Polusi Udara Jakarta
Kurangi Polusi Udara

Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta, Ini Cara Yang Bisa Dilakukan

14 Agt 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Sempat ramai pemberitaan tentang kualitas udara di Jakarta yang kian memburuk, Asap kendaraan digadang-gadang sebagai pemicu buruknya kualitas udara di Jakarta belakangan ini. Dalam siarannya di channel youtube milik Pemprov DKI Jakarta, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta mengacu pada instruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 menerangkan 7 Inisiatif Udara Bersih Jakarta. 

Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta, Ini Cara Yang Bisa Dilakukan

Inisiatif tersebut berisikan tentang pembatasan kendaraan umum yang beroperasi minimal usianya dibawah 10 tahun dan wajib lulus uji emisi, pemberlakuan Ganjil - Genap, Membangun lebih banyak trotoar untuk pejalan kaki, memasang alat-alat monitoring buangan asap industri, Mengoptimalkan pemanfaatan ruang hijau di Ibu kota, Secepatnya beralih menggunakan bahan bakar terbarukan, dan yang terakhir adalah Kendaraan bermotor yang beroperasi di jakarta harus berumur dibawah 10 tahun dan lulus uji emisi. 

Baca juga: Terus 'Digodok', Hasil Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Akan Jadi Syarat Bayar Pajak

Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta, Ini Cara Yang Bisa Dilakukan

Mengapa lulus uji emisi menjadi hal penting untuk kendaraan bermotor di Jakarta, karena moda transportasi berbahan bakar fosil, terbukti mencemari lingkungan. Pasalnya, gas sisa pembakaran mesin yang keluar lewat knalpot kendaraan menghasilkan emisi nitrogen, karbon monoksida, dan deretan polutan lainnya. Selain pemanasan global, penggunaan bahan bakar fosil pun membahayakan kesehatan, khususnya organ pernapasan.

Maka dari itu, lulus uji emisi menjadi salah satu tolak ukur penting untuk mengetahui bahwa kendaraan bermotor yang beroperasi bukanlah kendaraan yang ikut merusak kualitas udara.

Namun segala upaya yang dilakukan pemprov DKI Jakarta akan menjadi sia-sia bila itu tidak dimulai dari kita sendiri Sahabat. Salah satu cara gampang mendukung regulasi yang disebutkan Gubernur DKI Jakarta di atas adalah dengan membeli mobil dengan usia muda. Untuk mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik, Sahabat bisa membelinya di Garasi.id dengan fitur Mobil Pilihan.

Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta, Ini Cara Yang Bisa Dilakukan

Mobil Pilihan Garasi.id adalah mobil-mobil bekas berkualitas yang memiliki kondisi sangat baik dan prima yang sudah melalui proses seleksi dan lulus inspeksi dengan berbagai keuntungan tambahan dari Garasi.id. Keuntungan membeli mobil-mobil pilihan tersebut adalah mobilnya sudah lulus inspeksi, memiliki kilometer yang rendah, usia mobil muda (maksimal 5 tahun) dan bergaransi.

Untuk mensukseskan regulasi  Gubernur DKI Jakarta, ayo buruan upgrade kendaraanmu menjadi tahun yang lebih muda di Garasi.id.  

Foto : Garasi.id dan uzone.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 21 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN