Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Honda BR-V, Low SUV Yang Harus Kamu Miliki

24 Agt 2018 | 14:05 WIB

Masuk dalam segmen Low SUV (Sport Utility Vehicle) yang selama ini dikuasai oleh Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Honda BR-V mulai tersedia di dealer-dealer resmi Honda pada awal 2016 setelah versi konsepnya melakukan debut dunia di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

BR-V singkatan dari Bold Runabout Vehicle, model ini didasarkan dari platform Honda Brio dan Honda Mobilio dengan desain interior dan dashboard mirip Honda Jazz. Meski banyak yang menyebut BR-V merupakan Mobilio versi "tinggi" tapi tetap saja, penjualannya bisa menyaingi Mobilio, Jazz, dan Brio di tahun pertamanya.

Eksterior

Honda BR-V, Low SUV Yang Harus Kamu Miliki

Seperti yang sudah disebut tadi, BR-V menggunakan platform yang sama dengan kepunyaan Brio serta Mobilio. Meski demikian, nyatanya sosok Honda BR-V begitu berbeda dibanding Brio dan Mobilio. Honda mengklaim BR-V merupakan sosok crossover sejati yang bisa dipakai melewati berbagai kondisi jalan tapi juga sekaligus tetap stylish untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan.

Karena itulah wajar jika BR-V dibentuk dengan desain yang menggabungkan dua karakter tadi, serta terlepas dari sosok Brio maupun Mobilio. BR-V pun dipahat dengan ukiran-ukiran tajam yang membuatnya menjadi terlihat lebih gagah dan tinggi. Honda menyebut desain BR-V sebagai Active Solid Motion.

Grill depan berupa bilah horizontal tebal yang dibuat kaku bukan melandai seperti Mobilio. Sementara lampu utama juga dirancang agar lebih terlihat tajam. Karakter ini kemudian dikombinasikan pula dengan lekukan tegas di bumper depan serta dipadankannya aksen silver untuk under spoiler.

Disamping, tarikan garis desain dari fender terus dipertahankan hingga bagian ujung pintu depan. Ini tentu menyumbang pemahaman desain gagah yang sudah diucapkan Honda. Bentuk velg dipilih model akar yang jauh terlihat lebih kekar, sementara ruang roda ditambah over fender tipis sebagai ciri khas sebuah mobil SUV.

Demi mencapai kemampuan menerjang medan yang tidak selalu aspa mulusl, ground clearance pada BR-V juga dibuat 201 mm atau lebih tinggi dari Mobilio yang ada di rentang 189 mm. Pemakaian velg diameter lebih besar dari Mobilio turut menyumbang sosok jangkung dari BR-V. Sementara di bagian atap, sesuai karakter mobil petualang, ditambah pula roof rail tipis untuk meletakkan roof rack tanpa perlu melukai bodi atap.

Interior

Honda BR-V, Low SUV Yang Harus Kamu Miliki

Kesan yang begitu berbeda dari sisi luar, ternyata tak diimbangi secara signifikan untuk desain interiornya. Masuk ke dalam ruang kabin, Anda akan disuguhkan tema desain interior yang sedikit banyak mirip dengan yang dipakai Honda untuk Mobilio terbaru.

Bentuk lingkar kemudi identik dengan Mobilio, begitu pun dengan tata letak dashboard serta angka-angka pada panel instrument. Jok yang dilapis bahan fabric juga tak mampu mengangkat kesan premium ruang kabin BR-V, meskipun tema yang dipakai untuk seluruh interior adalah hitam dan silver yang menawan.

BR-V memiliki posisi duduk pengemudi dan penumpang depan yang rendah, tapi memiliki desain dashboard yang tinggi. Sayangnya kursi pengemudi tidak tersedia pengaturan ketinggian baik manual maupun elektrik. Alhasil bagi pengemudi dengan postur tubuh mungil akan sedikit kesulitan mendapat visibilitas ke area depan dengan leluasa.

Kesan mirip Mobilio juga muncul dari model transmisi berikut center console yang memisahkan antara pengemudi dan penumpang depan. Tepat di tengah dashboard BR-V menyediakan headunit layar sentuh 6.1 inci dengan fitur mirror link yang bisa menampilkan tampilan gadget seperti ponsel bersistem operasi iOS atau Android, ke layar headunit.Perangkat ini juga diperkuat fitur Bluetooth Connection dan Rear Parking Camera.

Selain itu tepat di atas headunit tersebut juga tersedia fitur Nanoe Technology yang berfungsi, memberikan partikel air elektrostatik yang berukuran nano ke dalam kabin. Partikel itu berguna untuk memperbaiki kualitas udara di dalam kabin BR-V.

Untuk yang gemar membawa banyak barang bawaan, Honda BR-V memiliki kapasitas bagasi yang cukup untuk memuat beberapa koper ukuran besar dan sedang. Jika kurang maka jok baris ketiga juga sanggup ditekuk dengan mudah.

Performa

Honda BR-V, Low SUV Yang Harus Kamu Miliki

Datang sebagai model yang berbagi platform membuat Honda tak banyak berbuat untuk sokongan mesin BR-V. Seperti halnya Mobilio, Honda BR-V tetap menggunakan mesin Earth Dreams Technology 4 silinder dengan kapasitas 1.5-liter SOHC berteknologi i-VTEC plus dukungan Drive By Wire.

Data di atas kertas tertulis jika mesin dengan perbandingan kompresi 10,3:1 ini mampu menghasilkan daya 120 Hp pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm di putaran 4.600 rpm. Berbekal mesin ini tentu sudah jaminan jika Honda BR-V sanggup memberikan kenikmatan berkendara namun masih bisa hemat bahan bakar.

Dari pengujian beberapa media di Indonesia tercetus hasil kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 11,8 detik. BR-V yang memiliki karakter suspensi keras model MacPherson Strut di depan dan H-Shape Torsion Beam, justru berimbas dengan terciptanya pengendalian yang baik untuk ukuran mobil dengan ground clearance tinggi. Tetapi konsekuensinya jika berkendara dalam keadaan kosong tanpa penumpang dan barang bawaan maka akan mengurangi sisi kenyamanan.

Mengatasi Keraguan Yang Kerap Timbul Saat Membeli Mobil Bekas

Saat seseorang ingin membeli sebuah mobil, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk beli mobil keluaran baru dibandingkan dengan membeli mobil bekas.

Ground clearance tinggi membuat BR-V punya kemampuan untuk amsuk ke medan-medan berbatu meski tidak terlalu ekstrim. Tetapi ini tentu sangat berguna manakala menemui jalan yang tidak mulus di daerah-daerah tertentu di Indonesia.

Kemudian, akibat didesain untuk melaju pada berbagai kondisi jalan, Honda juga membekali BR-V dengan fitur traction control dan hill start assist. Dua fitur ini sangat membantu agar menjaga traksi roda tetap optimum dan mobil tidak merosot ke belakang ketika harus start dari kondisi jalan menanjak.

Keamanan

Lagi-lagi Honda kembali berkiblat pada Mobilio untuk menentukan fitur keselamatan aktif dan pasif apa yang akan ada di BR-V. Karena itulah struktur rangka G-CON + ACE untuk meredam dan menyalurkan energi benturan apabila terjadi kecelakaan juga kembali diterapkan. Guna menghindari cidera fatal akibat tubrukan dari arah samping, maka sudah dibuat juga Side Impact Beam.

Konsumsi Bahan Bakar

Sama halnya dengan Mobilio dan Brio terbaru, penggunaan transmisi CVT with Earth Dreams Technology 6 percepatan selain memberikan pergeseran posisi gigi yang halus juga turut mendukung pencapaian efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Hasil pengetesan oleh beberapa media di Indonesia mencatat, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Honda BR-V untuk rute di dalam kota Jakarta mencapai 14,5 km/l sementara ketika dipakai melaju di tol luar kota konsumsinya melesat jadi 16,6 km/liter.

Sebuah angka yang cukup mengagumkan untuk kelas mobil SUV berukuran kecil dengan bodi jangkung. Sementara untuk varian transmisi manual juga menggunakan gearbox enam percepatan.

Namun sensasi untuk model transmisi manual sedikit berbeda. Honda BR-V memiliki transmisi pendek-pendek terutama untuk posisi 3 ke 4 dan 5 ke 6. Ini membuat pengemudi lebih sering memindahkan gigi jika ingin menjaga putaran mesin sehalus mungkin. Tapi bagi pengemudi antusias, aktivitas ini justru menyenangkan.

Bagi pengemudi ada SRS Airbag, sabuk keselamatan tiga titik, dan sistem Seat Belt Warning, yang akan memberi peringatan berupa logo merah di panel instrument, apabila perangkat ini belum digunakan. Sementara bagi penumpang depan ada juga fitur SRS Airbag yang tertanam pada dashboard di dekat laci penyimpanan.

Sistem Anti-lock Braking (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Vehicle Stability Assist (VSA) juga siap membantu pengemudi ketika menghadapi situasi darurat atau kondisi jalan yang dirasa tidak aman bagi keselamatan, misalnya saat hujan deras. Dan jika menemui jalan menanjak di pegunungan, Hill Start Assist akan sangat berguna untuk menjaga mobil tetap dalam posisinya tidak merosot mundur, saat pengemudi ingin melanjutkan perjalanan dari kondisi diam.

Selain itu, pretensioner with load limiter seatbelt di semua jok dan Isofix akan berusaha semaksimal mungkin menjaga Anda dan putra putri Anda termasuk si kecil tetap berada di tempat duduknya saat terjadi benturan. Dengan demikian seluruh penumpang bisa terhindar dari resiko cidera.

Gimana Sahabat, paket lengkap bukan untuk jadi mobil idaman? kalau kamu tertarik untuk membeli mobil bekas Honda BR-V 2016 ini, kamu bisa cek di Mobil Pilihan Garasi.id. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 18:46 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek