Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Ingin Beli Mobil Bekas Secara Kredit, Bagaimana Caranya?

22 Apr 2020 | 16:42 WIB

Ditiap tahunya transaksi jual beli mobil bekas selalu ramai peminat. Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap mobil bekas masih tinggi. Meskipun demikian, tidak semua transaksi tersebut dilakukan secara tunai. Salah satu penyebabnya adalah karena calon pembeli belum terlalu mapan.

Untuk itu, beli mobil bekas kredit menjadi jalur alternatif yang biasanya ditempuh. Dengan cara ini, dana tunai tidak harus tersedia. Pembeli hanya perlu mencicil angsuran tiap bulan sesuai kesepakatan. Nah, buat Sahabat yang berniat membeli mobil secara kredit, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan.

Ingin Beli Mobil Bekas Secara Kredit, Bagaimana Caranya?

1. Pertimbangkan dengan Bijak

Ketika memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, itu berarti Sahabat berkomitmen untuk membayar cicilan bulanan hingga lunas. Oleh karena itu, pertimbangkan kemampuan finansial Sahabat dengan bijak supaya kredit tidak macet di tengah jalan. Sangat penting memastikan bahwa pendapatan Sahabat memang cukup untuk membayar sejumlah angsuran tersebut.

Salah satu faktor yang memengaruhi besar kecilnya cicilan bulanan adalah harga mobil. Semakin mahal harganya, cicilan bulanan pasti akan semakin besar, demikian pula sebaliknya. Jadi, pilihlah mobil bekas kredit dengan harga yang sesuai dengan kemampuan sekaligus kebutuhan Sahabat.

2. Cari Kendaraan Idaman di Tempat Tepercaya

Setelah menentukan bujet dan tipe mobil yang ingin dibeli, saatnya bagi Sahabat untuk berburu kendaraan idaman. Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh. Misalnya, membeli mobil bekas di bursa mobil bekas. Sahabat juga bisa memanfaatkan situs online seperti Garasi.id. 

Ingin Beli Mobil Bekas Secara Kredit, Bagaimana Caranya?

Keuntungan membeli mobil bekas secara online adalah praktis dan mudah. Sahabat bisa menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlu ke mana-mana untuk menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga : Bebas Cemas Beli Mobil Bekas di Garasi.id Dengan Inspeksi

3. Pilih Mobil Berkualitas Prima

Salah satu tahap penting saat membeli mobil bekas kredit adalah memastikan kualitasnya masih terjaga. Caranya adalah dengan melakukan beberapa tes sederhana maupun menyeluruh terhadap mobil. Bukan hanya mengecek eksterior maupun interior mobil, Sahabat juga perlu memastikan kondisi mesin dalam kondisi masih prima.

Hal ini penting karena Sahabat pasti tidak ingin menghabiskan uang untuk membiayai perawatan mobil yang rewel, sementara harganya belum lunas. Kalau sudah begini, beban keuangan Sahabat tentu akan semakin berat. Namun hal tersebut bisa terhindar bila Sahabat membeli mobil bekas di Garasi.id dengan fitur Mobil Pilihan Garasi.id.

4. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Agar pengajuan kredit Sahabat lancar, persiapkanlah persyaratan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa di antaranya adalah kartu identitas, slip gaji, dan dokumen penting lain yang diminta oleh pihak bank. Sahabat juga perlu memahami alur dan proses pengajuan kredit sehingga lebih gampang mengatur strategi yang tepat.

5. Persiapkan Uang Muka

Down Payment (DP) atau uang muka adalah salah satu cara untuk meringankan beban cicilan kredit yang diambil. Besar uang muka bisa disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku serta kemampuan Sahabat. Misalnya, untuk pengajuan kredit di BCA, uang muka minimum yang harus disetor adalah 30% dari harga barang. Perlu diingat, semakin besar uang muka yang Sahabat setor, cicilan kredit pun biasanya akan semakin ringan. 

6. Perlu Asuransi Atau Tidak?

Pada umumnya, mobil bekas kredit harus didaftarkan pada asuransi karena mobil tersebut secara hukum masih merupakan milik bank. Asuransi akan menjadi jaminan jika mobil tersebut lebih aman dan terjaga. 

Asuransi yang biasa digunakan untuk mobil ada 2 jenis, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Untuk mobil bekas, Sahabat Garasi perlu mempertimbangkan salah satu jenis asuransi ini karena kondisinya berbeda dengan mobil baru,

Jadi, mendapatkan mobil bekas kredit ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Intinya adalah memastikan semua langkah terpenuhi sehingga ajuan kredit pun akan lancar. Dan semua kemudahan itu bisa Sahabat dapatkan hanya di Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 16:15 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek