Berkendara yang aman
Berkendara yang aman

Cara Berkendara Mobil yang Aman, Perhatikan Alas kaki

27 Jul 2021 | 10:01 WIB

Mengemudi dengan nyaman bukan hanya tentang keadaan mobil dan pengetahuan bagaimana cara mengemudi yang baik, tapi juga tentang bagaimana pengemudi bisa mengendarai / berkendara dengan nyaman. Banyak pengendara khususnya wanita yang tidak memperdulikan 

Cara menyetir mobil yang nyaman khususnya ketika memilih alas kaki yang tepat untuk menginjak pedal gas. Bahkan, banyak pengemudi yang memilih pilihan yang buruk dalam hal penggunaan alas kaki.

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Seperti dilansir dari Telegraph, sebanyak 27 persen koresponden mengalami kesulitan saat mengemudi dikarenakan sepatu yang mereka kenakan. Sebanyak 5 persen bahkan mengklaim bahwa penggunaan alas kaki menyebabkan mereka susah mengemudi. Namun pada akhirnya akibat kelalaian sendiri, mereka terlibat kecelakaan karena kehilangan kendali. Jadi bisa dikatakan, cara menyetir mobil yang nyaman bergantung pada pemilihan alas kaki yang tepat.

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Bisa Sahabat bayangkan, jika sebanyak 5 persen dari jumlah total penduduk Indonesia tidak memilih alas kaki yang tepat sebagai salah satu cara menyetir mobil yang nyaman dan aman. Itu berarti kurang lebih 5 juta orang penduduk Indonesia bisa terlibat kecelakaan atau justru menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Sangat berbahaya bukan?

Bahaya tidak menggunakan alas kaki yang benar

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Mungkin Sahabat yang sudah terbiasa mengendarai mobil tanpa alas kaki pasti tahu benar bahwa menyetir tanpa alas kaki adalah salah satu cara menyetir mobil yang nyaman. Kamu pasti bisa langsung merasakan pedal gas, rem dan kopling (jika mobil bukan matic) karena tidak adanya alas kaki. Tetapi pertanyaannya adalah apakah aman menyetir tanpa menggunakan alas kaki? Biar kamu lebih paham, berikut ini adalah hal yang akan terjadi jika kamu memilih tidak menggunakan alas kaki saat mengemudi mobil.

Resiko kaki cedera saat terjadi kecelakaan

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menyepelekan cara menyetir mobil yang nyaman dan aman dengan tidak menggunakan alas kaki, beresiko kaki cedera karena terbentur dengan berbagai di dalam mobil. Apalagi jika kamu ‘amit-amit’ terlibat kecelakaan, kaca-kaca mobil yang berhamburan, as setir atau pedal yang bengkok bisa melukai bagian tubuh kita ketika upaya penyelamatan.

Kaki mudah lelah dan kesemutan

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menyepelekan cara menyetir mobil yang nyaman dan aman dengan tidak menggunakan alas kaki terlalu lama bisa menyebabkan aliran darah di sekitar jari-jari kaki terganggu dan menjadi kurang lancar. Tekanan dan injakan pada pedal yang sering berlangsung tidak beraturan bisa menyebabkan munculnya rasa lelah, pegal dan kesemutan. Hal ini sudah pasti akan menjadi bahaya bagi si pengemudi dan orang lain karena turunnya kualitas konsentrasi ketika mengemudi.

Kaki jadi berkeringat

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menyepelekan cara menyetir mobil yang nyaman dan aman dengan tidak menggunakan alas kaki yang dilakukan selama berjam-jam, akan membuat kaki mudah berkeringat dan akhirnya menjadi licin. Kondisi kaki berkeringat ini bahaya terutama ketika sedang ngerem atau mengganti gigi persneling.

Risiko munculnya kapalan atau mata ikan di telapak kaki

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menyepelekan cara menyetir mobil yang nyaman dan aman dengan tidak menggunakan alas kaki akan menyebabkan gesekan antara pedal dan telapak kaki, termasuk tumit. Gesekan tersebut akan membuat penebalan kulit kering pada telapak kaki atau lebih dikenal dengan kapalan. Belum lagi jika ada sedikit luka di telapak kaki, bisa-bisa terjadi infeksi karena pedal gas,rem dan kopling termasuk sarang bakteri lho.

Telapak dan tumit kaki terasa panas

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menyepelekan cara menyetir mobil yang nyaman dan aman dengan tidak menggunakan alas kaki tidak hanya bisa menyebabkan kaki kapalan, dalam jangka waktu pendek telapak dan tumit kaki juga berisiko terasa lebih panas dari biasanya. Hal itu dikarenakan pemakaian saraf-saraf dan otot kaki yang langsung terkoneksi dengan pedal. Kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya rasa kurang nyaman dan bisa membuyarkan fokus ketika menyetir.

Cara menyetir mobil yang nyaman dengan pemilihan alas kaki yang tepat

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menggunakan sepatu dalam mengendarai kendaraan merupakan salah satu cara menyetir mobil yang nyaman. Karena saat berkendara kamu menggunakan kaki kamu untuk mengaplikasikan pedal gas, pedal rem dan pedal kopling (jika mobil kamu bertransmisi manual). Dengan kaki yang nyaman dan rileks, pengendalian mobil akan membaik dan teman bisa bereaksi lebih cepat terhadap perubahan lalu lintas.

Gunakan sol yang tidak terlalu tebal atau tipis

Kunci utama cara menyetir mobil yang nyaman dengan menggunakan sepatu terletak pada pemilihan sol dan tumit. Jika kamu menggunakan sepatu yang tebal, berarti kamu tidak bisa merasakan pedal dengan baik sehingga kamu tidak dapat menilai dengan tepat tekanan yang harus diberikan. Hal tersebut cukup berbahaya, disaat kamu melakukan pengereman bisa-bisa kamu terlalu dalam atau ketika menginjak pedal gas.

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Hal terpenting cara menyetir mobil yang nyaman adalah kamu harus bisa merasakan pedal untuk memperkirakan tekanan yang harus diberikan dan jangan menggunakan sol sepatu yang tebal karena tapak yang lebar bisa membuat kamu meneka dua pedal bersamaan.

Jangan menggunakan hak tinggi

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Bagi para wanita-wanita milenial atau ibu-ibu hits, cara menyetir mobil yang nyaman adalah dengan tidak menggunakan sepatu hak tinggi. Ingat, bagian tumit kaki harus selalu berada di lantai untuk mencapai tekanan pedal yang benar. Dengan menggunakan sepatu hak tinggi akan menyebabkan tumit tidak berpijak di lantai mobil dan hilangnya kemampuan untuk mengukur tekanan pada pedal.

Bagaimana dengan sandal jepit atau sandal flip-flops ?

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Menggunakan sandal jepit adalah salah satu cara menyetir mobil yang nyaman namun sebenarnya salah. Sandal jepit sangat mudah lepas dan bisa tersangkut di bawah pedal atau terlepas. Karena mudah lepas, Sahabat akan terganggu ketika sandal tersebut terlepas dan harus mengalihkan perhatian ke bawah dan menjadi tidak fokus.

Cara menyetir mobil yang nyaman dan benar

Cara menyetir mobil yang nyaman dan benar adalah dengan menggunakan sepatu. Pilih sepatu yang menurut Sahabat cocok dengan karakter berkendara kamu. Tapi dengan perkembangan zaman dan fashion, banyak sepatu mengemudi yang bisa juga dibawa keluar selain di belakang kemudi.

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman, Perhatikan Alas Kaki

Bagaimana Sahabat, sudah tahu kan bagaimana cara menyetir mobil yang nyaman dengan pemilihan alas kaki yang tepat. Ingat, keselamatan di jalan berasal dari diri kita dan orang lain, alangkah baiknya kita terlebih dahulu berhati-hati ketika berkendara.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 27 Jul 2021 | 10:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiftipsberkendaramobilgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family