Garasi.id
Jual Beli Mobil Bekas

Harga Mobil Second Terlalu Tinggi? Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Mobil Bekas!

16 Mar 2020 | 13:26 WIB

Mobil menjadi salah satu kebutuhan utama bagi mereka yang membutuhkan alat transportasi nyaman untuk melindungi diri dari panas dan hujan. Terlebih jika transportasi umum yang tersedia di sekitar tempat tinggal belum bisa disebut layak. Hal ini membuat banyak orang memilih membeli mobil daripada harus berdesak-desakan di KRL atau angkutan umum karena harga mobil second yang terbilang murah. 

Selain membeli secara kredit, salah satu solusi agar Sahabat dapat memiliki mobil adalah dengan membeli mobil bekas (mobkas). Meskipun memiliki label "bekas," tetapi ternyata tidak semua mobkas dijual dengan harga miring. Beberapa malah ada yang dibanderol dengan harga tinggi, akan lebih mahal daripada mobil baru tipe lain.

Harga Mobil Second Terlalu Tinggi? Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Mobil Bekas!

Nah, agar Sahabat tidak merasa tertipu, ada beberapa hal penting yang wajib diketahui Sahabat Garasi sebelum membeli sebuah mobil second. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasannya!

1. Pasaran harga

Sama seperti mobil baru, mobkas juga memiliki pasaran harganya sendiri. Agar tidak rugi, sebelum membeli pastikan Sahabat tahu harga mobil second yang beredar di masyarakat bisa dengan melihat iklan mobil bekas dengan menelusuri informasi di internet. Harga tersebut dapat kita jadikan patokan untuk tawar-menawar. Ketika transaksi sudah deal, harga mobil yang didapatkan pun tidak jauh dari harga pasaran.

2. Tanyakan sejarah mobil

Apakah mobkas pernah mengalami kecelakaan, terendam banjir, atau pemilik sebelumnya bermasalah dengan leasing, itu adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli mobil second. Sedikit-banyaknya, sejarah mobil dapat memengaruhi harga dan kinerja kendaraan roda empat tersebut.

Sahabat juga dapat memiliki posisi tawar menawar yang menguntungkan jika tahu sejarah mobkas yang akan dibeli. Semakin "kelam" sejarah mobil tersebut, semakin besar pula peluang Sahabat untuk membuat harga turun sehingga menjadi lebih terjangkau.

3. Aksesori interior dan eksterior

Biasanya, harga mobil second yang sudah mengalami banyak modifikasi cenderung lebih mahal dari harga mobkas serupa yang belum dimodifikasi.

Karena itulah, faktor ini juga wajib kita perhatikan sebelum menawar meskipun kita tahu harga pasaran mobil tersebut. Semakin banyak dan canggih aksesori yang disematkan, tentu saja akan membuat mobkas semakin mahal.

Jadi jika tujuan Sahabat hanya untuk membeli alat transportasi tanpa embel-embel aksesori yang membutuhkan perawatan ekstra, belilah mobil serupa yang belum dimodifikasi tetapi kondisi mesinnya masih prima, dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Siapa Bilang Mobil Bekas 'Melulu Buruk', Di Garasi.id Sahabat Bisa Mendapatkan Mobil Pilihan.

4. Kredibilitas penjual

Membeli dari orang biasa dan agen jual beli mobkas tentu berbeda. Biasanya, mobkas yang dijual di dealer sudah mengalami pembongkaran mesin untuk memastikan performa mobil. Sebagai langkah antisipatif agar mendapatkan mobkas dengan harga masuk akal dan sesuai, pastikan Sahabat tahu sejarah kredibilitas penjual. Namun bila ingin membeli mobil bekas dengan lebih aman lagi, Sahabat bisa membelinya di Garasi.id. Hanya tinggal membuka website di smartphone Sahabat, kamu bisa memilih mobil bekas dengan banyak merek, type dan tahun mobil dengan bujet sesuai dompetmu.

Jadi, masih merasa harga mobkas impian terlalu tinggi? Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi sebelum Sahabat Garasi membeli mobil second yang diinginkan ya.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 19:03 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

kreditmobilbekasasuransikreditmobiljualbelibelimobilmobilbekasjualbelionlinemobilonlinecicilmobilgarasiidotomotif