Jika knalpot kamu mengeluarkan asap yang berwarna, segera cek ke bengkel terdekat
Perbedaan warna dari asap knalpot mencirikan berbeda pula kerusakan yang terjadi.

Cara Mengetahui Kerusakan Mobil dari Warna Asap Knalpot

26 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Namanya kendaraan khususnya mobil, pasti suatu saat akan rusak juga jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Komponen-komponen didalam mesin yang bekerja secara terus menerus tanpa dirawat akan menemui ‘ajal’ nya. Bisa saja mobil kamu mogok secara tiba-tiba, atau mungkin tidak mau dinyalakan, untuk mendeteksi kerusakan apa yang ditimbulkan akan cukup sulit karena banyaknya faktor-faktor yang menyebabkan mobil rusak. Tapi pernah tidak Sahabat mengetahui bahwa kamu dapat mendeteksi kerusakan mobil dari warna asap knalpot. Perbedaan warna dari asap knalpot mencirikan berbeda pula kerusakan yang terjadi. Yuk Sahabat kenali beberapa warna asap knalpot.

Warna Asap Knalpot Hitam

Bila warna asap knalpot menghitam, bisa jadi mobil kamu mengalami masalah pada sistem pembakarannya. Bahan bakar yang bersirkulasi terlalu banyak dan juga tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot yang keluar pun menjadi sangat pekat.

Asap hitam pun dapat mengindikasikan masalah pada saringan udara, injector, karburator, atau kebocoran kompresi. Agar masalah sebenarnya dapat diketahui dengan jelas, sebaiknya periksakan mobil ke bengkel secepatnya.

Warna Asap Knalpot Putih

Selain warna hitam, umum sekali ditemukan mobil yang mengeluarkan asap knalpot berwarna putih. Ada dua indikasi yang bisa diketahui namun hal tersebut dapat dibedakan dari ketebalan asap buangannya.

Bila asap putih yang keluar masih tampak tipis, itu berarti ada problem pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Biarpun begitu, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius.

Beda halnya bila asap putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal ini menandakan bahwa ada masalah pada sistem pembakaran dari mobil tersebut. Penyebabnya sendiri disebut-sebut adalah masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

Warna Asap Knalpot Abu

Sebuah mobil dengan kondisi yang baik-baik saja tidak akan mengeluarkan asap yang berwarna. Sebaliknya, jika kendaraan mengeluarkan asap berwarna abu-abu itu berarti ada yang salah dengan mobil tersebut.

Dikutip situs Suzuki.co.id, asap abu-abu yang keluar dari knalpot mobil khususnya mobil bertransmisi matic, mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes.

Sementara itu pada mobil pada umumnya, warna asap knalpot abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

Warna Asap Knalpot Biru

Ternyata knalpot tidak hanya mengeluarkan asap berwarna putih, abu-abu, dan juga hitam. Ada pula knalpot mobil yang mengeluarkan asap pekat berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Anda.

Ada juga penyebab lain dari keluarnya asap dengan warna kebiruan ini. Hal tersebut di antaranya adalah kerusakan pada ring piston yang aus sehingga oli jadi bocor, blower turbo yang sudah lama dan harus diganti, serta terjadinya blown gasket.

Baca juga: Indikasi oli mesin mobil yang sudah perlu diganti


Sahabat sendiri bagaimana, apakah pernah mengecek warna asap yang keluar dari knalpot mobil kamu? Bila warna asap knalpot sudah mulai mencurigakan, ada baiknya kamu memanggil orang yang ahli untuk melakukan pengecekan. Apalagi jika kamu sedang mengincar sebuah mobil bekas, jika mendapati hal seperti itu lebih baik jangan dibeli. Lebih baik kamu beli mobil di Garasi.id aja, disana ada fitur mobil pilihan. Di dalam fitur mobil pilihan terdapat mobil-mobil bekas namun dengan latar belakang yang sangat baik. Tidak sampai situ saja, mobil-mobil itu juga sudah di cek luar dalam bebet bobot nya loh, jadi jangan ragu untuk membeli mobil di Garasi.id.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 26 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN