Garasi.id
Garasi.id Solusi Jual Beli Mobil Bekas

Bosan Dengan Mobil Sedanmu? Begini Cara Bikin Harga Jualnya Jadi Tinggi

24 Jan 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Punya rencana mengganti sedan dengan jenis mobil baru? Namun, bagaimana jika harga yang ditawar orang, terlalu rendah?

Agar tidak nombok terlalu banyak, Sahabat mungkin akan menjual mobil sedan bekas terlebih dulu sebelum membeli yang baru. Dengan begitu, Sahabat akan memiliki sedikit "modal", untuk kemudian ditambahkan dengan uang tabungan membeli mobil baru. Nah, agar proses lebih cepat, Sahabat bisa memanfaatkan dealer atau showroom mobil bekas dengan risiko, harga mobil sedan bekas bisa lebih rendah daripada yang Sahabat tawarkan.

Sebaliknya, untuk harga lebih "bersaing", Sahabat bisa mengiklankan mobil sedan di beberapa situs jual beli mobil bekas online seperti Garasi.id. Keuntungannya, Sahabat bisa jadi mendapatkan harga yang sesuai atau jika perlu lebih tinggi dari pasaran. 

Adapun berikut adalah empat cara, agar mobil sedan bekas Sahabat dapat dibeli dengan harga tinggi. 

1. Pastikan Kondisi Baik

Bosan Dengan Mobil Sedanmu? Begini Cara Bikin Harga Jualnya Jadi Tinggi

Kondisi Mobil

Tidak semua orang yang ingin membeli mobil rusak atau setidaknya dengan kualitas buruk. Itu sebabnya, pastikan Sahabat memeriksa kondisi keseluruhan mobil, terlebih untuk menemukan kerusakan atau kekurangan (misalnya, kekurangan oli/pelumas lain). Ini bisa mencakup keadaan mesin, kinerja mobil, kaca, jok, cat, hingga surat-surat seperti pajak dan STNK.

Adapun kondisi buruk mobil, bisa saja menjadi celah dan "alasan" pembeli menawar dengan harga "sadis". Jika perlu, Sahabat bisa memperbaiki atau mengganti beberapa elemen mobil terlebih dulu. 

Jangan lupa lakukan tune-up pada mobil sedan, juga paling penting memeriksa kondisi komponen penyelamatan seperti ban, lampu, dan rem. Nah, jika sebelumnya Sahabat melakukan perbaikan atau perawatan, simpanlah nota atau catatan terakhir service. Dengan begitu, calon pembeli bisa mengetahui kondisi dan komponen yang telah diperbaiki. 

Selain meningkatkan nilai, cara ini juga dapat memudahkan si calon pembeli mendapatkan mobil yang "siap" pakai sekaligus mengantisipasi keluhan yang mungkin terjadi setelah kesepakatan jual-beli.

2. Jaga Kebersihan Mobil

Bosan Dengan Mobil Sedanmu? Begini Cara Bikin Harga Jualnya Jadi Tinggi

Merawat Mobil

Tampilan luar mobil adalah satu hal pertama yang akan diperhatikan oleh si calon pembeli. Apalagi, sudah jadi "kebutuhan" pembeli untuk memilih body mobil yang bagus dan masih tampak anyar. Sekalipun sudah digunakan selama bertahun-tahun, Sahabat tetap harus membersihkan mobil secara menyeluruh terlebih untuk menampilkan kesan apik dan terawat.

Bersihkan mobil dengan mendetail, bahkan hingga sudut-sudut terpencil. Jangan sampai ada debu, atau justru aroma apek yang mengganggu. Setidaknya, beberapa hal yang perlu dibersihkan mencakup interior, body, karpet, ban, velg, jendela, hingga parfum mobil. 

3. Harga yang Tidak Terlalu Rendah

Bosan Dengan Mobil Sedanmu? Begini Cara Bikin Harga Jualnya Jadi Tinggi

Harga Standar

Mobil sedan memang masuk dalam kategori tipe "lama". Namun, memberikan harga yang terlalu rendah, sama saja dengan menambah bujet berlebih untuk membeli mobil baru. 

Maka dari itu, pasang standar harga mobil sedan bekas yang tidak terlalu rendah. Jika dirasa belum layak, Sahabat bisa mengiringi keputusan tersebut dengan memperbaiki beberapa elemennya terlebih dulu, atau setidaknya "mengubah" tampilan luar menjadi lebih resik dan terawat. 

4. Jelaskan dengan Jujur

Bosan Dengan Mobil Sedanmu? Begini Cara Bikin Harga Jualnya Jadi Tinggi

Berkata Jujur

Apa pun kondisi mobil, pastikan Sahabat berkata jujur pada pembeli. Seperti halnya, mengatakan langsung kepada konsumen, tentang kondisi AC yang kurang dingin, power steering yang bermasalah, kerusakan akibat sedikit tabrakan, hingga usia dan model sedan yang kini terlihat kuno. 

Adapun efek kejujuran Sahabat tidak akan langsung terasa. Namun, hal ini penting untuk menghindari komplain, sekaligus risiko "black-list" sebab Sahabat akan dianggap penjual yang tidak recommended. 

Baca juga: Mobil Seken Murah Indikasi Bekas Curian, Ini Cara Siasatinya Biar Aman

Itulah empat cara agar mobil sedan bekas Sahabat dapat dibeli dengan harga tinggi. Apa pun yang Sahabat pilih, pastikan menawarkan harga rasional ke calon pembeli, ya. Adapun jangan sampai, harga mobil sedan bekas jadi terlalu tinggi atau justru rendah. Solusinya, bisa dengan mengecek harga pasaran di beberapa sumber, seperti situs jual beli mobil bekas online yaitu Garasi.id. Selain sebagai sumber informasi, di Garasi.id Sahabat juga bisa sekalian menjual mobil bekas sedan Sahabat dan mencari gantinya sesuai bujet yang dimiliki.  

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 24 Jan 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN