

Berniat Membeli Mobil Beratap Terbuka? Beetle Cabriolet Pilihan Tepat

Selain itu, akomodasinya memang terbilang terbatas. Karena sejatinya ia bukanlah sebuah kendaraan yang fokus untuk mengangkut penumpang, melainkan kendaraan yang menunjukan sisi lifestyle dari sang pemilik. Jadi wajar jika bangku baris kedua memiliki space terbatas.

Untuk membuka bagasi belakang, cukup dengan menarik emblem logo VW yang berfungsi juga sebagai tuas untuk membuka bagasi. Walau pintu bagasi ter masuk kecil, namun ketika dibuka, space bagasi yang tersedia cukup untuk menampung barang bawaan untuk bepergian jauh.

Beetle Cabriolet memiliki unit ber kapasitas 1.390 cc dengan tenaga sebesar 160 dk dan torsi puncak 250 Nm pada putaran mesin 1.500-3.500 rpm. Output yang terhitung cukupan untuk menghela tubuhnya

Tidak hanya itu ia juga menggunakan transmisi DSG yaitu transmisi dual clutch yang mampu melakukan perpindahan gigi secara singkat. Tak lupa paddle-shift di balik lingkar kemudi.

Tak kalah menarik adalah handling yang terasa cukup presisi. Wajar jika bantingan suspensi terusik, hingga ia terasa keras saat melewati jalanan berlubang.

Nah buat Sahabat yang tertarik dengan Beetle Cabriolet ini bisa langsung cek di Mobil Pilihan Garasi.id. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 29 Nov 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN