SIM
.

Bikin Dan Perpanjang SIM Harus Tes Psikologi, Berapa Harganya?

26 Jun 2018 | 14:00 WIB

Tes psikologi akan menjadi salah satu syarat saat hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) atau membuat SIM baru, baik untuk pengemudi mobil maupun pengendara sepeda motor.

Rencana tersebut tentunya menimbulkan pertanyaan, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Sahabat untuk mendapatkan syarat tersebut? Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar mengatakan, biaya untuk ujian psikologi ditentukan oleh lembaga yang ditunjuk.

Bikin Dan Perpanjang SIM Harus Tes Psikologi, Berapa Harganya?

"Secara teknis, biaya bisa tanyakan saja langsung ke lembaga psikologi profesional ya. Takutnya saya nanti rilis, tapi ternyata tarifnya berbeda, ya enggak bisa karena kan ini di luar lingkup saya," kata Fahri seperti dilansi dari laman VIVA, beberapa waktu lalu.

Berkaitan dengan tarif, psikolog dari Biro Psikologi Andi Arta, Adi Sasongko mengatakan, biaya untuk ujian psikologi sebesar Rp35 ribu.

"Untuk biayanya, kebijakan yang diinformasikan ke saya itu Rp35 ribu untuk fasilitas golongan SIM A,B dan C. Untuk baru dan perpanjangan, sama saja," kata Adi.

Adi menuturkan, untuk soal ujian psikologi yang akan diikuti dibagi dalam dua golongan, yakni untuk pemohon SIM baru dan pemohon SIM perpanjangan. Untuk pemohon SIM baru akan diberikan 24 soal, sementara yang perpanjangan sekitar 18 soal tes psikologi.

"Standarisasi ujiannya dibedakan jadi dua, yakni pemohon baru dan perpanjangan. Nanti kami keluarkan sertifikat yang sesuai dengan SIM yang diajukan," kata dia.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 02:57 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelinewsotomotifSIMperpanjangtespsikologisyaratberkendarajakarta