Perawatan Mazda CX-3
Perawatan Mazda CX-3

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

22 Jun 2021 | 12:51 WIB

Setelah Mazda2 generasi terbaru dikenalkan dan berhasil menjadi Japan Car of The Year 2014-2015, Mazda langsung mengenalkan Mazda CX-3 yang adalah crossover dengan basis Mazda2 SkyActiv teranyar yang sedang hits. Los Angeles Auto Show 2014 ini adalah ajang paling penting untuk Mazda, sebab disinilah Mazda mengenalkan 4 model sekaligus untuk pasar Amerika dan 3 model sekaligus guna dunia. Mulai dari Mazda CX-5 Facelift, Mazda6 Facelift, Mazda2 SkyACtiv dan Mazda CX-3 yang mengawali debut premierenya.

Desain elegan yang mewah

Saat pertama kali jumpa dengan Mazda CX-3, secara keseluruhan gaya desain teringat pada sosok Mazda2 hatchback dan Mazda CX-5 yang bermain di kelas sport utility vehicle (SUV). Dari segi desain, Mazda CX-3 begitu mirip dengan kedua saudaranya tersebut. Hal itu wajar lantaran ketiganya dibangun dari filosofi desain KODO Soul of Motion.

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Hal itu bisa dilihat dari bentuk grill dan juga lampu utamanya. Namun untuk memperkuat karakter crossover, Mazda memberikan body moulding dan over fender hitam doff. Tampilannya makin gagah berkat pelek lebar berukuran 18 inci yang dibalut ban 215/50R18. Garis bodi juga dibuat berbeda agar terlihat lebih sporty.

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Mazda CX-3 sendiri posisinya berada di antara Mazda2 dan CX-5. Kalau boleh dibilang, CX-3 seperti Mazda2 yang ukurannya digedein atau CX-5 yang dikecilin. Dilihat dari dimensinya, CX-3 memiliki panjang 4.275 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.535 mm dengan wheelbase 2.570 mm.

Interior

Masuk ke kabin rasanya cukup nyaman dan mewah. Kaca depan cukup lebar sehingga memberikan visibilitas yang sangat baik. Sementara kaca belakang meski ukurannya tidak besar namun cukup untuk mengintip situasi di belakang mobil melalui kaca spion tengah. Tapi rasanya pengemudi akan sulit memantau bagian belakang jika baris kedua terisi penuh penumpang dewasa.

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Ukuran kaca spion CX-3 juga lumayan besar. Alhasil memberikan pandangan sisi samping menjadi lebih luas. Namun pada model ini tidak tersedia fitur Blindspot monitoring seperti pada tipe GT. Mendapatkan posisi berkendara yang nyaman pada mobil ini juga mudah. Bagian lingkar kemudi dilengkapi fitur tilt & telescopic steering. Joknya menganut model semi bucket dan bisa diatur tingkat ketinggiannya menggunakan sistem pompa.

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Saat mengamati bagian dashboard, panel instrumen, lubang ventilasi dan pengaturan AC hingga tuas transmisi plus mode berkendaranya, kami merasa seperti berada di dalam Mazda2. Desainnya mirip banget hanya saja ruangnya lebih lega. Mobil ini juga dilengkapi head up display yang menyajikan speedometer digital. Seperti halnya Mazda2, menghidupkan ataupun mematikan mesin CX-3 cukup dengan menekan tombol start-stop. Perpindahan posisi pada tuas persneling juga halus.

Fitur hiburan lengkap

Duduk berlama-lama di dalam mobil makin betah berkat fitur MZD Connect yang menyajikan entertainment melalui radio AM/FM, CD dan konektivitas Bluetooth. Suara yang dihasilkan sistem audio juga cukup memanjakan telinga. Selain itu ada pula sistem navigasi, hingga informasi mengenai mobil dan catatan perawatan berkala juga tersaji pada fitur ini.

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Mazda CX-3 mengandalkan mesin SKYACTIV-G 2,0 liter 4 silinder segaris DOHC 16 katup berkekuatan 146,1 Tk dengan torsi puncak 192 Nm. Jantung mekanis yang dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan terbilang ganas di jalur seperti ini.

Performa yang mumpuni

Saat berkendara, menyalip kendaraan lain saat posisi menanjak dapat dengan mudah dilakukan. Terlebih lagi saat mode Sport diaktifkan. Tarikan terasa lebih responsif sehingga membuat kepercayaan diri saat menyalip meningkat. Menariknya, sistem transmisi CX-3 sangat pintar karena bisa melakukan engine brake saat kondisi tertentu. Sensor-sensor pada mobil ini mampu membaca situasi sehingga bisa menurunkan posisi gigi secara otomatis tanpa perlu kita pindahkan sendiri.

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Bicara soal handling, mobil ini patut diacungi jempol. Mengontrol mobil ini sangat mudah sekali. Ini didapat berkat SKYACTIV Technology yang meliputi SKYACTIV Engine, Chassis, Drive, dan Body serta pengaplikasian teknologi G-Vectoring Control (GCV). Teknologi GVC inilah yang membuat CX-3 makin nyaman saat bermanuver.

Promo Perawatan Mazda CX-3 

Nah, bagi Sahabat yang sudah memiliki Mazda CX-3, Garasi.id punya program promo servis berkala yang menghebohkan. Ingat ya, perawatan atau servis Mazda adalah kunci dari segalanya. Menjaga performa mesin Mazda agar selalu prima tentu harus dengan perawatan atau servis Mazda yang benar. Ikuti petunjuk pedoman perawatan dan servis Mazda secara teratur. Jangan lupa untuk selalu menggunakan spare part asli Mazda saat melakukan servis Mazda.

Ini Kelebihan Mazda 3 dan Biaya yang Harus Dikeluarkan Untuk Melakukan Perawatan Rutin

Nah buat Sahabat yang memiliki mobil Mazda CX-3 dan ingin melakukan servis mazda berkala dalam waktu dekat ini, bisa melakukanya lewat Garasi.id.

Garasi.id bersama Eurokars memberikan promo menarik servis Mazda. Buat Sahabat yang memiliki mobil Mazda dan ingin melakukan servis mazda dengan tipe Mazda 2Mazda 2 SkyactivMazda 3Mazda 5Mazda 6Mazda 8Mazda BianteMazda Biante SkyactivMazda CX5Mazda CX3Mazda CX9Mazda MX5 bisa membeli E-Voucher Paket Servis Mazda di Garasi.id. Dengan membeli Paket Servis Mazda CX-3, Sahabat bisa mendapatkan diskon hingga 25%.

Paket Servis Mazda Meliputi :

Fakta Keunggulan Crossover Mazda CX-3 dan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Servis Mazda CX-3 - Rp 1.243.000

  • Penggantian Oli MGO 5W-30 (Mazda Genuine Oil)
  • Penggantian Oil Filter
  • Penggantian Ring Washer
  • Engine conditioner
  • Penggunaan Mazda Brake Kit (Brake Cleaner & Brake Grease)
  • Biaya Jasa
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPn)

Buat Sahabat yang tertarik promo ini bisa cek Servis Mazda, dan untuk info lebih lanjut silahkan hubungi di [email protected] atau 0813-1858-8068 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00 WIB.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 22 Jun 2021 | 12:51 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mazdacx3mazdaserviceresmimazdaservisberkalamazdagarasiid