Garasi.id
Mobil angsuran ringan

Mobil MPV Bekas Cuma 2 Jutaan, Mau?

08 Nov 2019 | 15:02 WIB
BAGIKAN

Terkadang, masih banyak konsumen yang bingung memilih mobil MPV bekas untuk kendaraan keluarga. Jangan bingung, membeli mobil MPV bekas untuk keluarga lebih mudah dibandingkan berkeluarga.

Mobil MPV Bekas Cuma 2 Jutaan, Mau?

Memilih mobil MPV bekas memang bukan perkara yang gampang. Kecuali jika Sahabat memiliki uang berlebih untuk mengganti kendaraan sesuka hati, memilih kendaraan perlu perhitungan yang matang. Apalagi membeli mobil MPV bekas, terlebih untuk keluarga, ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Pilih ukuran mobil MPV bekas

Mobil MPV bekas tersedia dalam tiga kategori ukuran yang berbeda. Mulai dari mobil MPV bekas low yang memiliki spesifikasi mesin dibawah 1.500 cc. selanjutnya, ada juga mobil MPV bekas yang medium dengan mesin 1.500 sampai 1.800 cc, dan kendaraan mewah Upper MPV seperti Toyota Alphard dan Nissan Serena dengan mesin diatas 1.800 cc. Untuk ukuran, Sahabat bisa memilih mulai dari 5 seater hingga 7 seater.

Mobil MPV bekas ukuran menengah memiliki lebih banyak ruang untuk bagasi dan sering dibeli dalam bentuk 7 seater. Untuk daya angkut 7 orang tapi dengan kabin yang juga besar, Sahabat bisa memilih mobil MPV bekas yang upper. Meskipun lebih mahal, tapi Sahabat bisa memiliki kendaraan dengan daya angkut maksimum untuk tujuh orang dewasa ditambah dengan bagasi mereka.

2. Lima atau tujuh kursi?

Ketika memilih mobil MPV bekas, Sahabat akan dihadapkan dengan pilihan tujuh atau lima kursi. Perhatikan seberapa sering Sahabat membawa tujuh orang penumpang di dalam kendaraan. Jika sangat jarang, Sahabat berpotensi menghemat lebih banyak uang dengan memilih mobil MPV bekas 5 seater.

Jika Sahabat sering membawa tujuh penumpang secara teratur, pastikan Sahabat mempertimbangkan barang bawaan penumpang. Ada beberapa mobil MPV bekas yang hanya menawarkan kursi yang sesak, sulit diakses bagi penumpang dewasa dan hanya cocok untuk anak-anak.

3. Tata Letak tempat duduk dan ruang kabin

Setiap mobil MPV bekas memiliki ruang kabin yang berbeda serta departemen tempat duduk yang beragam. Contohnya kursi belakang yang bisa digeser bisa menjadi bonus bagi penumpang. Jika ruang kabin tidak penuh dengan penumpang, Sahabat bisa memakainya untuk mendorong ke belakang untuk meningkatkan ruang kaki atau mendorong ke depan untuk meningkatkan bagasi.

Namun, beberapa mobil MPV bekas 7 seater hanya memiliki tempat duduk tengah yang kecil di baris kedua. Berarti, jika Sahabat ingin membawa lima orang dengan nyaman, mereka harus duduk di baris ketiga, membatasi ruang untuk kaki yang tersedia.

4. Bagasi yang fleksibel

Salah satu kunci mobil MPV bekas adalah fleksibilitas dan ukuran ruang bagasi yang bisa diatur. Hal ini berguna di mobil MPV bekas jika ingin memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan berbagai bawaan. Contohnya ketika akan mudik atau bepergian jarak jauh, ruang bagasi yang besar tentu saja melegakan.

Periksa apakah mobil MPV bekas Sahabat memiliki lantai bagasi yang luas ketika kursi dilipat. Lalu, perhatikan juga seberapa rendah atap untuk memberi ruang pada beban yang tinggi. Bahkan, sebagian mobil memiliki bagian kecil ekstra di bawah lantai untuk menyembunyikan barang-barang yang akan dibawa.

5. Pintu geser

Mobil MPV bekas telah semakin berkembang dalam hal akses penumpang. Pintu geser adalah salah satu keunggulan mobil MPV bekas untuk mempermudah keluar masuk penumpang, terlebih ketika berada di tempat parkir yang sempit. Akses ke deretan kursi belakang mungkin sulit, tapi ada yang menawarkan kursi lipat di tengah untuk akses ke kursi belakang lebih mudah.

6. Masalah parkir

Sebelum memilih mobil MPV bekas murah, pastikan Sahabat merasa nyaman dengan manuvernya. Karena ukuran mobil MPV bekas, terlebih dengan kesulitan parkir parallel, pastikan mobil MPV bekas pilihan Sahabat memiliki manuver yang mulus untuk mempermudah pengendaraan. Beberapa mobil MPV bekas memiliki visibilitas yang kurang baik, sehingga Sahabat mungkin ingin mempertimbangkan sensor parkir atau kamera belakang.

7. Pilih opsi yang dibutuhkan

Semakin banyak produsen menawarkan beragam pilihan mobil MPV bekas dengan model yang berbeda-beda. Sahabat sebaiknya mengetahui opsi, teknologi atau fitur yang Sahabat butuhkan. Bagi sebagian orang kontrol iklim merupakan fitur penting, tapi tidak untuk yang lain. Item lain seperti navigasi, pemutar dvd, dasbor penuh teknologi terbaru terkadang dibutuhkan, tapi tak sedikit pengemudi yang hanya memilih fitur standar pengemudian biasa.

Jangan mudah terpengaruh, karena mobil adalah investasi jangka panjang, pastikan Sahabat memeriksa segala sesuatu sebelum membeli mobil MPV bekas untuk kebutuhan Sahabat. Dan untuk mencari semua jenis mobil pilihan Sahabat seperti diatas, Sahabat bisa cek di Garasi.id. Kamu juga bisa membaca Ini Dia 10 Mobil Bekas Bandel dan Paling Irit

Mobil MPV Bekas Cuma 2 Jutaan, Mau?

Selain jenis mobil MPV bekas, mobil jenis SUV juga kerap menjadi pilihan keluarga. Namun, Pamor segmen mobil medium SUV di Indonesia sempat menurun. Hal itu terbukti dari data penjualan secara wholesales yang disajikan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Kebanyakan pabrikan yang bersaing dalam sektor ini angka penjualannya tak mencapai 200 unit. Satu-satunya model yang penjualannya di atas 1.000 unit ialah Honda CR-V, tepatnya 1.156 unit selama Mei 2018 kemarin.

Dengan kata lain, Honda CR-V menjadi medium SUV terlaris di Indonesia. Meski demikian, raihan tersebut lebih rendah ketimbang sebulan sebelumnya, April 2018, yang mencapai 2.076 unit.

Nasib berbeda justru dialami Nissan X-Trail. Menurut sumber yang sama, angka penjualan mobil ini meningkat drastis. Pada April 2018, penjualannya hanya sebanyak 43 unit, sedangkan Mei 2018 lalu bisa mencapai 135 unit.

Tak hanya Honda CR-V, tren negatif juga dirasakan Mazda CX-5 yang berada pada posisi ketiga medium SUV terlaris di Indonesia. Selama Mei kemarin, angka penjualannya hanya mencapai 96 unit. Padahal, selama April 2018 bisa sebanyak 136 unit.

Di bawahnya ada Mitsubishi Outlander Sport dengan angka penjualan sebanyak 59 unit. Capaian ini tetap sama dengan bulan April 2018. Namun, raihan Mitsubishi Outlander pada Mei 2018 hanya berasal dari 1 varian, PX AT Action, sedangkan April 2018, dari 3 varian berbeda.

Posisi kelima dihuni oleh Hyundai Tucson yang hanya laku sebanyak 11 unit pada Mei 2018. Sama dengan Mitsubishi Outlander Sport, tak ada perubahan pada capaian Hyundai Tucson.

Meski sempat mengalami penurunan pada tahun lalu, di 2019 mobil SUV kembali bersinar seperti misalnya Toyota Fortuner, Honda HR-V, Mitsubishi Pajero Sport, dan banyak lagi. Nah untuk Sahabat yang tertarik juga dengan mobil Medium SUV, Sahabat bisa cek di Garasi.id. Di Garasi.id kamu bisa membeli mobil MPV bekas ataupun mobil bekas lainnya dengan angsuran ringan yaitu mulai dari 2 jutaan.

Mobil MPV Bekas Cuma 2 Jutaan, Mau?

Angsuran Ringan Dapat Mobil Idaman

Wujudkan impian memiliki mobil pribadi dengan pembiayaan angsuran ringan mulai dari 2jutaan. Walaupun pembiayaan angsuran ringan, kamu pasti mendapatkan mobil bekas berkualitas dan terbaik tanpa membuat kamu ragu untuk membeli. Bila Sahabat tertarik, Sahabat bisa langsung cek koleksi mobil angsuran ringan dapat mobil idaman.

Selain beli mobil bekas,Sahabat juga bisa belanja seputar kebutuhan kendaraan Sahabat dengan jasa dan servis. Yuk buruan temuin mobil MPV bekas impianmu di Garasi.id sekarang juga. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 27 Nov 2019 | 16:52 WIB
BAGIKAN