Garasi.id
Koleksi Mobil Diesel

Koleksi Mobil Diesel Di Garasi.id Kurang Dari 160 Juta

09 Mar 2020 | 12:47 WIB

Suzuki Ertiga Diesel menjadi mobil baru impian untuk para pecinta mobil bermesin diesel. mobil diesel memiliki kelebihan mesin yang sangat kuat dibanding mobil bensin. Mobil mesin diesel sanggup menanjak medan dengan kemiringan yang luar biasa, sedangkan mesin bensin kekuatannya terbatas. Nah inilah alasan mengapa mobil-mobil Truk atau Bus atau SUV besar mayoritas memakai mesin diesel bukan mesin bensin, karena torsinya yang sangat besar dan kemampuan membawa beban berat.

Koleksi Mobil Diesel Di Garasi.id Kurang Dari 160 Juta

Tetapi bagaimana jadinya jika mesin diesel dimasukkan pada mobil berdimensi kecil seperti Suzuki Ertiga? Pasti kekuatan mesin ini akan sanggup membawa mobil kecil ke tempat-tempat yang sangat sulit dijangkau mobil MPV bensin seperti Avanza, Mobilio, Xenia dan MPV sejenis lain.

Ertiga Diesel kini menjadi mobil paling diminati bahkan akan mengubah peta pasar mobil Low MPV tanah air yang selama ini didominasi Avanza, Mobilio dan Ertiga bensin. Dengan harga barunya yang mencapai 220 jutaan. Di Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan Suzuki Ertiga Diesel bekas hanya dengan harga 150 Juta.  

Koleksi Mobil Diesel Di Garasi.id Kurang Dari 160 Juta

Menjadi mobil MPV 7 seater diesel termurah di Indonesia. Suzuki Ertiga Diesel memakai mesin berkapasitas 1248 cc atau 1,3 Liter, mesin ini memakai teknologi SHVS yakni Smart Hybrid Vehicle Suzuki. SHVS merupakan penggabungan teknologi cerdas untuk menghemat bahan bakar dan meningkatkan performa mesin misalnya dalam SHVS memakai teknologi rem yang bisa menyimpan energi untuk digunakan saat dibutuhkan, jadi pengurangan laju mobil (pengereman) dimanfaatkan untuk mengisi energi mobil yang nantinya bisa digunakan jika dibutuhkan.

Selain itu, ada teknologi ISG, Idle Stop start, Torque Assist Function, Gear Shift Indicator, Brake Energy, dan masih banyak teknologi terbaru yang dibenamkan pada mobil semi hybrid bermesin diesel ini. Tak hanya teknologi cerdas, mobil diesel ini juga memakai mesin diesel generasi terbaru yaitu Diesel Common rail Direct Injection yang memakai turbocharger.

Mesin yang menggunakan 4 silinder ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 88,5 Hp (sangat besar untuk ukuran mesin diesel, apalagi silindernya hanya 1200 cc). Kami rasa pemanfaatan turbocharged ini yang melonjakkan tenaganya sampai 88,5 Hp. 

Torsi Suzuki Ertiga Diesel ini juga sangat luar biasa yakni 200 Nm, bandingkan dengan Toyota Rush hanya 141 Nm, Avanza hanya 136 Nm, Ertiga Bensin hanya 136 Nm dan mobil-mobil lain yang rata-rata ada di 130-140 Nm. Dengan torsi sebesar 200 Nm, mobil kecil ini mampu menjangkau tanjakan yang sangat curam dengan membawa beban maksimum, semantara mobil low MPV lain sudah tidak kuat menanjak di 1/4 tanjakan.

Koleksi Mobil Diesel Di Garasi.id Kurang Dari 160 Juta

Nah berbicara soal mobil diesel, ada baiknya Sahabat tau juga nih penemu mobil bermesin diesel. Adalah Rudolf Diesel yang pada tahun 1892 mulai menciptakan embrio dari mesin diesel. Pria kelahiran Perancis, 18 Maret 1858 tersebut merupakan kewarganegaraan Jerman yang berhasil mengembangkan mesin pembakaran dalam pemicu kompresi (internal combustion engine). Proses kerjanya adalah pencampuran udara bertekanan dengan bahan bakar sehingga menciptakan ledakan sebagai inti penggeraknya.

Tidak heran bila, sistem kerja diesel mampu bekerja dengan tekanan dan suhu cukup tinggi di ruang bakar agar bisa mengge­rakkan piston dan kruk as secara maksimal. Alhasil, mesin diesel cenderung mengeluarkan suara yang lebih bising daripada gasolin.

Untuk mengenang karya-karya Rudolf, inilah sederet koleksi mobil diesel dari Garasi.id untuk kamu pecinta kendaraan penenggak solar. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Apr 2020 | 02:15 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek