Ganjil-Genap Tol Cikampek
Ganjil Genap Tol Cikampek Berlaku Hari Ini

Ganjil-Genap di Tol Cikampek Berlaku Hari Ini

12 Mar 2018 | 15:00 WIB

Mulai 12 Maret 2018, paket kebijakan untuk mengatasi kepadatan kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek resmi diberlakukan. Paket kebijakan ini diberlakukan guna menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional yang sedang berlangsung di tol tersebut. 

Ganjil-Genap di Tol Cikampek Berlaku Hari Ini

Salah satu bagian dari paket kebijakan tersebut adalah penerapan skema ganjil genap untuk kendaraan pribadi pada akses gerbang tol prioritas Bekasi Timur dan Bekasi Barat arah Jakarta. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) menyatakan penerapan skema ganjil genap berlaku tiga jam, tepatnya dari pukul 06.00-09.00 pada hari Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional. 

Selain kendaraan pribadi, pengaturan jam operasional juga diberlakukan untuk angkutan barang Golongan 3, 4 dan 5. Waktu dan hari pemberlakukan jam operasional untuk angkutan barang sama seperti kendaraan pribadi. Hanya saja untuk angkutan barang pengaturannya diberlakukan dua arah.

Menurut BPTJ, peraturan pembatasan dua jenis kendaraan ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2018 tentang pengaturan lalu lintas selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Selain itu, ada pula pengaturan untuk prioritas Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) Bekasi Timur Arah Jakarta dan Bus Transjabodetabek Premium pukul 06.00-09 WIB pada hari Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional). Pengaturan untuk prioritas LKAU diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 99 Tahun 2017. 

"Tiga kebijakan ini merupakan satu paket. Jadi tidak hanya kendaraan pribadi, namun kendaraan angkutan barang juga diatur," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono melalui keterangan tertulisnya, Kamis (8/3/2018).

Foto : Internet

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:34 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekaslalinlalulintasperaturanganjilgenaptolcikampekJakartadepokbekasitanggerang