Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

02 Nov 2018 | 14:00 WIB

Sahabat Garasi, kamu seorang pegawai kantoran yang bermimpi punya kendaraan pribadi berupa mobil, tapi tak kunjung terlaksana karena kondisi finansial yang tidak mendukung? Jangan murung, jangan bersedih, sebab selalu ada jalan jika Sahabat mau berusaha. Ya, salah satu caranya adalah dengan membeli mobil bekas!

Betul, Sahabat  tak sedang salah membaca. Membeli mobil bekas merupakan alternatif paling tepat untuk siapa saja yang ingin segera memiliki kendaraan beroda empat tanpa perlu mengeluarkan banyak dana. 

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

Namun, ada beberapa hal yang wajib Sahabat perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, antara lain:

Sebelum membeli mobil bekas, carilah informasi dan referensi sebanyak mungkin, baik online maupun offline. Membaca majalah otomotif dan menggali informasi dari mekanik atau kerabat yang paham tentang mobil juga sangat membantu.

Pun Sahabat Garasi masih bisa mendapat info tambahan yang bisa didapat dari internet. Salah satu website yang bisa dijadikan rujukan adalah Garasi.id. Di situ semua informasi yang berkaitan dengan jual beli mobil bekas tersedia secara lengkap, mulai dari spek dan review mobil, merek dan tipe, sampai daftar harga mobil bekas, semua tersedia.

Gali Informasi tentang Kondisi Mobil

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

Penting bagi Sahabat Garasi untuk menggali informasi yang berkaitan dengan mobil sedetail mungkin. Sebelum mencapai kesepakatan, jangan sungkan untuk menanyakan hal-hal berikut:

  • Kapan mobil dibeli?
  • Sudah berapa kali mobil masuk bengkel dan diservis?
  • Apakah mobil pernah mengalami kecelakaan?
  • Rute terjauh yang pernah ditempuh?
  • Intensitas pemakaian mobil?
  • Siapa saja yang menggunakan mobil tersebut?
  • Berapa kali ganti suku cadang?
  • Kenapa mobil dijual?

Dengan demikian, Sahabat tahu pasti ke mana harus menghubungi jika suatu hari terjadi sesuatu pada si mobil bekas.

Periksa Kondisi Fisik Mobil

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

Mintalah izin kepada pemilik untuk memeriksa secara langsung kondisi fisik mobil, sebab bertanya saja tidak cukup. Cara ini bisa ditempuh untuk mengetahui apakah si pemilik jujur dengan kondisi mobil yang akan dijualnya.

Tidak hanya mesin dan spare part, bagian mobil lain yang tak boleh luput dicek adalah bodi, plafon, ban, serta cat mobil. Periksa dengan detail apakah ada bagian mobil yang cacat agar Sahabat Garasi tak menyesal di kemudian hari.

Test Drive

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

Memeriksa kondisi fisik mobil saja belum cukup, Sahabat masih harus melakukan test drive atau uji berkendara agar bisa merasakan secara langsung nyaman tidaknya mobil tersebut.

Perhatikan juga kondisi rem jika dipakai untuk mengerem pada kecepatan 50 km/jam. Jika tidak ada bunyi berdecit, artinya rem mobil masih berfungsi dengan baik.

Tanyakan Asuransi Mobil

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

Membeli mobil bekas yang sudah diasuransikan terbukti lebih menguntungkan. Asuransi sangat berguna sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada mobil. Tanyakan kepada pemilik mengenai bukti dan dokumen asuransi mobil tersebut.

Periksa Surat-Surat Kendaraan

Cek Daftar Harga Mobil Bekas dan Tips Sebelum Membelinya di Sini!

Mobil bekas sebagus apa pun percuma jika tidak dilengkapi dengan surat dan dokumen resmi kendaraan. Maka pastikan bahwa mobil tersebut memiliki dokumen lengkap berupa BPKP, STNK, dan bukti pembelian kendaraan.

Baca Juga : Cari Mobil Sedan Mewah di Bawah 300 Juta, Ini Pilihan Buatmu

Jangan lupa untuk memeriksa nomor rangka dan nomor mesin yang terdapat pada kap mesin. Pastikan bahwa nomor tersebut sesuai dengan yang tertera pada BPKB dan STNK. Bila perlu, cek langsung ke Samsat untuk mengetahui keaslian dokumen.

Nah, itu saja tips membeli mobil bekas berkualitas yang bisa Sahabat terapkan. Salam otomotif!

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:45 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek