Dikhawatirkan Korsleting, 60.000 Mazda6 Akan Ditarik

Dikhawatirkan Korsleting, 60.000 Mazda6 Akan Ditarik

27 Sep 2017 | 13:17 WIB
Setelah Toyota mengumumkan recall 40.280 unit yang terdiri dari Camry, Corolla, Vios dan Yaris kelahiran 2001-2008 beberapa waktu lalu. Kini giliran Mazda Motor Company yang mengumumkan recall untuk Mazda6. Mobil yang bermain di segmen sedan premium ini dikabarkan megalami masalah pada kabel yang terhubung dengan sistem airbag dan power steering.

Dikhawatirkan Korsleting, 60.000 Mazda6 Akan Ditarik

Mendapat pemberitahuan dari lembaga keselamatan di Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang dilansir dari Carscoops. Mazda mengambil langkah penarikan unit, total ada 60.000 Mazda6 yang terindentifikasi mengalami masalah karena adanya percikan las berlebih pada frame jok penumpang depan. Percikan sisa las tersebut berpotensi menimbulkan korsleting yang memicu lampu indikator pada instrumen cluster menyala. 

Mengatasi masalah tersebut, Mazda akan memberitahukan semua pemilik yang terkena dampak pada tanggal 29 September mendatang. Yang menjadi pertanyaan, apakah recall ini juga akan berlaku untuk unit Mazda6 yang ada di Indonesia yang kini dipasarkan PT Eurokars Motors Indonesia (EMI), sebagai agen resmi Mazda di Indonesia.

"Untuk Indonesia belum ada informasi dari Jepang. Informasi baru berlaku untuk Amerika Serikat dan Kanada. Untuk wilayah Asia khusus Indonesia belum ada pemberitahuan. Kalau ada recall kami akan informasikan," kata Head Public Relations PT EMI, Fedy Dwi Parileksono, seperti yang dilansir dari VIVA.co.id.

Yang perlu diketahui, dampak dari hubungan arus pendek yang terjadi membuat sistem power steering serta airbag tidak berfungsi. Kondisi tersebut dinilai NHTSA sangat membahayakan pengendara. Penarikan berlaku untuk Mazda6 yang diproduksi antara 3 November 2014 sampai 9 Desember 2015. Sampai adanya pemberitahuan dari NHTSA terkait masalah yang dialami Mazda6, pihak Mazda mengaku belum menerima adanya laporan kecelakaan terkait masalah tersebut.


Foto : Internet 

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 22:14 WIB
Bagikan