Prgoram trade-in Garasi.id
Prgoram trade-in Garasi.id

DP Besar atau DP Ringan? Di Garasi.id Mobil Lama Bisa Jadi DP Unit Mobil Baru

10 Jul 2021 | 11:29 WIB

Tingginya permintaan akan alat transportasi di kawasan perkotaan membuat mobil semakin populer dan banyak dijadikan sebagai pilihan. Bukan hanya anak muda yang lebih suka dengan hal simpel dan praktis saja, namun alat transportasi yang satu ini juga telah banyak dilirik oleh para keluarga.

Lalu, bagaimana sebenarnya proses kepemilikan mobil ini? Sebagaimana pembelian barang pada umumnya, mobil juga kini bisa dibeli dengan cara kredit. Untuk pengajuan kredit ini, Sahabat juga akan dikenakan sejumlah uang muka (DP) yang harus dibayarkan di muka.

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Meski DP mobil saat ini bisa dikategorikan sedang tinggi 35 - 40 persen, namun jumlah ini tentu tidak bisa dianggap ringan. Kebanyakan orang, DP kerap menjadi penghalang dalam memiliki sebuah alat transportasi pribadi, apalagi jika pendapatan perbulan-nya termasuk yang pas.

Namun, selalu ada cara untuk mewujudkan keinginan memiliki alat transportasi pribadi seperti mobil. Dengan menyisihkan uang secara rutin dari gaji, akhirnya upaya untuk segera memiliki mobil pun tinggal setahap lagi. Tapi, dengan uang tabungan untuk kredit mobil yang terbatas ini, terkadang dihadapkan pada dilema, yakni lebih baik menggunakan uang tersebut untuk membayar DP kecil atau besar.

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Nah, apa perbedaan dalam hal keuntungan dan kerugian bila membeli mobil dengan DP kecil atau DP besar? Melansir dari Cermati.com, berikut ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan DP kecil dan besar yang bisa digunakan sebagai pertimbangan.

DP besar cicilan cepat lunas

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Pertimbangan mengenai DP ini kerap menjadi sesuatu yang tidak mudah, mengingat keduanya memang memiliki keuntungan masing-masing. Namun bagi Sahabat yang akan mengajukan pinjaman (kredit), luangkan waktu untuk melihat kondisi keuangan secara keseluruhan, sehingga bisa mempertimbangkan besaran DP yang paling tepat dan sesuai untuk pengajuan yang akan dilakukan.

DP besar membutuhkan waktu yang lama

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Tentu saja, dengan hanya menunggu hingga punya uang muka untuk pengajuan kredit mobil, maka akan lebih lama lagi waktu yang dibutuhkan dalam menabung. Otomatis, keinginan untuk cepat punya mobil  juga menjadi terkendala. Sahabat harus lebih sabar mengumpulkan uang hingga mampu mengajukan kredit dengan DP besar.

DP kecil lebih memangkas waktu

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Nah, dengan uang muka (DP)  yang kecil, maka walaupun Sahabat memiliki dana terbatas dan gaji pas-pasan, maka tetap bisa berpeluang memiliki mobil. Artinya kamu akan mendapatkan mobil lebih cepat ketimbang memaksakan membeli mobil dengan DP yang besar. 

Sesuaikan DP dengan Kondisi Keuangan

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Mengajukan kredit bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan transportasi pribadi dengan harga yang terjangkau. Namun yang terpenting adalah kenali kondisi keuangan dan sesuaikan kemampuan keuangan kamu untuk membayar sejumlah DP yang diperlukan serta cicilannya. Besar atau kecil, DP ini akan memengaruhi jumlah utang dan juga cicilan kamu, sehingga sangat penting untuk dihitung dan disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Proses pengajuan kredit lebih lama jika DP kecil?

DP Besar atau DP Ringan? Ini DP yang Tepat Untuk Membeli Mobil Pre-Owned

Karena uang muka yang Sahabat siapkan kecil, maka prosesnya akan lebih lama karena ada banyak tahap pemeriksaan yang harus dilakukan oleh pihak perbankan. Namun untuk memberikan solusi atas permasalahan itu, jika Sahabat sudah memiliki mobil, kamu bisa lho menjadikan mobil yang kamu miliki menjadi DP untuk memiliki mobil baru. Lho ko bisa ? 

Trade-in di Garasi.id

Tentu bisa Sahabat, karena Garasi.id lagi punya program Trade-in mobil. Program Trade-in ini mempermudah konsumen yang berencana membeli mobil baru dengan menjual mobil lamanya terlebih dahulu. Caranya mudah hanya dengan upload foto mobil kamu, sertakan juga deskripsi selengkap-lengkapnya, lalu upload di situs Garasi.id.

Lalu, bagaimana harga beli mobil bekas kalian? Tenang, tentunya kami akan melakukan penilaian terhadap mobil kamu secara mendetail. Jika memang masuk dengan kriteria kami, mobil kamu akan kami hargai dengan nilai yang sangat pantas seperti di pasaran.

5 Tips Jitu Membeli Mobil Dengan Budget Minim dan Menguntungkan

Jika semua tahapan dan proses tukar tambah mobil bekas di atas telah sukses, kamu akan mendapatkan unit mobil baru beserta benefit bonus detailing hingga ekstra diskon sebesar 1,5jt. Tenang, Garasi.id bekerjasama dengan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Blibli.com dan lembaga pembiayaan terpercaya Maybank Finance lho. Jadi kamu tidak perlu ragu atau khawatir bagaiaman proses transaksi dan kualitas pelayanannya. Jadi tunggu apalagi, yuk tentukan mobil idaman kamu lalu dapatkan berjuta keuntungannya hanya di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Jul 2021 | 11:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

dpringandpmobilbekaskreditkilatgarasiidbcafinance