Fakta Mobil Mogok Saat Melintasi Rel Kereta
Fakta Mobil Mogok Saat Melintasi Rel Kereta

Masa Iya, Mobil Bisa Mogok Saat Melintasi Jalan Kereta? Begini Faktanya!

28 Mei 2024 | 09:38 WIB

Momen mobil mogok saat melintasi rel kereta api beberapa kali terjadi. Mogoknya mobil saat melintasi kereta sangat memungkinkan terjadinya tabrakan antar mobil dan kereta. Beberapa orang bilang dan percaya bahwa mobil yang mogok saat melintasi jalan kereta disebabkan karena adanya magnet di besi jalan kereta. Namun bagaimana fakta yang sebenarnya ya Sahabat?


Pada dasarnya rel kereta api memiliki kabel yang menghantarkan arus listrik, kabel ini juga tidak kompatibel dengan mesin mobil. Ketika kereta api akan melintas pada jarak 600 meter, kabel di rel akan menghasilkan emisi elektromagnetik. Arus listrik ini dapat memungkinkan akan menghantarkan medan magnet dan mempengaruhi mesin mobil yang berada di dekatnya.


Masa Iya, Mobil Bisa Mogok Saat Melintasi Jalan Kereta? Begini Faktanya!


Namun ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mobil mogok saat melintasi rel kereta. Berikut beberapa faktor lainnya:


  1. Gigi Mesin Mobil yang Tidak Tepat

Pastikan untuk menurunkan gigi mesin saat melewati rel kereta api karena ini akan membantu mengurangi kemungkinan mesin mobil mati. Apabila pengendara mobil tidak memindahkan gigi ke yang lebih rendah akan menyebabkan putaran mesin dinamo dan koil mati mendadak akibat medan magnet yang dihantarkan dari lokomotif ke rel.


Menurut PT KAI (Kereta Api Indonesia), ada medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api. Ini terjadi saat kereta berada dalam radius satu kilometer.  Oleh sebab itu, petugas wajib menutup palang pintu, bahkan ketika kereta belum terlihat demi menjaga keselamatan pengendara mobil dan motor yang akan melintas.


  1. Adanya Permasalahan Pada Mobil

Kerusakan mekanikal pada mobil sebenarnya bisa kapan saja terjadi sehingga memungkinkan mobil yang mogok saat  melintasi jalan kereta dikarenakan adanya kerusakan pada mobil itu sendiri.

Dalam laman Auto2000 disebutkan bahwa permasalahan pada mobil menjadi salah satu faktor yang membuat mobil mogok di rel kereta api. Seperti gangguan pada transmisi mobil, kerusakan pada sistem pendingin, hingga masalah pada sistem bahan bakar. Apabila mobil mengalami salah satu kendala dari sistem-sistem tersebut, memungkinkan mesin mobil sulit dinyalakan ketika melintasi perlintasan rel kereta api.


  1. Psikis Pengemudi

Siapa yang tak panik ketika mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api? Apalagi ketika mesin tak kunjung mau nyala sementara klakson kereta api terus meraung semakin mendekat. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketakutan akan mobil mogok di tengah lintasan rel kereta pasti pernah terjadi pada sebagian pengemudi.


Hal ini membuat pengemudi akan panik ketika terjebak dalam rel kereta api. Ketika dihadapkan dengan situasi darurat seperti mobil mogok di tengah lintasan rel kereta membuat pengemudi panik. Ini makanya Sahabat selalu dianjurkan untuk jangan panik karena faktor psikis bisa menjadi penyebab banyak jenis kecelakaan.


Masa Iya, Mobil Bisa Mogok Saat Melintasi Jalan Kereta? Begini Faktanya!

Itulah fakta dan beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil terhenti atau mogok ketika melintasi rel kereta api. Setelah mengetahui beberapa faktor diatas, Sahabat jadi tahu untuk lebih berhati-hati ketika melintasi rel kereta serta selalu melakukan pengecekan dan perawatan rutin pada mobil. Apabila mobil Sahabat mengalami mogok, ingat tidak perlu panik dan dapatkan layanan Asisten Darurat. Garasi.id menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan layanan Asisten Darurat untuk keluar dari situasi genting saat berkendara.

Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 28 Mei 2024 | 09:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilmogokjalankeretarelkeretalintasankeretaasistendarurat
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family