Ganti oli mobil
Ganti oli mobil

Ganti oli mobil itu hukumnya wajib. Disini ganti oli mobil hanya 500 ribu berapapun jumlah liter olinya

21 Des 2020 | 10:41 WIB

Tahukah Sahabat  jika oli mesin mobil tetap harus dilakukan pengecekan secara berkala? Apalagi ketika mobil kamu tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Oli mesin ini hanya berfungsi maksimal ketika mesin mobil menyala, yang artinya mobil secara rutin digunakan untuk berkendara.

Jenis Oli Mobil dan Dampak Buruk Tidak Mengganti Oli Mobil Secara Berkala

Jika mobil terlalu lama parkir dan tidak pernah dinyalakan mesinnya, maka oli tersebut tidak akan melumasi bagian-bagian di dalam mesin. Tentunya juga oli hanya akan mengendap di bagian bawah mesin saja, karena oli akan terdistribusi ke seluruh bagian mesin oleh pompa oli saat mesin menyala.

Nah, ketika mesin lama tidak dinyalakan berarti oli ini hanya diam di bagian bawah mesin dan bisa mengendap hingga terbentuk seperti lumpur atau sludge. Menggumpalnya oli seperti lumpur ini tak lain karena terjadi oksidasi, di mana molekul oli menyatu dengan kotoran sisa karbon, partikel metal, bensin, gas, dan juga air, maka terjadilah oli yang mengental seperti lumpur atau bahkan bisa menjadi seperti gel.

Jenis Oli Mobil dan Dampak Buruk Tidak Mengganti Oli Mobil Secara Berkala

Ketika oli mesin sudah mengendap menjadi lumpur tentu saja fungsi oli tersebut akan hilang, dan bisa menyebabkan mesin menjadi rusak atau mogok ketika dinyalakan kembali. Pelumas yang harusnya memiliki tingkat kekentalan tertentu agar bisa melumasi bagian terkecil pada mesin pun ketika sudah menggumpal akan bisa menyumbat bagian-bagian di dalam mesin.

Dampak buruk tidak dilakukan penggantian oli

Adapun beberapa masalah yang biasa muncul terjadi pada oli menggumpal yaitu turunnya performa mesin, komponen mesin bisa rusak, mesin mengeluarkan suara berisik, pompa oli tersumbat, atau bisa saja menjadi boros bahan bakar.

Jenis Oli Mobil dan Dampak Buruk Tidak Mengganti Oli Mobil Secara Berkala

Cara mengatasi ketika mobil hanya parkir lama, tentunya kami menganjurkan agar mengganti oli mesin terlebih dulu sebelum mobil digunakan kembali. Kamu bisa juga melakukan pengecekan tingkat kekentalan oli mesin dengan melihat pada dipstick oli, apakah bentuk dan volume oli tersebut masih dalam kondisi normal atau tidak. Jika kondisi oli mesin sudah mengental hingga membentuk gel atau lumpur maka sebaiknya Kamu  juga perlu melakukan engine flush dengan cairan khusus.

Untuk mencegah agar oli tak menggumpal seperti lumpur saat mobil diparkir lama sebenarnya sangat mudah, yaitu pastikan mesin mobil dinyalakan minimal seminggu sekali atau akan lebih baik jika mobilnya juga diajak jalan-jalan keliling di sekitar rumah.

Jenis Oli Mobil dan Dampak Buruk Tidak Mengganti Oli Mobil Secara Berkala

Cara lain yang tak boleh dilupakan oleh sebagai pemilik mobil yaitu melakukan pengganti oli secara teratur sesuai yang dianjurkan di buku manual, pilih oli yang tepat, hingga ganti oli filter setiap kali melakukan penggantian oli. Nah, kira-kira berapa sih biaya penggantian oli yang harus kamu keluarkan? Yuk intip beberapa jenis mobil dan berapa biaya oli yang harus kamu beli berdasarkan kapasitas olinya.

Mobil Toyota

  • Kijang Innova 2.5 diesel - 6,4 liter
  • Toyota Camry - 6 liter
  • Toyota Land Cruiser - 9 liter

Mobil Suzuki

  • Suzuki Swift - 4.2 liter
  • Suzuki Escudo - 5 liter

Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Outlander Sport - 4,5 liter
  • Mitsubishi Pajero - 6,4 liter

Mobil Nissan

  • Nissan Juke 4,5 liter

Mobil Honda

  • Honda HR-V - 4 liter
  • Honda CR-V - 4,2 liter

Nah, biasanya mobil-mobil pada umumnya memiliki kapasitas oli mesin mobil sekitar 3 hingga 4 liter tergantung dengan kapasitas mesinnya. Contoh di atas merupakan contoh mobil-mobil yang memiliki kapasitas mesin besar yang membutuhkan oli mesin mobil yang cukup banyak bahkan hingga 7 liter. Sahabat bisa bayangkan jika harga oli mesin mobil dipatok dengan harga paling murah 150 ribu rupiah, berapa biaya yang harus kamu bayarkan jika kamu memiliki sebuah mobil Kijang Innova dengan kapasitas oli mobilnya 6,4 liter. Hampir 1 juta rupiah bukan, itu belum termasuk biaya penggantian filter oli, jasa maupun parts lain yang membutuhkan penggantian. Lalu bagaimana solusinya ?

Kebutuhan Oli dan Servis Mobil Anda dari Mobil™ Lubricants

Nah, Garasi.id hadir untuk kamu yang butuh servis mobil dan ganti oli sekaligus dari rumah, Mobil™ Lubricants adalah solusinya. Produk oli ini sudah terjamin kualitasnya dan bukan hanya itu, Mobil™ Lubricants Indonesia juga siap memberikan servis mobil + ganti oli langsung dari halaman rumah kamu. 

Ganti oli mobil itu hukumnya wajib. Disini ganti oli mobil hanya 500 ribu berapapun jumlah liter olinya

Dengan promo ini, Sahabat hanya cukup merogoh kocek 500 Ribu untuk layanan Ganti Oli dengan semua tipe mobil, dan 600 Ribu untuk paket Ganti Oli + Tune Up dengan semua tipe mobil juga tentunya nih Sahabat. Wah menarik ya Sahabat promo kolaborasi Garasi.id dan Mobil™ Lubricants, untuk Sahabat yang tertarik dengan promo tersebut bisa langsung cek Garasi.id atau Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected] 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 21 Des 2020 | 10:41 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

gantiolimobilolimesinmobilgantiolimuraholiexxonolimobil