TMC Polda Metro Jaya
CCTV TMC Polda Metro Jaya

Hati-hati Pengendara, Pekan Depan CCTV Mulai Mengintai

24 Okt 2017 | 17:52 WIB
BAGIKAN

Guna mengurangi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara, pihak kepolisian mempunyai wacana tilang digital. Bentuknya adalah kamera closed circuit television atau CCTV, dan dipasang di titik-titik yang tidak mudah dilihat oleh para pengguna jalan dan akan membaca plat nomer dari pengendara yang melanggar.


Hati-hati Pengendara, Pekan Depan CCTV Mulai Mengintai



Melanjutkan wacana tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan uji coba penindakan tilang melalui kamera closed circuit television atau CCTV pekan depan. Dalam uji coba itu, sebanyak 800 kamera CCTV disiapkan untuk melakukan perekaman.


"Minggu depan sudah bisa dilaksanakan, tapi enggak bisa langsung otomatis keluar, masih manual. Jadi, apa yang terlihat, itu saja yang ditilang," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra, yang dilansir dari viva news, Selasa 24 Oktober 2017.

Halim mengatakan, kamera CCTV nantinya akan merekam secara langsung pelaku pelanggaran lalu lintas, dan hasil perekaman tersebut akan dijadikan barang bukti dalam penindakan.

"Tapi, penindakan tersebut dilakukan setelah mendapatkan restu dari Pengadilan Tinggi Jakarta, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Pengadilan Tinggi Jakarta Selatan," ujarnya menambahkan.


Halim mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI terkait penerapan tilang melalui kamera CCTV, agar jumlah kamera perekam bisa bertambah. Ia juga mengharapkan CCTV di seluruh Jakarta memiliki teknologi yang lebih baik. Seperti bisa melakukan pembesaran gambar maupun bergerak ke atas, bawah, kanan, dan kiri.


"Saat ini, polisi baru memiliki 800 CCTV. Kami akan terus tambah dan berkoordinasi dengan Dishub DKI, agar di seluruh titik wilayah DKI memiliki CCTV," jelasnya.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 24 Okt 2017 | 17:52 WIB
BAGIKAN