Cara Iklan Mobil Ditaksir Pembeli
Mobil Pilihan Garasi.id

Iklan Mobil Bekasmu ‘Sepi’ Peminat? Ini Penyebab Yang Harus Diketahui

25 Jan 2019 | 14:16 WIB
BAGIKAN

Sebuah mobil bekas bisa menjadi melegenda bila pernah mempunyai cerita bersejarah seperti halnya 25 unit Mercedes-Benz E250 yang pernah disewa oleh rombongan Raja Arab Saudi, Salman Abdulaziz Al Saut, ketika berkunjung ke Indonesia pada tahun 2017 silam. Tak lama mobil-mobil mewah yang merupakan properti milik PT Blue Bird Tbk ini ternyata menarik minat masyarakat pencinta otomotif. Terbukti, setelah di-display beberapa hari, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dari calon pembeli berdatangan. 

Karena sejarah penggunaannya, Mercedes-Benz E250 tak sulit untuk dijual. Ini berbeda dengan nasib beberapa mobil bekas dijual lainnya yang tak kunjung laku. Nah, jika Sahabat Garasi ingin menggeluti bidang bisnis mobil bekas dan terhindar dari kerugian akibat mobil tidak menarik minat pembeli, pahami beberapa penyebab berikut ini.

Kualitas Mobil Tidak Baik

Iklan Mobil Bekasmu ‘Sepi’ Peminat? Ini Penyebab Yang Harus Diketahui

Kualitas Tidak Baik

Salah satu penyebab utama tidak lakunya sebuah produk adalah karena kualitasnya yang kurang memuaskan. Hal ini juga berlaku pada mobil bekas. Setidaknya, ada dua faktor yang membuat calon pembeli enggan membeli mobil, yaitu karena bekas kecelakaan atau sudah pernah terendam banjir.

Kedua hal ini akan sangat memengaruhi kondisi mobil pada jangka panjang. Keselamatan pengguna juga bahkan akan menjadi taruhannya. Jadi, hindarilah membeli mobil bekas banjir atau kecelakaan untuk dijual kembali. Sekalipun ada yang tertarik untuk membeli, harganya bisa jadi akan merosot tajam.

Kurang Fungsional

Iklan Mobil Bekasmu ‘Sepi’ Peminat? Ini Penyebab Yang Harus Diketahui

Mobil MPV

Berdasarkan tren pembelian mobil bekas, minat masyarakat terhadap mobil bertipe MPV (Multiple Purpose Vehicle) masih berada di urutan teratas. Beberapa mobil yang termasuk dalam kelompok ini, adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Kijang Innova. Keunggulan mobil yang dikenal sebagai kendaraan keluarga ini adalah kabin yang lapang sehingga memuat cukup banyak penumpang. Bukan hanya itu, harga bekasnya pun terjangkau.

Dibandingkan dengan beberapa mobil yang masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), harganya tidak terpaut terlalu jauh. Tak heran jika akhirnya banyak pembeli memutuskan untuk memilih Toyota Avanza daripada mobil-mobil bekas berbodi kecil seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Harga Suku Cadang Mobil Susah Didapat

Iklan Mobil Bekasmu ‘Sepi’ Peminat? Ini Penyebab Yang Harus Diketahui

Suku Cadang

Sulitnya mendapatkan suku cadang mobil menjadi faktor lain yang membuat seseorang berpikir ulang untuk membeli mobil bekas tertentu. Meskipun tersedia dan Sahabat nekat membeli, harganya tidak sebanding dengan harga mobil bekas yang dibeli. Biasanya hal ini terjadi pada jenis mobil ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) karena jumlahnya di pasaran sedikit.

Memang tidak semua komponen mobil sulit didapatkan. Beberapa suku cadang yang bersifat fast moving, seperti kopling, sokbreker, dan kampas rem, bisa diusahakan dengan komponen substitusi. Nah, yang perlu diperhatikan adalah komponen slow moving,  termasuk body parts.

Pada dasarnya, body parts tidak perlu terlalu sering diganti, kecuali karena beberapa penyebab tertentu, seperti kecelakaan. Apabila diganti dengan komponen lain, hasilnya tidak seperti aslinya. Tentunya, ini akan membuat tampilan mobil Sahabat tidak sempurna. 

Bukan hanya soal uang, tetapi juga kerepotan menunggu. Sebagian komponen ini harus diimpor dari luar negeri dan tak jarang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Misalnya, Honda Oddysey versi IU. Selain keluaran ATPM, body parts mobil yang sulit didapat misalnya Toyota Crown 2006.

Harga Terlalu Mahal

Iklan Mobil Bekasmu ‘Sepi’ Peminat? Ini Penyebab Yang Harus Diketahui

Mobil Mahal

Kecuali para kolektor, peminat mobil bekas kebanyakan berasal dari kalangan menengah yang masih berusaha menstabilkan ekonominya, seperti first jobber atau keluarga muda. Oleh karena itu, tak heran jika mereka mencari mobil bekas dijual dengan harga terjangkau. 

Nah, jika Sahabat ingin sukses bermain di bisnis ini, perbanyak stok mobil bekas yang cukup terjangkau. Pada beberapa kasus, ketimbang membeli mobil bekas dengan harga mahal, pembeli lebih memilih tipe mobil LCGC keluaran terbaru dengan pertimbangan pemeliharaan yang lebih mudah dan murah.

Baca juga: Ini Cara Jitu Bikin Harga Mobil Bekasmu Di Atas Pasaran

Beberapa mobil bekas dijual dengan harga cukup mahal di antaranya adalah Toyota Noah, Toyota Wish, dan Mercedes Benz tipe C260 Classic. Kisaran harganya berada di antara 300-400 juta. Jika Sahabat Garasi ingin mencari berbagai pilihan mobil bekas, jangan lupa untuk berkunjung ke Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas pilihan dengan kondisi mobil yang masih prima seperti tahun muda, kilometer rendah, dan sudah terinspeksi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 25 Jan 2019 | 14:16 WIB
BAGIKAN