Mobil Bekas
Bisnis Mobil Bekas

Cara Jitu Jadi Pebisnis Mobil Bekas Ala Garasi.id

20 Jan 2019 | 15:41 WIB
Pada zaman modern ini, apa saja dapat dikembangkan sebagai bisnis yang menguntungkan, termasuk jual beli mobil bekas. bisa dipungkiri, membeli mobil bekas memang merupakan alternatif paling memungkinkan bagi first jobber atau keluarga muda yang ekonominya belum terlalu mapan. Meskipun kualitas mobil bekas tidak semantap mobil baru, secara umum fungsinya sama kok.
Cara Jitu Jadi Pebisnis Mobil Bekas Ala Garasi.id
Nah, jika Sahabat tertarik untuk menekuni bisnis potensial ini, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah modal. Bagaimana jika modal yang Sahabat miliki masih sedikit atau bahkan nyaris tidak ada? Jangan patah semangat dahulu, ya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis jual beli mobil bekas tanpa modal yang besar.

Baca juga: Lebih Detail Dalam Memilih Mobil Bekas Eropa

Miliki Bekal Pengetahuan dan Informasi yang Cukup
Berbisnis tanpa pengetahuan ibarat berperang tanpa amunisi. Bisa dipastikan, Sahabat akan kalah bersaing karena selalu ketinggalan informasi terbaru. Apalagi jika modal Sahabat cekak, pengetahuan adalah salah satu cara untuk menambal kekurangan tersebut.

Dalam hal ini, pengetahuan yang dimaksud adalah segala hal teknis yang berkaitan dengan dunia otomotif. Artinya, Sahabat perlu tahu apa saja faktor yang bisa diunggulkan dan menjadi nilai jual mobil. Selain itu, Sahabat juga perlu memiliki keahlian berkomunikasi dan bernegosiasi, baik pada saat ingin membeli maupun menjual mobil bekas.

Cari Partner Bisnis
Apabila Sahabat tidak memiliki modal yang besar, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mencari partner bisnis yang bisa mendukung Sahabat dalam hal pendanaan. Nah, tugas Sahabat adalah meyakinkan partner tersebut supaya mau menggelontorkan dana atau menyediakan fasilitas untuk mendukung bisnis Sahabat.

Cara meyakinkan partner sebenarnya sederhana saja, yaitu dengan meng-upgrade keahlian dan pengalaman Sahabat di bidang otomotif. Berbekal seabrek pengalaman tersebut, kesempatan untuk meraih keuntungan bisa dipastikan lebih besar. Jadi, buatlah calon partner Sahabat terkesan. 

Meminjam Modal di Bank
Cara selanjutnya yang bisa Sahabat lakukan untuk mendapatkan modal adalah dengan mengajukan kredit di bank. Proses yang dilewati agar pengajuan kredit disetujui terkadang cukup panjang dan tidak mudah. 

Nah, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah menyediakan jaminan atau agunan. Selain itu, jejak rekam bisnis Sahabat pun akan dilacak untuk memastikan pelunasan kredit akan lancar hingga akhir masa pinjaman. 

Tentu saja, meminjam modal di bank tentu dibarengi risiko tersendiri. Namun, jika Sahabat dapat memanfaatkannya dengan baik, keuntungan besar bisa dinikmati.

Menjual Mobil Titipan
Nah, cara yang satu ini dapat dilakukan oleh pebisnis pemula yang belum sanggup membeli mobil bekas karena ketiadaan modal. Intinya, mintalah kenalan untuk menitipkan mobil yang ingin dijual kepada Sahabat. Lalu, tawarkanlah mobil bekas tersebut kepada orang lain yang sedang mencari mobil. Selanjutnya, Sahabat baru menyelesaikan pembayaran setelah mobil sudah laku.

Jual beli mobil bekas 
dengan cara seperti ini cukup masuk akal untuk dilakukan karena modal yang dibutuhkan hampir tidak ada. Namun, perlu dipahami bahwa untuk melakukan cara ini dibutuhkan kepercayaan. Karena itu, tumbuhkanlah kepercayaan klien dengan menunjukkan sikap yang jujur dan profesional dalam berbisnis.

Jual Beli Secara Online
Dengan memanfaatkan situs Garasi.id, Sahabat tidak perlu lagi menyewa gedung untuk dijadikan sebagai showroom. Bahkan, Sahabat dengan mudah dapat beriklan dan memperkenalkan produk kepada lebih banyak calon pembeli. Praktis sekali, bukan?

Hal paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis mobil bekas adalah koneksi yang luas. Semakin luas koneksi Sahabat, semakin banyak pilihan yang bisa Sahabat pertimbangkan, baik pada saat membeli maupun menjual mobil bekas. Jadi, selamat berbisnis mobil bekas, Sahabat Garasi! 
Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 09:16 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelijualmobilbekasmobilbekasmurahjualbelimobiljualbelimobilmurahonlinemobilonlinejualbelionline